Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek, Tes dan Uji Kecepatan Internet Smartphone atau Wifi Online

Cara Mengecek, Tes dan Uji Kecepatan Internet Smartphone atau Wifi Online

Arunapasman.com - Cara Mengecek, Tes dan Uji Kecepatan Internet Smartphone atau Wifi Online. Ketika berinternetan menggunakan jaringan ponsel atau Wifi dan terasa tidak stabil, rasanya penting untuk mengecek dan menguji kecepatan internet yang sedang kita akses.

Mungkin sinyal penuh atau kuota masih banyak tapi internet terasa lelet, tidak ada salahnya kamu coba Cara Mengecek, Tes dan Uji Kecepatan Internet Wifi Online yang sudah Arunapasman rangkum berikut ini. 

Info Media Internet Pilihan :
Perlu kamu tau ada beberapa layanan produk operator ataupun perangkat Wifi yang semakin banyak penggunanya maka kualitas kecepatan yang didapatkan akan semakin menurun, satu-satunya cara untuk mengetahui kecepatan internet yang bisa didapatkan tentu hanya degan melakukan uji kecepatan.

Cara menguji kecepatan internet tersebut bisa langsung dilakukan melalui online dan tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu, jadi lebih praktis dan informasi yang diberikan juga sama saja.

Cara Mengecek, Tes dan Uji Kecepatan Internet Wifi Online


Padatnya pengguna dalam satu wilayah jaringan bisa dipastikan akan berpengaruh ke kualitas kecepatan dari internet yang digunakan. Mungkin tiba-tiba down dan kamu tidak memiliki aplikasi cek kecepatan internet, maka cara online merupakan metode terbaik yang bisa digunakan.

Cara Uji Kecepatan Internet Dengan speedtest.net

Pertama, situs yang sudah dikenal banyak orang untuk melakukan uji kecepatan internet yaitu speedtest.net dan tentu saja bisa dilakukan secara online sehingga tidak perlu ribet mengunduh apps terlebih dahulu dan hanya butuh website.

Cara Uji Kecepatan Internet Dengan speedtest.net

Speedtest.net bisa digunakan banyak platform yang terhubung langsung oleh internet dan memiliki web browser serperti OS windows, linux, androdi, IOS MAX dan sebagainya.

Cara cek kecepatan internet dengan situs speedtest.net sangat mudah, kamu tinggal ikuti saja langkah-langkah sebagai berikut :

- Hubungkan perangkat dengan koneksi internet atau wifi 

- Buka browser yang suka digunakan bisa firefox chrome

- Ketik speedtest.net pada kolom pencarian dan masuk ke halaman utamanya

- Langsung Klik menu Go yang ada di tengah halaman

- Dan tinggal tunggu hasilnya muncul pada layar

Selain cek kecepatan, pada situs speedtest.net kamu juga bisa mendapatkan informasi terperinci tentang kecepatan Download Speed, Upload Speed, dan Ping dari jaringan internet yang sedang digunakan

Cara Mengecek Kecepatan Internet dengan Fast.com

Kamu juga bisa mengecek kecepatan internet dengan situs Fast.com yang tampilan antarmukanya sangat amat simpel sekali.

Cara Mengecek Kecepatan Internet dengan Fast.com

Informasi yang ditampilkan berupa latensi, kecepatan download, dan kecepatan upload, tidak butuh banyak klik ketika menggunakannya.

- Hubungkan perangkat dengan koneksi internet

- Buka browser yang kamu suka

- Cari di search engine fast.com

- Kamu akan diarahkan ke halaman fast.com/id

- Tanpa klik apapun maka cek kecepatan akan langsung dimulai

- Tinggal Tunggu hasilnya saja

Kamu bisa klik "Tampilkan info selengkapnya" jika ingin mengetahui detail upload dan download speed nya.

