Data Processing Function , Begini Fungsi Komputer Berdasarkan Tujuan Penggunaannya

Fungsi Komputer secara umum adalah sebuah rangkaian perangkat elektronik yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan instruksi pengguna sehingga menghasilkan kumpulan informasi sesuai kebutuhan pengguna.

Berdasarkan aliran datanya, komputer terbagi menjadi 5 fungsi yaitu input, prosesing, output, penyimpanan data atau storage, dan perpindahan data dari satu komputer ke komputer yang lain.

Fungsi Komputer Berdasarkan Aliran Data

Fungsi Komputer Berdasarkan Aliran Data

1. Data Input Function

Fungsi input data pada komputer yaitu menerima masukan data dari berbagai komponen input komputer seperti mouse,keyboard,webcame,microphone dan sebagainya. Data yang masuk kedalam komputer ini akan diproses pada CPU sesuai dengan fungsi aliran data yang ke dua.

2. Data Processing Function

Fungsi pemrosesan data pada komputer intinya dilakukan oleh sebuah komponen komputer yang bernama CPU ( Central Processing Unit ) atau yang sering disebut dengan prosesor.

Tidak hanya CPU, masih ada satu buah komponen komputer lain yang berfungsi sebagai unit pemrosesan yaitu VGA atau GPU dimana fungsi khususnya untuk pemroses data berupa grafis.

3. Data Output Function

Fungsi komputer sebagai keluaran data, atau maksudnya menampilkan semua data yang sudah diproses bisa berupa visual, audio ataupun bentuk lain sesuai dari instruksi pengguna.

Komponen Komputer yang termasuk bagian output misalnya layar monitor (visual), speaker (audio) ataupun lembar kerja seperti printer.

4. Data Storage Function

Fungsi penyimpan data pada komputer tentu saja karena pada setiap perangkat komputer pasti ada satu atau lebih komponen penyimpan data dimana data yang tersimpan berupa biner.

Data tersebut bisa disimpan dalam komponen internal komputer atau eksternal yang nantinya bisa digunakan kembali atau ditulis ulang.

5. Data Movement Function

Maksud dari fungsi perpindahan data adalah komputer menjadi sarana untuk mengirim data dari satu komputer ke komputer yang lain.

Media yang digunakan bermacam-macam, tapi untuk saat ini di era digital, perpindahan data lebih didominasi menggunakan media internet.

Fungsi Komputer Berdasarkan Tujuan Perakitannya

Input,processing dan output data adalah fungsi komputer berdasarkan aliran data atau cara kerjanya. Disamping itu berdasarkan tujuan perakitannya, komputer mempunyai fungsi penggunaan yang berbeda-beda.

Fungsi Komputer Berdasarkan Tujuan Perakitannya

1. Fungsi Komputer Khusus Umum

Komputer yang dirakit atau diproduksi untuk penggunaan standar seperti pengolahan lebar kerja dan sebagainya biasanya menggunakan sepesifikasi komponen dengan kebutuhan menengah kebawah.

Harga komputer khusus kebutuhan umum seperti membuat lemba kerja, browsing, mendengarkan musik ataupun menonton video terbilang cukup terjangkau. Jadi semua orang mampu untuk membelinya.

2. Fungsi Komputer Khusus Server

Dibuild khusus untuk menjadi server, komputer dengan spesifikasi tersebut berfungsi untuk menjadi sebuah pusat dari suatu jaringan sehingga antara komputer client dapat berkirim terima data melalui dari komputer server.

Spesifikasi komputer sangat tinggi karena tuntutan ketahanan dan kemampuan proses yang baik. Untuk sebuah komputer server standar saja bisa membutuhkan dana ratusan juta,itupun untuk melayani jaringan komputer client dalam sekala kecil.

3. Fungsi Komputer Khusus Client

Berbanding terbalik dengan komputer server, fungsi komputer client justru sangat standar-standar saja yaitu meminta layanan tertentu dari server seperti multimedia ataupun bentuk data yang lain. Spesifikasi komputer client sangat beragam, meskipun begitu tidak ada ubahnya dengan spesifikasi komputer umum.

4. Fungsi Komputer Khusus Game

Fungsi komputer khusus game adalah komputer yang memang sengaja dirakit untuk tujuan bermain game. Semua game, game apapun, justru kebanyakan komputer gaming dirakit untuk memainkan game-game berat yang ada saat ini.

Kebutuhan spesifikasi komputer gaming menuntut prosesor yang cepat, RAM besar, VGA berkinerja tinggi serta storage yang mempunyai kecepatan baca terbaik. Dana yang dibutuhkan untuk merakit PC gaming sangat beragam antara 50juta bahkan sampai ada ratusan juta untuk satu set komputer gaming.

5. Fungsi Komputer Khusus Video Editing

Komputer khusus video editing berfungsi untuk mengolah input output data berupa file video yang mengutamakan pada prosesutama yaitu rendering. Proses render menekankan pada kualitas prosesor yang tinggi dan mampu bertahan dengan panas yang mucul. VGA pada komputer video editing lebih terfokus digunakan pada saat mengedit video saja.

Karena itu dibutuhkan sistem pendingin prosesor yang sangat baik jika kamu berniat merakit sebuah PC untuk tujuan editor video.

6. Fungsi Komputer Khusus Desain Grafis

Komputer desain grafis berfungsi untuk mengolah data berupa vektor ataupun gambar yang diproses pada suatu software aplikasi atau lembar kerja.

Kebutuhan spesifikasi komputer khusus desain lebih mengutamakan kualitas dari VGA daripada komponen yang lain. Komponen lain hanya perlu mengikuti kebutuhan dari spesifikasi pendukung VGA tersebut.

Pendingin tambahan untuk VGA juga sangat disarankan pada komputer khusus desain karena sebagian proses komputer akan bertumpu pada VGA.

7. Fungsi Komputer Khusus Audio Editing

Komputer khusus audio editing berfungsi untuk mengolah data berupa audio seperti komputer pada studio rekaman.

Berbeda dari komputer gaming dan grafis, komputer khusus audio editing lebih membutuhkan sisi ketahanan atau latency dari komponen yang digunakan karena ketika proses rekaman atau editing semua komponen bekerja bersamaan dan tanpa jeda.

Jadi jika kamu memutuskan untuk membangun sebuah komputer audio editing pastikan untuk memilih komponen-komponen yang memiliki daya tahan tinggi daripada kemampuan prosesnya.

Kesimpulan Fungsi Komputer

Fungsi komputer yang utama adalah untuk mengolah data dari mulai input data, pemrosesan data sampai kemudian menampilkan output data sesuai dengan instruksi yang digunakan.

Sedangkan fungsi komputer berdasarkan tujuan pembuatannya yaitu komputer yang rakit dengan spesifikasi khusus untuk mengerjakan suatu kumpulan instruksi tertentu dengan pemrosesan data yang hampir sama.