Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertimbangan Ketika Memilih Paket Internet Untuk Kerja Dirumah

Memilih Paket Internet Untuk Kerja Dirumah

Arunapasman.com - Efek dari kondisi akhir akhir ini, internet menjadi sebuah hal penting untuk digunakan kerja dan sekolah dari rumah serta aktifitas lainnya.

Ketika artikel ini dibuat hampir semua aktifitas mulai dari kerja, sekolah, bisnis, dagang hingga silahturahmi pun banyak dilakukan via online berbasiskan media internet.

Maka dari itu memilih paket internet untuk kerja sekolah dan aktifitas lain dari internet menjadi keharusan kemampuan baru yang di ketahui agar budged dari pembelian paket internet tidak meledak. 
Memang, hampir semua provider berlomba-lomba menawarkan layanannya dengan paket yang menarik. Masalahnya tidak semua paket tersebut cocok dengan kebutuhan dan aktifitas kita.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar paket layanan internet yang dibeli bisa cocok dan sesuai kebutuhan, selain itu yang jelas agar tidak over budget juga.

Perhatikan Cakupan Lokasi Operator

Permasalahan pertama bukanlah soal harga melainkan jangkauan dari layanan operator yang akan dibeli, pasalnya walaupun harga murah kalau sinyal jelek juga tidak bisa dibuat apa apa.

Apalagi tiap provider di tiap daerah juga berbeda kekuatan jangkauannya tergantung dari jumlah bts dan teknologi jaringan yang sedang digunakan.

Pastikan gunakan provider dengan jangkauan cakupan terkuat, cara mengetahuinya bisa dengan mencoba satu satu pada paket yang murah dan pilih yang paling lancar ataupun dengan cek pada situs provider apakah daerah kamu sudah dominan dicover atua belum.

Jangan Terkecoh Kecepatan Tinggi

Berikutnya jangan terpikat dengan penawaran paket internet dengan embel-embel kecepatan akses internet yang tinggi karena koneksi yang stabil justru lebih penting.

Rata-rata kecepatan akses internet dari provider di kecepatan 10Mbps itu sudah sangat cukup sekali untuk bekerja dan sekolah dari rumah.

Maka dari itu alangkah baiknya sesuaikan kecepatan paket internet dengan kebutuhan aktifitas tiap harinya.

Yang jelas, paket internet reguler dari semua operator sudah sangat cukup dari segi kecepatannya, nah kalau soal harga lebih baik jangan gunakan yang premium kalau hanya aktifitas normal.

Dengan paket reguler misalnya dari Telkomsel, Indosat atau XL dan Tri itu saja sudah cocok untuk aktifitas chatting, browsing hingga video learning.

Kalau soal ini lebih baik kamu tanya ke teman atau sodara yang paham betul tentang paket internet di daerah kamu dan paket apa yang cocok buat aktifitas kebutuhan kamu.Pilih Varian Paket Sesuai Keuangan

Memilih paket sesuai dengan kapasitas keuangan yang ada juga tidak kalah penting karena kalau tidak disesuaikan bisa terjadi overbudget.

Jangan pilih paket kecil dengan harga murah, lebih baik beli di nominal 100ribu sekalian untuk sebulan.

Perbandingannya seperti ini, misalnya 20ribu dapat3-5GB, dan 100rb bisa dapat hinnga 30-50GB maka tentunya lebih baik pilih di harga 100rb sekalian yang besaran paketnya lebih banyak.

Carilah Rekomendasi yang Cocok dari Teman

Meminta rekomendasi teman atau tetangga sekitar menjadi sebuah hal yang sangat bijaksana mengingat tidak mungkin kita bisa mencoba semua varian paket dan besaran paket dalam satu waktu.

Maka dari itu bertanya ke teman atau tetangga tentang paket internet yang pernah mereka coba bisa menambah referensi paket yang mungkin cocok untuk kamu beli.

Cari Promo Paket Internet

Setiap waktu tertentu, tidak setiap hari, semua operator selalu memberikan penawaran paket internet yang harganya lebih murah daripada paket reguler.

Promo ini biasanya di tawarkan via SMS dan paling dominan langsung bisa di cek pada aplikasi tiap operatornya. Paket seperti ini sangat rekomended untuk diaktifkan.

Kemampuan Mengcover Jumlah Perangkat

Menshare koneksi internet juga akan sering dilakukan karena yang butuh kuota tersebut semua nggota dirumah.

Dengan kecepatan 10mbps itu mungkin bisa mengcover 3 device dengan cukup baik, diluar itu lebih baik memilik paket internet dari operator berbasiskan perangkat modem Wifi khusus dirumah.

Layanan ini memang ditawarkan oleh operator khusus untuk kebutuhan akses internet rumahan dengan besaran paket yang lebih banyak.

Dengan beberapa tips dan hal penting diperhatikan diatas sebelum membeli paket internet untuk dirumah bisa meminimalisir terjadinya overbudget dalam rentang pemakaian paket bulanan.