Cara Uji Kecepatan Internet Dengan Ping Test Net

Berikutnya kamu bisa mengecek kualitas sebuah koneksi internet pada perangkat WIfi menggunakan Ping Test Net yang tampilan menunya mudah dipahami layaknya situs cek kecepatan internet lain

Cara cek dan uji kecepatan jaringan internet wifi secara onlie menggunakan Ping Test Net cukup mudah tinggal ikuti langkah berikut:

- Hubungkan perangkat dengan koneksi wifi yang ada

- Buka browser yang sering digunakan

- Akses alamat situs http://ping-test.net/speed_test

- Klik Oke dan akan masuk ke halaman beranda situs

- Kemudian Klik Ikon power pada situs

- Dan tinggal tunggu hasilnya muncul

Pada Situs Ping Test Net kamu bisa uji kecepatan akses internet menggunakan perangkat seluler smartphone ataupun cek koneksi wifi dan informasi yang ditampilkan berupa Download speed, Ping dan Upload speed.

Cara Tes Kecepatan Internet Dengan Indihome Speedtest

Khusus pengguna Wifi,kamu bisa menggunakan indihome Speedtest untuk tes kecepatan akses internetnya dan tentu saja hanya menggunakan browser website.

Situs cek speed indihome Speedtest ini milik penyedia layanan internet indihome sendiri, meskipun begitu bisa juga kok digunakan untuk umum.

Cara menggunakan indihome Speedtest untuk tes kecepatan internet sangat mudah,

- Hubungkan perangkat pada koneksi Wifi

- Buka browser yang sering digunakan

- Akses situs https://fast.indihome.web.id/ di browser

- Kemudian Tap menu Go yang ada di tengah halaman

- Tinggal tunggu hasilnya saja

Pada Menu indihome Speedtest kamu bisa mendapatkan informasi dari hasil tes kecepatan internet yaitu Ping, Jitter, Download speed dan Upload speed.

Cara Tes Kecepatan Internet Dengan Bandwidth Place

Berikutnya kamu juga bisa menggunakan situs Bandwidth Place untuk mengetahui kecepatan internet yang sedang digunakan, cara kerjanya hampir sama dengan situs speed test lainnya yang bisa diakses.

Cara menggunakan Bandwidth Place sangat mudah dan kamu akan mendapatkan menu tambahan yaitu lokasi dimana kamu sedang berada.

- Hubungkan perangkat dengan koneksi internet

- Buka browser yang sering digunakan

- Akses situs https://www.bandwidthplace.com/

- Ganti kolom server menjadi jakarta ID untuk Indonesia

- Dan Klik Menu Star kemudian tunggu hasilnya

Informasi yang ditampilkan pada Menu Bandwidth Place termasuk lokasi dan juga Ping, Download speed, dan Upload speed.

Cara Tes Kecepatan Internet Dengan Meter.net

Mungkin layan cek kecepatan internet yang bisa kamu gunakan berikutnya yaitu situs Meter.net yang juga berbentuk website jadi tidak perlu menginstall app lagi.

Seperti situs speed test lainnya kamu bisa mendapatkan informasi download speed, upload speed dan ping untuk menggunakannya pun cukup mudah.

- Hubungkan perangkat dengan koneksi internet

- Buka browser yang sering digunakan

- Akses situs https://www.meter.net/

- Dan kemudian klik Star

- Kemudian tinggal tunggu hasilnya saja

Penutup Cara Mengecek, Tes dan Uji Kecepatan Internet


Cara Mengecek, Tes dan Uji Kecepatan Internet yang paling simpel sepertinya memang menggunakan situs online saja, jadi tidak ribet dan tidak perlu download apps speed tes terlebih dahulu.

Hampir semua situs cek speed akan menampilkan informasi yang sama yaitu ping atau latensi, download speed dan upload speed. Ketiga variabel tersebut sudah sangat membantu untuk menjadi tolak ukur kecepatan akses internet yang sedang kita gunakan.