Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai atau Belum

Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai atau Belum

Arunapasman.com - Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai atau Belum sebenarnya hanya bisa dilakukan dengan menggunakan chip dompul, ya artinya hanya outlet yang punya chip dompul yang bisa men-cek vooucher tersebut sudah pernah digunakan atau belum sama sekali.

Jadi Cara cek voucher xl ini memang bertujuan agar outlet bisa mengecek kembali voucher yang akan dijual apakah masih bisa digunakan atau sudah pernah digunakan, dan mungkin untuk memastikan apakah komplain pembeli kalau voucher tidak bisa digunakan itu benar atau hanya alasan saja.

Kita sendiri sebagai konsumen juga bisa mengetahui apakah voucher xl yang dibeli sudah pernah digunakan atau belum dengan melihat dari hologramnya saja, karena hampir tidak mungkin hologram yang rusak bisa dikembalikan seperti semula,  sebagai cara tambahan untuk memastikan bahwa isi voucher yang dibeli sesuai dengan yang tertera pada nota.

Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai atau Belum

Berikut ini arunapasman akan menshare Cara Cek Voucher XL yang biasa arunapasman lakukan dengan menggunakan chip dompul XL dan selalu berhasil. Semoga saja kedepannya ada cara yang bisa dilakukan langsung lewat kode dial.

1. Ketik *151*5*7*2# di Chip dompul
2. Masukkan kode voucher XL yang ada disamping hologram
3. Panggil atau OK
4. Tunggu ada replay dari server dompul
5. Cek di bagian paling bawah replay

Sesuai dengan contoh yang Arunapasman coba, misal pada bagian bawah replay tertera "Masih dapat digunakan 892052312910.

Cara Baca Kode Replay Cek Voucher XL

Cara Bacanya seperti ini 

892052312910 
menjadi 
XX20XX31XX10

Dan definisinya XXYYXXDDXXMM

Dimana 
MM = Bulan
DD = Tanggal
YY=Tahun 

dan cara membacanya dibaca dari DD terlebih dahulu.

Maka XX20XX31XX10 = 31-10-20.

Artinya voucher tersebut belum pernah digunakan dan masih dapat digunakan sampai tanggal 31-10-20 nanti. Jika voucher sudah pernah terpakai misalnya, maka replay dari server dompul akan berbeda seperti "Xtra Combo Lite 3.5GB Sudah Pernah Di Transfer ke nomor sekian". Perubahan format sepenuhnya tergantung pihak server dompulnya, namun garis besar isinya sama saja.

Cara Cek Voucher XL Dari Fisik

Ada juga beberapa cara cek voucher xl suda pernah terpakai atau belum yang sebenarnya kita bisa coba, jadi untuk memastikannya bukan hanya dari chip dompul outlet.

1. Cek Keutuhan Hologram

Pertama mungkin Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai atau Belum yang paling mudah dilakukan adalah dengan melihat hologram sudah tergesek atau masih utuh.

Karena sejauh yang arunapasman tau, voucher XL hanya bisa dipakai dengan memasukkan kode didalam hologram dan bukan dari kode voucher. Jadi kalau hologram masih utuh, kemungkinan besar 98% voucher belum terpakai.

Tidak mungkin juga hologram voucher bisa diakali, setelah digesek dan rusak tentu tidak bisa dikembalikan seperti semula karena menempelkannya juga pakai mesin khusus.
2. Cek Kode Expired Voucher

Dari cara cek voucher XL menggunakan chip Dompul, hasil replay nya sama dengan tanggal expired voucher yang tertera pada voucher.

Jadi kalau kamu ingin tau sampai kapan kuota didalam voucher bisa digunakan ya mudahnya dengan melihat tanggal expired vouchernya.

3. Minta Nota Pembelian

Inti dari Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai atau Belum itu karena kita sebagai pembeli merasa khawatir apakah voucher yang tidak bisa digunakan memang tidak ada isinya atau pernah digunakan orang lain.

Karena itu arunapasman sangat menyarankan ketika membeli voucher atau paket internet dalam bentuk apapun sebaiknya beli nota pembelian dan segera di masukkan setelah membeli, jangan sampai seminggu baru memasukkan kode voucher ke nomor xl.

Jika ternyata setelah beli, voucher tidak bisa dimasukkan atau gagal, maka kita sebagai konsumen bisa menanyakannya ke outlet yang menjual voucher tersebut karena ada bukti nota sebagai pembelian. Dengan syarat hanya menggosok hologramnya saja dan tidak merusak bentuk fisik voucher.

Penutup Cara Cek Voucher XL

Sayang sekali Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai atau Belum yang detail hanya bisa menggunakan chip dompul, padahal fungsi ini seharusnya ada di nomor XL user agar outlet dan pembeli bisa sama sama melakukan cek pada isi voucher xl tersebut. Jadi ya untuk amannya lebih baik setiap beli voucher jangan lupa minta nota atau lebih bagus sekalian minta di isikan oleh orang outletnya, dan kita terima jadi saja.