Peluang Kerja Teknik Komputer Jaringan, Dengan Gaji Oke & Cara Cepat Bisa Dapat Job !

Arunapasman.com - Jangan pernah ragu tentang apa saja Peluang kerja teknik komputer jaringan yang bisa di geluti nantinya jika mengambil jurusan TKJ, kesempatannya sangat luas dan masih menjanjikan di masa depan, yuk simak ulasan selengkapnya dari Arunapasman berikut ini !

Prospek Peluang kerja teknik komputer jaringan yang bisa kamu dapatkan yaitu bisa bekerja sebagai expert teknisi komputer, administrasi server, teknisi jaringan, system data analyst, programmer, web developer, hingga data entry dan masih banyak lainnya. 

Kalau kamu sudah dapat pembelajaran tentang jaringan dan komputer kemudian juga dapat pengalaman PKL maka jangan ragu untuk bersaing di dunia industri

Jurusan teknik komputer jaringan atau TKJ merupakan jurusan yang cukup populer di Indonesia dan memiliki jumlah pelajar yang banyak. Pada jurusan TKJ mengkaji banyak hal mulai dari merakit komputer, belajar sistem operasi, sistem jaringan, pemrograman web dan masih banyak lagi.

Kemajuan teknologi komputerisasi yang semakin pesat membuat lulusan dari TKJ ini akan terus dibutuhkan di masa mendatang dan lowongan pekerjaannya cukup luas. Jurusan yang ada pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini para lulusannya memiliki keunggulan dari lulusan SMA.

Pasalnya selama menempuh pendidikan di SMK, para siswa TKJ telah dibekali banyak praktikum secara langsung dan pengalaman bekerja di perusahaan. Jurusan Teknik Komputer Jaringan sendiri tidak hanya ada pada jenjang SMK saja namun sudah ada pada tingkat perguruan tinggi.

Melihat perkembangan dan peralihan transformasi komputerisasi digital yang pesat di Indonesia, tidak diragukan lagi jika jurusan ini akan terus memiliki prospek kerja yang sangat baik.
 

Peluang Kerja Teknik Komputer Jaringan, Prospek Dapat Gaji Mantab!

Berikut ini Arunapasman mengulas beberapa contoh dari banyaknya peluang kerja teknik komputer jaringan di Indonesia yang bisa kamu dapatkan nantinya dan tentu saja masih terus berkembang.
 
Peluang Kerja Teknik Komputer Jaringan

1. Teknisi Komputer

Peluang kerja teknik komputer jaringan yang paling umum dan mudah didapatkan yaitu menjadi expert di teknisi komputer beserta percabangannya, semua kebutuhan tenaga ahli di bidang teknisi komputer akan bisa laku dalam hal ini. 

Para lulusan TKJ telah memiliki kemampuan yang baik di bidang komputer sehingga menjadi teknisi komputer bisa menjadi salah satu pilihan karir. Banyak perusahaan saat ini yang mengharuskan adanya seorang teknisi komputer agar bisa menjalankan bisnis secara digital.

Hampir semua industri di Indonesia saat ini membutuhkan digitalisasi dalam model bisnisnya agar terus bisa bersaing sehingga seorang teknisi komputer akan sangat dibutuhkan untuk melakukan maintenance komputer perusahaan. 

2. Teknisi Jaringan

Kemudian Peluang kerja teknik komputer jaringan berikutnya yang paling sesuai dengan jalur pendalaman keilmuan teknisi jaringan, mulai dari maintenance jaringan hingga konsultan analisis jaringan. 

Selain menjadi teknisi komputer, para lulusan TKJ juga bisa bekerja sebagai teknisi jaringan karena sudah belajar cara membangun jaringan lAN, WAN WIFI dan instalasi jaringan lainnya sehingga sudah siap bekerja di bidang tersebut jadi tinggal melanjutkan saja.

Pekerjaan ini erat kaitannya dengan teknisi komputer dimana untuk mengoperasikan sebuah komputer memerlukan sebuah jaringan internet. Lowongan teknisi jaringan juga saat ini cukup banyak apalagi para perusahaan yang telah mengadopsi digitalisasi secara masif. 

3. Administrasi Server

Membahas tentang sisi lain dari prospek Peluang kerja Teknik Komputer Jaringan ini juga ada kesempatan besar bekerja sebagai administrasi server pada perusahaan, gajinya nggak main - main !! Bisa Hingga puluhan juta dikota besar.

Tugas dari seorang administrasi server adalah untuk mengontrol, mengelola hingga mengamankan akses terhadap jaringan dalam sebuah komputer server. Lowongan kerja administrasi server juga cukup banyak di Indonesia karena untuk saat ini banyak perusahaan yang bergerak di bidang teknologi atau telekomunikasi. 

4. Programmer

Seperti seorang lulusan IT lainya, para lulusan TKJ juga bisa menjadi programmer dengan semua percabangannya karena selama menempuh pendidikan juga mempelajari suatu bahasa pemrograman. Pada tingkatan SMK, para pelajar TKJ telah mempelajari dasar dari bahasa pemrograman sehingga jika dikembangkan lebih jauh bisa bekerja sebagai programer profesional.

Tugas dari seorang programmer adalah menulis kode yang digunakan untuk menciptakan suatu website atau aplikasi yang bisa bermanfaat. Pada saat ini banyak perusahaan startup di bidang teknologi yang berkembang di Indonesia sehingga para programmer terus dibutuhkan.

