Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghemat Paket Kuota Data Internet Agar Tidak Cepat Habis

Cara Menghemat Paket Kuota Data Internet Agar Tidak Cepat Habis

Arunapasman.com - Pada masa ini penggunaan internet menjadi sebuah prioritas, karenanya kamu harus tau Cara Menghemat Paket Data Internet Agar Tidak Cepat Habis .

Perubahan era digital memaksa dan mengharuskan kita beraktivitas dari rumah dengan media akses menggunakan internet mulai dari urusan pekerjaan hingga pendidikan dilakukan secara online.

Bagi yang menggunakan jaringan internet dari smartphone dan bukan internet kabel pasti merasakan pada saat saat tertentu kuota internet yang digunakan bisa cepat habis. 

Info Teknologi Pilihan :
Pada dasarnya kuota internet kita cepat habis karena ada aplikasi-aplikasi yang membutuhkan koneksi internet secara terus menerus, dan berikut arunapasman merangkum beberapa tips dan Cara Menghemat Paket Data Internet Agar Tidak Cepat Habis.

Cara Menghemat Paket Kuota Internet


1. Aktifkan Fitur Pembatasan Data

Untuk mengontrol pemakaian data agar kuota internet lebih hemat maka kamu bisa mengatur aplikasi pada ponsen android dengan mematikan atau membatasi pemakaian data di latar belakang.

Hampir sebagian besar pemborosan data internet terjadi karena tidak sadar menggunakannya misalnya ketika fitur sinkronisasi email selalu aktif atau pembaharuan feed dan widget cuaca karena itu gunakan menu Pengaturan dan Batasi Data Latar Belakang agar tidak banyak penggunaan kuota internet tanpa disadari.

2. Prioritaskan Aplikasi dan Game Offline

Cara kedua yaitu memprioritaskan aplikasi offline dan juga game online untuk digunakan, misalnya ketika membuat laporan lebih baik gunakan aplikasi office secara offline dan baru aktifkan data ketika ingin mengirim atau membagikannya lewat internet.

Pada hiburan seperti game juga membutuhkan tidakan yang sama, hindari game yang memerlukan akses internet untuk dimainkan karena akan sangat menghabiskan kuota internet, dan jika memang game harus online maka pilihlah kuota yang ada gratis untuk main game tersebut.

Mungkin menghindari penggunaan sosial media seperti Instagram, Facebook, YouTube juga lebih baik dilakukan karena aplikasi seperti ini sangat boros kuota, buka medsos seperlunya saja dan ketika ada bonus gratisan internet untuk jenis aplikasi seperti ini.

3. Cari dan Hapus Aplikasi yang Boros Data

Dari tindakan pribadi kamu harus dan disarankan untuk menghapus aplikasi yang banyak mengonsumsi data yang sebelumnya suda di cek terlebih dahulu.

Cara cek aplikasi yang menggunakan banyak data tanpa sepengetahuan yaitu buka menu Pengaturan kemudian masuk ke Penggunaan Data dan carilah aplikasi yang banyak menggunakan internet serta tidak begitu dibutuhkan.

Jika ada aplikasi seperti itu lebih baik dihapus saja dan prioritaskan penggunaan internet untuk aplikasi yang benar-benar dibutuhkan untuk pekerjaan.

4. Kurangi Penggunaan Aplikasi Streaming

Semakin umumnya aplikasi yang berbasiskan streaming saat ini sangat banyak ditemui dan bisa diakses dengan sangat mudah misalnya aplikasi YouTube, Spotify, Vie, atau video streaming lainnya.

Jelas jika menggunakan aplikasi streaming seperti ini maka penggunaan kuota internet akan cepat habis jadi sebisa mungkin atau batasi penggunaan aplikasi berbasis streaming dan bergenre hiburan.

5. Jangan Share File Menggunakan Internet

Jika orang yang ingin di share file-file kerjaan berada di tempat jauh bisa menggunakan email atau aplikasi online sharing lainnya, tetapi jika ingin share file dengan orang yang berada didekat kita lebih baik gunakan bluetooth.

Mengirim file lewat aplikasi perpesanan memang terasa memudahkan dan menyederhanakan proses transfer file atau data tetapi tindakan seperti ini membutuhkan kuota internet lebih banyak jadi menggunakan bluetooth untuk share file bisa lebih menghemat kuota.

6. Matikan Fitur Update Otomatis

Jika kamu menggunakan aplikasi android lebih baik buka Play Store atau app store yang kamu gunakan dan matifkan fitur auto update, gunakan saja notifikasi jika ada update dan pilih manual untuk aplikasi yang akan diupdate.

Dengan begitu penggunaan data berlebih untuk update aplikasi yang tidak dipakai seperti jenis aplikasi-aplikasi bawaan bisa diminimalisi

Penutup Cara Menghemat Paket Data Internet Agar Tidak Cepat Habis


Pada kondisi seperti sekarang memang kita harus aktif dan waspada agar paket internet yang digunakan tidak cepat habis, dan cara yang paling ampuh yaitu gunakan semua fitur online ketika ada jaringan wifi dan batasi penggunaan internet ketika kita mengandalkan akses internet dari paket kuota mobile.