Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Melindungi Ponsel Smartphone dari Malware

Tips Melindungi Ponsel Smartphone dari Malware

Arunapasman.com - Malware atau malicious software pada dasarnya sudah sangat lama menjadi musuh bagi para pengguna smartphone, jadi kali ini admin arunapasman ingin berbagi Tips Melindungi Ponse Smartphone dari Malware .

Perlu kamu tau yang namanya malware atau program jahat bisa menyerang perangkat komputer bahkan termasuk smartphone, intinya semua yang menggunakan sistem operasi.

Sejatinya semua jenis malware bisa membahayakan dan merusak smartphone kamu, menurut data research Kaspersky Lab di tahun 2011 terdeteksi ada 82.000 variasi malware yang menunggu untuk menyerang ponsel dengan keamanan minimum.

Berdasarkan latar belakang tersebut, mungkin beberapa Tips Melindungi Ponse Smartphone dari Malware berikut ini bisa berguna sebagai pengetahuan untuk kamu coba.

Cara Melindungi Ponsel Smartphone dari Malware


1. Download Aplikasi dari Sumber Terpercaya

Download Aplikasi dari Sumber Terpercaya

Info Teknologi Pilihan : 
Tindakan utama yang dapat kamu lakukan untuk melindungi smartphone dari malware tentunya dengan berhati-hati ketika mengunduh aplikasi.

Download aplikasi paling baik dan aman contohnya dari sumber terpercaya seperti Google Play Store dan bukan dari website yang menyediakan aplikasi dengan modifikasi full version.

Pada dasarnya sebagian besar program malware menargetkan pengguna ponsel Android yang rentan secara spesifik pada bagian sistem tertentu maka karena itu dapatkan aplikasi dari sumber yang jelas.

Paling penting sebelum mengunduhnya kamu harus mencari tau apakan developernya terpercaya atau tidak misalnya bisa kamu pelajari tentang pengembang dan aplikasi lain yang telah mereka buat.

Kamu bisa membaca ulasan profesional dan testimoni dari orang yang sudah menginstallnya untuk melihat apakah ada kekurangan atau bug dalam aplikasi dan jangan lupa membaca detail untuk melihat sesuatu mencurigakan dalam deskripsi aplikasi tersebut.

2. Pakai Kata Sandi

Pakai Kata Sandi

Pada dasarnya tujuan utama dari dibuat dan di sebarkannya malware adalah untuk mengganggu operasi atau bisa juga mengumpulkan informasi pribadi maka karena itu salah satu langkah yang dapat diambil untuk melindungi smartphone dari sumber luar adalah dengan mengatur kata sandi.

Kemudian juga sangat disarankan untuk menggunakan fitur Double protect juga lebih disarankan seperti pemindaian sidik jari atau face unlock dan ditambah kode sandi menggunakan angka atau kata.

Mungkin menggunakan password dan double protect bukanlah perlindungan malware tetapi cara ini adalah perlindungan spyware dan cara yang bagus untuk bertahan melawan intrusi.

3. Selalu Update Security dan Gunakan Antivirus

Selalu Update Security dan Gunakan Antivirus

Mungkin sebagian besar para"pengguna" awam dari androin mengatakan kalau "android tidak bisa kena virus jadi tidak perlu pasang anti virus" pernyataan ini tidak 100% benar.

Memang pada dasarnya android tidak bisa terserang virus "tertentu" tapi perlu kamu sadari dengan berkembangnya teknologi maka varian virus akan berkembang terutama jenis malware dari pihak tak bertanggung jawab.

Karena itu fungsi memasang antivirus dan selalu mengupdate security bukan hanya karena virus tetapi juga menjadi proteksi tambahan untuk menangkal adanya malware yang menyusup.

Penutup Melindungi Ponsel Smartphone dari Malware


Itulah beberapa tips dan cara untuk Melindungi Ponsel Smartphone dari Malware yang bisa admin bagikan untuk kamu, paling penting sadarilah dengan berkembangnya sistem maka jenis malware akan berkembang jadi selalu update seccurity dan hanya unduh aplikasi dari sumber terpercaya.