Cara Menambah dan Upgrade RAM PC atau Komputer

Cara Untuk Menambah atau Upgrade kapasitas RAM PC Komputer ini bisa kamu praktekkan atau dicoba ya, mungkin jika kapasitas RAM yang sekarang dirasa masih kurang besar, karena kadang standar kapasitas RAM bawaan ya segitu saja.

Seperti yang diketahui fungsi dari RAM adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara yang diambil dari harddisk untuk diproses secara acak dan cepat oleh CPU.

Jadi intinya jika kapasitas RAM kecil maka jumlah data yang bisa tersimpan atau program yang dijalankan juga terbatas. Dan jika kamu memaksakan membuka program lebih banyak maka komputer akan menjadi lemot dan mungkin juga terjadi hang.
Maka jika kondisi tersebut terjadi, saran dari Arunapasman pastinya tambah atau Upgrade RAM PC kamu.

Cara Menambah dan Upgrade RAM PC

Cara Menambah dan Upgrade RAM PC

1. Cek Spesifikasi RAM

Sebelum pergi untuk membeli RAM, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melihat spesifikasi RAM yang digunakan.

Kamu bisa cek spesifikasi RAM dengan menggunakan software seperti Speccy atau CPU-Z. Pastikan kamu catat RAM tersebut menggunakan tipe DDR berapa karena jenis DDR sangat penting diketahui agar tidak salah beli.

2. Lepas RAM dari Slot

Setelah memastikan tipe RAM yang digunakan, sekarang lepaskan RAM dari slot motherboard PC.
  • Buka casing PC
  • Cari Slot RAM
  • Tekan kunci RAM di masing-masing sisi dengan jempol kiri untuk kunci kiri dan jempol kanan untuk sisi kanan
  • Tekan jempol secara bersamaan, jangan terlalu keras
  • Setelah ada bunyi "klek" kecil, artinya kunci RAM sudah terbuka
  • Tarik RAM perlahan ke arah berlawanan dengan posisi Slot
Setelah RAM terlepas dari slot, ada baiknya jika kamu bawa RAM tersebut ketika membeli yang baru untuk digunakan sebagai contoh.

3. Memilih dan Membeli RAM

Belilah RAM baru sesuai dengan tipe DDR yang sama tapi kapasitas yang lebih besar. Jangan tergiur dengan harga promo RAM yang murah.

Carilah merk RAM yang banyak digunakan oleh orang lain jika kebutuhanmu untuk pekerjaan biasa, tapi jika komputer kamu gunakan untuk game atau desain yang berat maka pakailah merk RAM yang terbaik.

3.1 Tips penting ketika membeli RAM :

Ada yang harus kamu pahami sebelum memutuskan untuk membeli RAM. Misalnya RAM awal yang kamu gunakan anggap saja 2GB di 1 Slot saja, kemudian kamu ingin mengupgradenya menjadi 4GB.

Lebih baik jangan gunakan RAM kamu yang lama walaupun masih bisa dipakai. Jika slot pada komputer kamu ada 2buah, belilah RAM baru 2GB 2buah dengan tipe DDR yang sama tapi dengan seri yang lebih tinggi.

Berdasarkan pengalaman dan pengakuan para pakar komputer, peforma RAM 2GB 2buah utuk 2 slot lebih baik daripada 1 buah RAM 4GB untuk 1 slot saja.

4. Pasang RAM baru pada Slot

Setelah membeli RAM baru, simpan saja RAM yang lama. Buka casing PC kemudian pasang RAM tersebut di masing-masing slot.

Tekan RAM ke dalam Slot secara perlahan sampai kunci pada samping-samping slot kembali mengait ke sisi samping RAM. Bantu tekan perlahan kunci agar benar-benar mengunci RAM dengan sempurna. Terakhir coba nyalakan PC dan cek kembali berapa kapasitas RAM baru yang terdeteksi.

Informasi Tambahan

Sebelum membeli RAM baru cobalah untuk mengecek prosesor dan Operasi sistem kamu atau windows yang digunakan memkai tipe lebar bit 32 atau 64.

Tipe prosesor dan windows 32bit hanya mendukung kapasitas RAM paling besar 4GB saja, tapi jika sudah menggunakan 64bit maka kapasitas total dari RAM yang bisa digunakan tinggal disesuaikan dengan dukungan RAM maksimal oleh motherboard.