Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi Unik Yang Terhitung Lebih Menguntungkan Dibanding Pasar Modal

Investasi Unik Yang Terhitung Lebih Menguntungkan Dibanding Pasar Modal

Arunapasman.com - Tidak sedikit jenis investasi yang unik dan tidak biasa tetapi jika dihitung keuntungannya bisa lebih tinggi dibandingkan pasar modal, tapi tentu masalah waktu menjadi hal yang relatif karena yang sedang kita bicarakan ini soal investasi.

Sebagai informasi, Investasi pasar modal sekarang ini sudah menjadi trend dan tidak asing lagi dan jumlah investornya selalu tumbuh setiap tahun nya dengan signifikan dan tidak sedikit lagi seperti dulu, apalagi didukung dengan teknologi internet dan smartphone.

Namun kalau dibandingkan antara jumlah investor pasar modal dengan besarnya jumlah penduduk Indonesia tentu sangat tidak ada 1% nya dimana hal itu berarti tingkat literasi investasi di pasar modal butuh dorongan yang lebih kuat.

Oke, mungkin tidak semua orang bisa berinvestasi pada pasar modal karena memang tidaklah mudah dan butuh "pengetahuan khusus", tapi perlu diketahui masih banyak bentuk investasi yang sangat menjanjikan diluar sektor finansial.
Sektor investasi yang dimaksud yaitu pada sektor riil atau jenis investasi pada produk yang terlihat secara fisik atau barang dan instrumennya bisa kita lihat dengan mata sendiri.

Investasi Yang Lebih Menguntungkan Dari Pasar Modal


Nah, berikut ini ada beberapa jenis investasi di sektor riil yang bisa kamu coba dan tentunya sama menjanjikannya atau bahkan bisa lebih, dan juga di masa ini sudah banyak orang yang dapat banyak cuan dari instrumen tersebut.

Investasi Tanah

Investasi berupa tanah membutuhkan dana yang cukup besar mulai dari puluhan juta, ratusan juta hingga satuan Milyar, tapi dengan membelikan tanah dari uang tersebut maka waktu demi waktu akan memiliki kenaikan nilai yang signifikan. Bisa dibangun rumah, dibuat kebun atau dibiarkan kosong begitu saja.

Dalam lima tahun, investasi bentu tanah akan bisa memiliki kenaikan nilai lebih dari 20%, apalagi kalau tanah yang kamu beli berada di kawasan strategis dan dekat dengan jalan utama, dalam beberapa tahun saja bisa naik hampir 100%.

Jadi kalau kamu kurang paham dengan investasi digital seperti pasar modal dan saham maka uang yang ada lebih cocok dibuat beli tanah karena investasi ini hampir tidak mungkin mengalami penurunan nilai.
Investasi Properti

Berikutnya perkembangan dari investasi tanah, yaitu berupa rumah, apartemen atau ruko yang sudah didirikan diatas tanah tersebut, berbeda untuk apartemen karena berupa aset yang hanya bisa dibeli berbentuk unit yang sudah jadi.

Nilai dari kenaikan harga investasi properti ini bisa sangat cepat dan naik secara signifikan dalam hitungan bulan saja, misalnya saja kamu beli apartemen dari pengembang yang sudah terkenal dengan kualitasnya maka unit tersebut bisa saja naik nilainya dalam hitungan hari apalagi kalau dekat dari semua fasilitas penunjang.

Begitu juga properti berbentuk rumah yang apabila punya lokasi dengan akses yang mudah maka kenaikan nilainya tidak perlu menunggu bertahun tahun, nag jika kamu ingin masuk ke dunia investasi dan punya modal cukup besar maka Arunapasman sangat sarankan coba dari investas tanah dan properti dulu.

Aset Berupa Pohon Jati

Berikutnya jenis Investasi yang merupakan perkembangan dari investasi tanah dimana kamu harus menanam pohon jati, tapi syarat yang dibutuhkan yaitu pohon ini perlu ruang yang cukup luas agar jarak tumbuhnya bisa maksimal.

Memang niatnya bukan untuk menjual tanah tersebut tetapi hasil tanahnya berupa kayu jati yang sudah dikenal mendunia sebagai jenis kayu yang berkualitas bagus, modal bibit jati terhitung murah hanya puluhan ribu saja, hanya saja butuh waktu yang tidak sebentar karena harus menunggu kayu jati ini siap untuk dipanen.

Harga dari kayu pohon jati yang sudah maksimal besarnya bisa dijual dengan harga puluhan hingga ratusan juta rupiah tergantung koneksi yang kita miliki, dan tentu bisa diperbarui seteiap periodenya serta bisa diwariskan turun temurun.
Aset Berupa Lukisan

Ya, kamu tidak salah baca, investasi berikutnya berupa lukisan karena harganya bisa hingga puluhan juta, ratusan juta bahkan miliaran tergantung dari siapa yang melukis dan nilainya. Tetapi bidang investasi ini butuh kemampuan khusus untuk mengetahui seni dari lukisan tersebut.

Tak perlu khawatir dengan nilainya, karena kalau sudah masuk ke komunitas maka tiap berjalannya waktu maka nilainya akan semakin naik. Mungkin kamu bisa mulai dari mencari karya yang dihasilkan oleh seniman-seniman berbakat tapi tentu saja harus dengan pengetahuan yang cukup tinggi dari bidang ini.

Cari lah lukisan di pameran atau di galeri seni yang mudah ditemukan dengan menampilkan hasil karya pelukis-pelukis ternama, dan jika sudah ekspert maka bisa jadi kolektor dan mencarinya ke pelosok negeri.

Perlu kamu tau kalau semakin tua lukisan yang dihasilkan oleh pelukis ternama atau legenda maka akan semakin mahal harganya, misalnya lukisan karya Affandi yang sudah pernah di lelang seharga Rp100 juta maka beberapa tahun berikutnya akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Aset Investasi Berupa Barang kuno

Berikutnya masih berada di kategori seni yaitu instrumen barang-barang kuno seperti keramik, guci atau piring buatan suatu kerajaan ratusan tahun yang lalu, bahkan sekarang ada jenis piring keramik yang dicari pada ranah internet dengan harga jual diatas 500juta, diketahui motif dan jenis piring tersebut berasal dari kerajaan nusantara hampir 400-hampir 1000 tahun yang lalu.

Barang-barang kuno tersebut bisa dipastika memiliki nilai harga jual yang sangat tinggi seiring banyaknya kolektor yang mencari barang tersebut dan kolektor ini bukanlah orang sembarangan, tetapi orang-orang yang punya jabatan dengan nilai kekayaan yang tinggi dan bahkan sebagian besar ada hubungan dengan pejabat negara.

Artinya pangsa pasar investasi dari kategori barang kuno sangat potensial dengan tuntutan persyaratan paham dan tau historisnya serta nilai dasar ke unikan dari barang tersebut, tidak masalah belajar lebih dalam karena nilai harganya pun sangat fantastis.

Untuk saat ini itulah beberapa jenis Investasi Unik Yang secara hitungannya bisa Lebih Menguntungkan Dibanding Pasar Modal, namun tidak dapat dipungkiri kalau modal yang dibutuhkan cukup besar dan harus memiliki pengetahuan banyak pada bidang tersebut.

Kalau kamu tertarik dari salah satu bentuk investasi diatas maka lebih baik luangkan waktu lebih dari satu tahun terlebih dahulu untuk belajar ilmunya dan mulailah mencoba berinvestasi setelah paham gambaran kasar koneksi perorangan serta kelompok dan komunitas yang dibutuhkan.