Kenapa Lebih Baik Membeli Apartemen Yang Ada di Tengah Kota

Kenapa Lebih Baik Membeli Apartemen Yang Ada di Tengah Kota

Arunapasman.com - Kalau misalnya kamu memutuskan untuk membeli unit apartemen maka sangat amat disarankan untuk memilih yang berada di tengah kota karena banyaknya kelebihan yang ditawarkan.

Alternatif hunian yang populer di kota besar untuk ditinggali salah satunya adalah apartemen yang terhitung sangat ideal untuk kaum urban dengan mobilitas yang tinggi. Meskipun begitu tidak sedikit juga yang lebih memilih untuk tetap membeli rumah tapak.

Well, tidak ada salahnya. Namun kali ini Arunapasman akan mengulas keuntungan yang bisa didapatkan jika memilih untuk tinggal di apartemen dari beberapa faktor pendukungnya.

Faktor pendukung ini seperti biaya transportasi yang akan keluar setiap harinya hingga kemudahan untuk menjangkau dan mengakses fasilitas publik termasuk sarana yang harus ada.

Kelebihan Membeli Apartemen di Tengah Kota

Ada beberapa kelebihan yang sangat terlihat jika membeli hunian vertikal seperti apartemen kalau dibandingkan dengan varian rumah tapak, dan kelebihan ini banyak dibutuhkan oleh generasi urban.
Harga Unit Relatif Terjangkau

Kalau dihitung-hitung dengan harga properti di tengah kota besar, maka apartemen memiliki rentang harga yan terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan rumah tapak pada lokasi yang sama atau masih satu wilayah.

Begini misalnya untuk memutuskan membeli rumah tapak dengan ukuran 60-80 meter persegi maka akan dibutuhkan dana Rp 700juta-Rp800 juta belum dengan kesana kesini mengurus ijin dan sebagainya.

Namun jika memutuskan untuk membeli apartemen maka kamu akan mendapatkan unit dengan harga yang bervariasi mulai kisaran 300 juta, 400 juta, 500 juta tinggal disesuaikan dengan besarannya, rata rata ukuran unit 60 meter persegi saat artikel ini ditulis berada di kisaran harga Rp500 juta dan bisa dibilang tinggal terima jadi.

Apalagi ada metode pembayaran yang bisa disesuaikan atau cicilan ke pemilik apartement, dan tidak terlalu ribet untuk mengurus ijinnya, kemudian soal keamanan pasti sudah diurus oleh pihak pengembangnya.

Lengkap Dengan Fasilitas Pendukung

Kemudian jika membeli unit apartemen di tengah kota, biasanya sudah lengkap dengan fasilitas pendukung serta bantuan pengelola misal ada pipa air bocor, maka dari pihak apartemennya sudah ada teknisi yang siap membetulkan dan tidak perlu repot repot mencari tenaga sendiri.

Begitu juga untuk masalah kelistrikan, di apartemen hampir dipastikan tidak mungkin padam karena menggunakan genset mandiri. Selanjutnya untuk fasilitas umum juga tidak perlu pergi jauh karena mulai dari kolam renang, playground, gym, jogging track dan tempat ibadah biasanya sudah tersedia.

Tips Membeli Apartemen di Tengah Kota

Perhatikan beberapa hal berikut jika memang kamu ingin Membeli Apartemen di Tengah Kota.

Apartemen Memiliki Tempat Strategis

Pertimbangan pertama, apartemen harus memiliki tempat strategis dengan kategori dekat fasilitas umum yang penting, dekat dengan tempat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah dan tentunya perkantoran atau tempat kerja jadi tidak menghabiskan waktu diperjalanan.

Pertimbangkan Harga Sebelum Membeli Unit

Berikutnya penting untuk mempertimbangkan harga sebelum membeli unit dan jangan melebihi batasan budget, tujuannya agar menjaga cash flow kamu tetap stabil dan bisa lanjut menabung untuk investasi selanjutnya.
Cek Cara Pembayarannya

Membeli apartemen di tengah kota biasanya memberikan beberapa opsi untuk pembayaranya seperti cicilan bertahap, KPA ( Kredit Pemilikan Apartement ), hingga pembayaran Tunai. Kalau boleh disarankan sih lebih baik beli tunai atau cicilan bertahap dalam setahun, atau kalau ingin keuangan tetap stabil bisa gunakan KPA ( Kredit Pemilikan Apartement ) yang memiliki jangka waktu pembayaran panjang.

Memilih Pengembang Bereputasi Terbaik

Paling penting nih kalau mau beli apartemen, periksalah histori pengembangnya dan pilih pengembang bereputasi terbaik karena sudah memiliki pengalaman membangun proyek apartemen sebelumnya, jadi bisa dilihat kualitasnya seperti apa.

Fasilitas yang Dimiliki

Kemudian tentang fasilitas yang dimiliki sepertinya sangat relatif, tapi soal Keamanan, Parkir pasti harus ada dan dalam grade yang bagus, sebagai hiburan mungkin fasilitas seperti kolam renang, tempat bermain anak dan arena olahraga sangat layak untuk diperhitungkan.

Apabila dengan semua pertimbangan yang sudah dipikirkan, kemudian kamu memutuskan untuk membeli unit apartemen, tentu lebih baik dan sangat direkomendasikan untuk membeli yang lebih dekat dengan tengah kota karena semua fasilitas hampir mudah dijangkau, terutama akses tol dan pusat perbelanjaan untuk kebutuhan hidup hariannya.