Namun penting untuk mempelajari berbagai bahasa pemrograman agar bersaing dengan para lulusan IT lainnya dalam memperoleh pekerjaan. 

5. Web Developer

Mengingat para lulusan TKJ telah mempelajari dasar dari bahasa pemrograman, mereka juga bisa berkarir sebagai web developer. Sebuah website sudah menjadi kebutuhan setiap perusahaan yang mengadopsi penggunaan internet.

Sebuah website tersebut bisa berisikan profil dari perusahaan tersebut atau bahkan bisa langsung menjual produk atau jasanya pada website tersebut. Web developer bisa bekerja di perusahaan teknologi, agency atau bahkan bisa juga bekerja sebagai freelancer dengan gaji yang cukup besar. 

6. Data Entry

Salah satu keahlian yang harus dikuasai oleh seorang lulusan TKJ adalah kemampuan matematis dan olah data yang baik. Maka dari itu seorang lulusan TKJ bisa saja bekerja sebagai data entry untuk membantu perusahaan memproses data fisik menjadi digital.

Berbagai perusahaan biasanya akan membuka lowongan data entry seperti perusahaan keuangan, ritel, layanan kesehatan, transportasi hingga pemerintahan. 

7. IT Support

Seorang ahli di bidang IT saat ini banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan pada hampir semua sektor. Seorang IT Support bertugas untuk melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi seperti menginstal software, mengupdate sistem operasi/performa komputer, melakukan maintenance dan masih banyak lagi.

Lulusan TKJ dinilai cocok untuk mengisi posisi tersebut karena sudah memiliki keahlian mendasar di bidang IT dan bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada.

Perkiraan Besaran Gaji di Bidang Pekerjaan TKJ Teknik Komputer Jaringan

Bicara perihal gaji pekerjaan TKJ tentu saja bervariasi mengingat banyak peluang dan pilihan yang ada. Namun pada umumnya, gaji pekerjaan TKJ kebanyakan sudah di atas UMR pada beberapa posisi kerja. Hal ini karena pekerjaan yang menyangkut dengan IT sudah terkenal dengan gajinya yang lebih unggul dari bidang lain.

Contohnya saja seperti Teknisi Komputer dan Jaringan bisa dapat gaji Rp 3.500.000 – Rp 4.500.000 per bulan dan Programmer bisa mendapatkan gaji Rp 4.000.000 – Rp 6.000.000 per bulan. Sumber Informasi : Rata-rata gaji lulusan SMK Jurusan TKJ.

Gaji Pekerjaan TKJ Teknik Komputer Jaringan

Jika kamu bekerja sebagai teknisi di bidang IT, maka gaji yang bisa kamu peroleh adalah 3.5 juta hingga 6 juta tergantung dengan region tempat bekerja. Sementara jika kamu bekerja sebagai programmer gaji yang bisa kamu peroleh mulai dari 4.5 juta hingga 10 juta perbulan, menjanjikan bukan?

Besaran gaji tersebut berbeda-beda setiap kota dan tingkat kesulitan dari setiap jobdesk yang bisa kamu kerjakan, tentu skala besarnya perusahaan tempat bekerja juga berpengaruh dengan besaran gaji yang didapatkan, tapi tentu saja semakin besar perusahaan jelas tuntutan kerja dan standar skill yang dimiliki juga semakin tinggi.

Tips Bisa Cepat Dapat Peluang Kerja Untuk Lulusan TKJ

Banyak yang menganggap lulusan SMK akan sulit mendapatkan pekerjaan namun hal itu tak selamanya benar. Berikut ini beberapa tips cepat dapat kerja lulusan TKJ yang bisa kamu lakukan :
  1. Terus belajar dan berlatih skill baru yang berkaitan dengan IT agar kamu bisa mendapatkan poin plus dari HRD dan bisa melakukan berbagai pekerjaan.
  2. Jalin relasi selama menempuh pendidikan, baik itu dengan petinggi perusahaan, pelatih hingga rekan sejawat agar mendapatkan rekomendasi dari mereka.
  3. Cari lowongan pekerjaan di internet pada berbagai sumber mulai dari sosial media, website perusahaan hingga platform penyedia lowongan pekerjaan
  4. Hubungi alumni yang sudah bekerja untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan atau jika kamu beruntung maka bisa mendapatkan rekomendasi darinya.
  5. Minta bantuan dari pihak sekolah agar bisa menyalurkannya ke perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan.
  6. Buat portfolio yang menarik dan professional agar bisa menarik perhatian HRD
  7. Jangan pandang bulu atau banyak memilah memilih terhadap pekerjaan sehingga kamu bisa melamar di posisi apapun terlebih dahulu agar cepat mendapatkan pekerjaan, yang terpenting dapat pengalaman.
  8. Buat profil Linkedin yang menarik dan aktif pada sosial media professional tersebut sehingga kamu memiliki nilai keprofesionalan di mata perusahaan. Kamu juga berpotensi mendapatkan panggilan pekerjaan secara langsung jika aktif di Linkedin.
Nah Itulah beberapa contoh saja dari banyaknya peluang kerja Teknik Komputer Jaringan, tentu masih banyak sekali peluang yang bisa digali dan dicari. 

Pesoalan gaji TKJ tentu saja tergantung dari kebutuhan sebesar apa perusahaannya, semakin besar perusahaan maka semakin besar pula gaji yang didapatkan, Kemudian cara cepat dapat kerja untuk lulusan TKJ ini lebih ke bagaimana cara kamu membawa diri dan mau semangat berkembang ya, semoga informasi ini bermanfaat.