7 Software untuk Cek Spesifikasi Hardware Komputer dan Laptop

Software untuk cek dan melihat spesifikasi hardware pada komputer atau laptop seringkali dibutuhkan ketika ingin mengetahui apa saja tipe komponen-komponen yang terinstall pada perangkat kerja kita.

Pilihannya daripada repot-repot membongkar casing PC dan melihat satu persatu pastinya akan lebih mudah jika menggunakan bantuan dari software.

Berikut ini ada 7 software pilihan dari Arunapasman dimana software-software tersebut sangat membantu untuk melihat detail spesifikasi komponen komputer yang sudah terinstall.

Software Cek Spesifikasi Hardware Komputer

Software Cek Spesifikasi Hardware Komputer

1. Speccy

Software bernama Speccy merupakan besutan dari Piriform dimana dari dulu perusahaan ini selalu terfokus untuk mendevelop tools yang terbilang sangat mudah dan detail saat dipakai.

Dengan desainnya yang simple serta warna dasar yang tidak memberikan bingung, rasanya Cek Spesifikasi Hardware Komputer dan Laptop menjadi sangat lebih mudah.

Tampilan jendela yang pertama kali terlihat yaitu summary atau ringkasan dari semua spesifikasi umum dari hardware yang terinstall. Pilih sub hardware yang ingin diketahui secara detail maka akan muncul jendela spesifikasi yang sangat lengkap untuk tiap komponen.

2. CPU-Z

Software gratis untuk cek spesifikasi komponen komputer dengan detail informasi yang sangat memuaskan. Hanya saja untuk saat ini CPU-Z di develop untuk windows dan android. Mungkin nanti akan ada perkembangan ke OS yang lain.

CPU-Z ada yang membutuhkan instalasi berupa setup pada umumnya juga ada yang berupa software portable sehingga hanya butuh di run saja tanpa harus di install.

Tampilan awal yang di sajikan adalah detail dari Prosesor yang digunakan serta pada menu navigasi langsung menuju ke komponen hardware yang lain.

3. HWM BlackBox

HWM BlackBox adalah salah satu aplikasi yang memang sengaja di develop untuk memberikan informasi lengkap dari bagian komponen penting yang terisntall pada komputer.

Komponen komputer utama yang ditampilkan secara detail seperti prosesor, RAM, VGA dan motherboard tentunya.

Hampir bekerja untuk semua operating system Windows, hanya saja ada tab khusus untuk Windows 7 dan Windows Vista.

4. PC Wizard

Software yang dibuat khusus untuk mendeteksi detail secara lengkap tentang komponen hardware yang digunakan pada PC atau komputer.

Cukup bagus dan terlihat sangat lengkap disertai menu konfigurasi, resource bahkan memiliki kemampuan untuk menganalisis benchmarking dengan baik.

5. ASTRA32

Sama seperti software lainnya, Astra32 juga dibuat untuk menganalisis detail perangkat hardware pada komputer atau laptop kamu.

Cukup bagus dengan ukurannya yang sangat kecil dan dapat didownload secara gratis. Hampir semua OS berplatform Windows bisa menggunakan software ini tanpa kendala.

6. HWiNFO

HWiNFO sepertinya di develop serius untuk memberikan detail informasi dalam mengecek spesifikasi hardware yang digunakan pada komputer atau laptop kamu.

Dengan ukuran yang cukup besar bukan berarti memberatkan, tetapi justru pada software ini terdapat monitoring sistem yang baik pada status aktual atau ketika sedang digunakan. Dari yang terlihat detail status hardware yang diberikan sangat amat lengkap.

Menarikanya ada bermacam jenis laporan dari status hardware yang bisa kamu lihat termasuk status dari hardware tersebut saat kamu gunakan.

7. Free PC Audit

Free PC Audit termasuk salah satu software gratis yang bisa kamu download dan install dengan sangat mudah. Bisa juga kamu mendownloan versi portablenya sehingga tidak butuh proses instalasi.

Data spesifikasi hardware yang diberikan cukup terperinci dengan detail yang berbeda untuk setiap tab harrdware yang kamu pilih.

Bisa menjadi salah satu rekomendasi dari software yang digunakan untuk mengecek status detail komponen hardware kamu jika dirasa ingin melakukan upgrade.

Penutup

Diluar sana sangat banyak sekali jenis Software untuk Cek Spesifikasi Hardware Komputer dan Laptop kamu. Tapi menurut Arunapasman, 2 rekomendasi software teratas yaitu Speccy dan CPU-Z sudah sangat cukup sekali memberikan detail informasi dari hardware yang kamu gunakan.