Cara Cek Spesifikasi RAM Laptop atau Komputer

Cara Cek Spesifikasi RAM laptop atau komputer akan penting digunakan untuk melihat berapa kapasitas dan jenis RAM yang kita gunakan saat ini.

Fungsi utama RAM sudah pasti untuk menyimpan data sementara ketika Laptop atau Komputer sedang digunakan, artinya semakin besar Kapasitas RAM yang terpasang akan semakin baik untuk kinerja proses data.

Melihat spesifikasi DDR RAM pada Laptop atau Komputer bisa menjadi acuan kita haruskah menambah kapasitas RAM atau tidak.

Hal tersebut tentu tergantung dari Program apa saja yang kita gunakan untuk bekerja. Ataupun ketika akan membeli komputer, kita bisa tau apakan RAM tersebut cocok dengan kebutuhan pekerjaan.

Berdasarkan kondisi tersebut, Arunapasman merangkum beberapa Cara mudah untuk melihat dan mengecek spesifikasi RAM yang terinstall pada PC atau Komputer.

Cara Cek Ram Laptop atau Komputer

Sebagian besar cara cek Ram PC yang bisa dipraktekkan adalah dengan aplikasi bawaan Sistem Operasi ataupun dengan program aplikasi tambahan. Jika Ram belum teristal maka bisa dilihat pada kemasannya.

Cara Cek Ram Laptop atau Komputer

1. Cara Cek Ram Laptop atau PC dengan Control Panel

Jika hanya ingin melihat kapasitas RAM yang terinstal pada PC atau Komputer, kamu cukup menggunakan program bawaan pada Control Panel.

Caranya :
  1. Buka Windows Explorer
  2. Klik kanan pada Logo Komputer dan akan muncul menu expand
  3. Kemudian klik kiri pada Properties
  4. Setelah muncul Jendela System Control Panel, Cek bagian Installed Memory (RAM)
Jumlah yang tertera adalah total kapasitas RAM terinstal di kedua slot, disampingnya ada informasi tambahan jumlah kapasitas RAM yang bisa dipakai setelah terpotong untuksistem.

Khusus cara pertama kamu hanya dapat melihat jumlah kapasitas RAM yang tertera, untuk melihat spesifikasi DDR RAM, kamu bisa menggunakan cara ke dua.

2. Cara Cek DDR Ram Laptop dan Komputer menggunakan Aplikasi Speccy

Cara Cek DDR RAM laptop dan komputer yang kedua menggunakan aplikasi tambahan yang harus kamu install terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Dengan menggunakan Speccy bisa diketahui berapa slot RAM yang tersedia dan berapa slot yang digunakan dan DDR RAM nya. Selain itu juga lengkap dengan informasi lainnya seperti Tipe RAM, Ukuran RAM sampai detail memori yang digunakan.

Cara menggunakan Speccy :
  1. Kamu bisa download aplikasi speccy gratis
  2. Setelah terdonwload maka lakukan instalasi
  3. Setelah proses instal selesai, sekarang buka speccy dan tunggu sebentar
  4. Semua spesifikasi pada PC kamu akan muncul, kemudian klik bagian RAM
  5. Semua detail RAM yang ada akan ditampilkan
Cara Cek Ram PC menggunakan Aplikasi Speccy rasanya sudah cukup sekali kalau hanya ingin mengetahui detail spesifikasi RAM yang sedang digunakan. Selain Speccy tentunya masih banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan, tergantung selera saja.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mendapatkan hampir semua informasi dari spesifikasi RAM yang kamu gunakan termasuk DDR RAM nya, Total slot sampai memori yang sedang digunakan.

3. Cara Cek DDR RAM laptop atau Komputer pada Kemasan

Cara terakhir digunakan untuk mengetahui secara langsung detail DDR RAM yang digunakan, yaitu dengan membuka casing PC dan mencopot RAM tersebut.

Pada stiker RAM yang tertempel biasanya tertera kapasitas dan tipe RAM yang sedang kamu gunakan, dengan begitu kamu dapat membawanya sebagai contoh jika ingin membeli RAM yang sama dengan kapasitas lebih tinggi.

Jika baru akan membeli RAM, maka sesuaikan saja dengan kebutuhan Motherboardnya. Biasanya pada detail Motherboard akan tertera tipe dan ukuran RAM yang disarankan, jadi kamu tinggal membeli RAM dan melihat stikernya apakan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Penutup Cara Cek Spesifikasi RAM Laptop atau Komputer

Sampai disini tutorial 3 Cara Cek Spesifikasi RAM laptop atau Komputer, sudah sangat cukup dengan kebutuhan kamu, untuk upgrade ataupun membeli RAM baru pasti akan sesuai. Ingat ! Untuk membeli RAM jangan tertarik dengan promo Harga yang Murah ya!