Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Mengecat Dapur Agar Tidak Terlihat Membosankan

5 Tips Mengecat Dapur Agar Tidak Terlihat Membosankan

Arunapasman.com - Untuk memperbarui suasana dapur agar tidak terlihat membosankan atau kuno maka bisa dengan mengecat atau mewarnai ulang tanpa harus merombak secara total.

Mengubah warna lemari dapur dan furnitur lainnya cukup ampuh menghilangkan bosan ketika melihat dapur yang standar-standar saja, tapi perlu dipahami kalau mewarnai atau mengecat dapur bukanlah hal mudah.

Info Properti Pilihan:
Tidak masalah jika ingin melakukannya sendiri atau kamu bisa minta bantuan jasa profesional agar mendapatkan hasil yang bagus, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika memutuskan untuk mengecat dapur sendiri. 

Tips Mengecat Dapur Dengan Benar


1. Lepas Pintu dan Keluarkan Lemari

Mencopot semua pintu lemari atau laci menjadi hal pertama yang bisa kamu lakukan sebelum mengecatnya, kalau ada perabot dapur yang bisa dikeluarkan maka sebaiknya dikeluarkan terlebih dahulu.

Tapi kalau lemarinya besar dan rumit maka lepaskan saja pintu dari engselnya agar bisa mengecat setiap sudut dengan lebih mudah dan merata tanpa ada hambatan pintu-pintu lemari dapur dan laci.

2. Pilih Cat Berkualitas

Untuk cat nya pilihlah yang berkualitas dan sesuai dengan bahan dasar dari tempat yang akan di cat, misalnya cat untuk perabot kayu pastilah beda dengan cat dinding, hal ini harus diperhatikan dengan baik agar mendapatkan warna yang indah.

Jangan gunakan warna yang kontras, namun pilihlah warna yang menguatkan satu sama lain dan juga pilihlah kualitas cat yang awet dan tidak mudah mengelupas.

3. Warna Lemari Dapur

Khusus lemari dapur sebaiknya pikirkan warnanya dengan matang atau kamu bisa mencampur dan mengiasnya dengan motif warna tertentu agar tidak bosan, membuat konsep warna untuk lemari dapur sangat disarankan.

Konsep ini meliputi kombinasi warna, pilihan warna ataupun membuat lukisan bergambar pada lemari karena akan dilihat setiap hari dan warnanya harus lebih indah dari perabot yang lain.

4. Perbaiki Dulu Cacat Dinding dan Furniture

Sebelum mengecat lebih baik perbaiki dulu bagian dapur yang rusak atau cacat misalnya sisi lemari penyok ada goresan atau ada dinding gompel dan retak.

Perbaiki dulu agar semua permukaan bersih dan halus, kalau bisa pakai dasaran terlebih dahulu agar nanti warna cat terlihat merata, teknik yang bisa digunakan yaitu perbaiki area yang rusak dengan wood filler atau spackling compound kemudian di ampelas lagi setelah filler mengering agar hasil akhirnya sangat halus.

5. Gunakan Alat Cat Terbaik

Terakhir alat cat yang digunakan juga harus bagus agar hasilnya bagus juga, paling disarankan kalau menggunakan penyemprot cat jadi hasilnya bisa sangat rata, kalau misalnya tidak ada maka pakai saja kuas yang bagus.

Jangan hanya kuas cat tetapi juga kombinasikan ke rol mini, kuas gunakan untuk sisi-sisi sulit dan rol mini bisa untuk dinding atau permukaan yang lebih luas.

Mengecat lemari dapur bisa lebih mudah dan lebih bersih dengan standoff agar lebih cepat kering dan membantu mencegah cat menempel di permukaan bawah.

Itulah beberapa tips kalau kamu ingin mengecat dapur sendiri agar mendapatkan nuansa berbeda dan tidak membosankan, kalau misalnya malas melakukan nya sendiri maka bisa gunakan jasa cat dan renovasi dapur profesional agar dapat hasil yang memuaskan.