Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Riset dan Perhitungan Adalah Kunci Sukses Investasi Properti

Riset dan Perhitungan Adalah Kunci Sukses Investasi Properti

Arunapasman.com - Bidang investasi properti sangat menuntut pelakunya untuk memahami, mengerti serta mampu melakukan riset dan perhitungan secara mendalam dan luas agar mampu berjaya dalam sektor ini.

Masuk dunia berinvestasi sudah menjadi salah satu pilihan terbaik di jajaran atas untuk mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit dalam satu waktu penjualan-pembelian, terutama pada bidang properti yang prospeknya selalu naik.

Tidak sedikit jenis investasi properti yang mampu menghasilkan cash flow dengan baik di masa selanjutnya, bukan untuk puluhan tahun saja tapi juga bisa untuk beberapa tahun ke depan.

Meski demikian, dunia investasi properti tidak semudah itu dan ada hal-hal yang harus diperhatikan secara kalkulatif agar tak salah langkah yang justru bisa membuat kerugian dalam jumlah besar.

Riset Jadi Kunci Sukses Investasi Properti


Ada beberapa tips yang sudah Arunapasman rangkum dibawah ini yang bisa menjadi faktor pertimbangan dalam memutuskan untuk investasi properti yang tepat dengan riset dan perhitungan yang baik.

Perhitungan Harus Matang

Sebelum memutuskan membeli properti untuk aset investasi jangan cuma karena "terlihat bagus" tapi kamu juga harus mau dan mampu melakukan riset serta perhitungan secara matang.

Mungkin sebagai calon investor pastilah tertarik pada properti karena secara yang terlihat harga rumah yang masih tetap tinggi di banyak daerah selama beberapa tahun terakhir, dan tentu bayangan yang muncul adalah keuntungan di beberapa tahun kedepan. Tapi secara global harga di pasaran tidak selamanya dapat di kendalikan dan diprediksi.

Sebaiknya fokus pada "kapitalisasi" yang akan bisa membantu menentukan tingkat pengembalian properti dengan cara perhitungan membagi pendapatan bersih tahunan suatu properti dengan nilai rumah mulai dari nilai sewa tahunan dikurangi dengan semua biaya yang mungkin dikeluarkan.

Dengan begitu kalkulasi keuntungan dalam jumlah tertentu bisa didapatkan, memang tidak seindah yang dibanyangkan mengingat harga rumah yang tetap tinggi, namun jika nanti harga pasar mengalami penurunan tiba-tiba, semuanya masih bisa diantisipasi.Lakukan Riset Lebih Dalam

Disamping melakukan perhitungan, kamu juga harus melakukan riset secara mendalam ketika ingin memulai berinvestasi dalam properti mulai dari meneliti tentang hal apapun yang terkait dan penting seperti tingkat ekonomi daerah tersebut dan bagaimana demografinya.

Sangat penting untuk meriset dan memeriksa demografi yang ada seperti grafik tingkat pengangguran dan rata-rata pendapatan di kawasan sekitar properti tersebut guna membantu menentukan dan mengetahui apakah mudah atau tidak menemukan penyewa yang tepat.

Kalau memang kondisi daerahnya bagus, serta minim tingkat pengangguran dan pada umumnya kaum produktif maka tentunya tidak sulit untuk mendapatkan penyewa setiap kurun waktunya.

Pelajari Aturan Hukum Dunia Properti

Berikutnya yang tidak kalah penting, kamu harus pelajari dan pahami hukum-hukum yang mengatur properti sewaan pada tiap daerahnya karena sangat mungkin berbeda dengan daerah lainnya.

Ada daerah yang sangat bersahabat dengan tuan tanah atau pemilik properti, ada juga daerah yang menggunakan undang-undang dengan perlindungan kuat kepada penyewanya. Pelajari juga bagaimana aturan uang jaminan, pembayaran bunga dan aturan-aturan yang mengikan tentang keuangan antara penyewa dengan yang menyewakan.

Persiapkan Untuk Kejadian Tak Terduga

Setiap pemain investasi properti pasti berharap kondisi selalu baik dan selalu untung, tapi namanya bisnis pasti akan ada saja masalah yang bisa terjadi, maka dari itu sangat disarankan untuk menyewa manajer properti daripada harus mengurus sendiri semua problem yang ada.

Mungkin dengan mengurus sendiri semua masalah yang ada akan bisa menghemat biaya tapi akan lebih banyak memakan waktu dan tenaga, apalagi konsentrasi kamu akan terpecah, jadi lebih baik serahkan kepada ahlinya untuk mengatasi masalah yang muncul.

Jangan remehkan untuk membeli asuransi pemilik untuk dapat membantu melindungi properti yang kamu miliki meskipun besaran biayanya berbeda-beda sesuai dengan layanan yang ditawarkan.
Siapkan Uang dan Dana Cadangan

Setiap pelaku investor harus mampu dan siap dengan dana cadangan untuk jaga-jaga terhada masalah pemeliharaan mendadak atau hal lainnya, seperti halnya sebagai cadangan untuk menghadapi risiko hilangnya pendapatan karena kondisi pasar yang begejolak atau jatuh tiba-tiba.

Dana cadangan atau dana darurat ini bisa bersumber dari tabungan yang telah disisihkan atau mungkin jenis investasi lain yang bisa diuangkan dalam waktu singkat.

Belajar Melihat Luas dan Jangka Panjang

Mampu melihat properti secara luas dan jangka panjang memang membutuhkan pengalaman lama berkecimpung di dunia properti, hal ini bisa menjadi variabel tambahan untuk semakin besar mendapatkan kemungkinan keuntungan yang lebih besar.

Ilmu bagaimana melihat bisnis properti dalam jangka panjang ini sangat penting karena real estat tidak mudah, tidak mudah dan tidak murah untuk dijual sebagai saham atau obligasi tetapi harus dipersiapkan untuk investasi jangka panjang dalam hitungan tahunan.

Jadi sangat penting untuk bisa memprediksi secara kasar bagaimana kondisi 5-10 tahun kedepan dengan keadaan di wilayah properti tersebut berada.

Nah, itulah beberapa kunci yang bisa dijadikan dasar acuan untuk mendapatkan keuntungan dan sukses di bidang bisnis properti, perhitungan dan riset harus dilakukan secara mendalam dan tidak boleh dianggap sepele karena bisnis properti bisa memiliki kenaikan atau penurunan harga pasar yang tidak terduga.