Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021

Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021

Arunapasman.com - Beberapa bulan lagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI akan kembali memberikan bantuan kuota internet secara gratis di tahun 2021 dan cara mendapatkannya pun masih sama dengan periode sebelumnya.

Fungsi pemberiak bantuan kuota internet gratis dari Kemdikbud ini masih sebagai bantuan dari pemerintah untuk mendukung prose belajar daring atau pembelajaran jarak jauh PJJ.

Pada tahun ini, menurut informasi dari Kemdikbud bantuan kuota internet diberikan mulai bulan Maret dan sampai artikel ini ditulis masih dalam tahap finalisasi skema pemberian kuota internet gratis karena kabarnya kuota yang diberikan menjadi kuota utama. 

Info Paket Internet :
Pada periode sebelumnya terdapat pembagian skema kuota yang diberikan dimana jumlahnya berbeda pada setiap jenjang pendidikan.

- Siswa dan guru PAUD dapat 20 GB dengan pembagian 15 GB untuk belajar dan 5 GB untuk digunakan secara umum

- Guru SD, SMP dan SMA dapat 35 GB dengan pembagian 30 GB untuk belajar dan 5 GB untuk digunakan secara umum

- Mahasiswa dan dosen mendapat 50 GB yaitu 45 GB untuk belajar dan 5 GB untuk digunakan secara umum

Namun, di tahun 2021 ini kabarnya kuota yang didapatkan semuanya bersifat kuota umum atua kuota utama yang bisa digunakan untuk akses semua platform, sedangkan untuk besaran kuota yang diberikan masih belum ada informasi lebih detail, jadi kita tunggu saja.

Cara Dapat Bantuan Kuota Internet Kemendikbud 2021


Kalau ingin mendapatkan bantuan kuota internet ini tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti berikut :

- Pelajar dan Pengajar di Indonesia yang mendapatkan bantuan kuota internet harus menggunakan nomor hp aktif dan juga nomor induk siswa, mahasiswa, ataupun pengajar.

- Jika kamu sudah memenuhi syarat tersebut maka bisa mendaftarkan nomor hp dan nomor induk ke pihak sekolah atau perguruan tinggi yang di ikuti.

- Kemudian jika semua nomor calon penerima bantuan kuota sudah terkumpul, pihak sekolah atau perguruan tinggi akan mendaftarkannya lewat aplikasi Dapodik sama seperti periode sebelumnya.

- Terakhir tinggal tunggu saja bantuan kuota tersebut masuk ke ponsel pada saat waktu pemberiannya, dan kapan itu semuanya tergantung dari sistem Kemendikbudnya.

Kalau soal caranya sih sepertinya belum ada perubahan yang signifikan dan hampir sama dengan periode sebelumnya, untuk cek statusnya bisa langsung akses website kuota-belajar.kemdikbud.go.id dan dapatkan infor terbarunya disana.

Bantuan kuota internet ini sudah di informasikan akan cair mulai bulan Maret secara bertahap selama empat bulan, tetapi informasi secara detailnya masih belum diberikan oleh pihak Kemdikbud.

Yang jelas Bantuan Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021 akan ada lagi dan diberikan kepada siswa / mahasiswa / pengajar yang terdaftar dengan kemungkinan skema kuota yang baru.