Begini Cara nya Hemat Daya Baterai HP Ponsel Android Kalau Tinggal Sedikit Atau LowBat

Bagaimana caranya hemat Daya baterai hp smartphone android tentu perlu kita lakukan apa lagi kalau misalnya sedang berada di kondisi jauh dari colokan listrik, mengingat pasti kita nanti butuh melakukan satu dua panggilan mendesak lainnya atau mungkin harus menghubungi seseorang lewat aplikasi chat.

Kondisi baterai android yang tinggal sedikit atau lowbat ini kadang bikin was was dan gelisah apalagi kalau tidak bisa segera melakukan pengisian daya, maka dari itu kita sebagai pengguna ponsel harus tau beberapa tindakan dan tips yang bisa kita lakukan untuk lebih menghemat baterai jika dayanya sudah tinggal sedikit agar bisa sampai nanti ke waktu longgar untuk ngecas hp.

Kondisi seperti ini mungkin terjadi Ketika baterai ponsel anda sudah menunjukkan kapasitas yang tinggal sedikit dan kita sedang berada dalam perjalanan atau mungkin tidak bisa keluar dari suatu tempat karena masih ada urusan sehingga tidak dapat segera melakukan pengisian daya, jelas bikin binung kan ?

Padahal kita juga masih membutuhkan ponsel, mungkin nanti ada yang akan kita hubungi setelah urusan ini selesai, tentu penting untuk menjaga ponsel kita agar tidak segera mati karena kehabisan baterai, irit batrei ini penting sangat ya.

Jangan panik dulu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat daya baterai yang mulai sedikit, ya paling tidak agar bisa bertahan hingga bisa ketemu waktu untuk nge cas.

Arunapasman baca – baca dari laman resmi Google, ternyata ada beberapa tips yang bisa kita lakukan sendiri untuk menghemat daya baterai ponsel yang tinggal sedikit, dan tentu hal ini cukup penting untuk diketahui.

Cara Hemat Daya Baterai HP Android Kalau Tinggal Sedikit Atau LowBat

Cara Hemat Daya Baterai HP Kalau Tinggal Sedikit Atau LowBat

1. Wajib Aktifkan penghemat baterai atau mode daya rendah

Langkah pertama cara hemat daya baterai hp ponsel android yang bisa kita lakukan yaitu mengaktifkan fitur hemat baterai atau mode daya rendah, ya beberapa ponsel Android memang sudah dilengkapi dengan penghemat baterai atau mode daya rendah ini.

Fitur ini memberikan setelan ponsel yang bisa membantu daya baterai bertahan lebih lama, kalau kamu mau cek fitur ini bisa akses informasi atau web dari smartphone yang sedang kamu gunakan, tinggal cari aja merk nya dan fitur yang diberikan.

2. Jangan Biarkan Layar Terus Menyala

Yap, Layar yang tetap menyala akan terus menguras daya baterai pada ponsel, maka dari itu untuk menghemat baterai maka sebaiknya hindari aktivitas yang cukup intens pada perangkat yang mengharuskan layar tetap hidup seperti menggunakan navigasi untuk waktu yang lama, menonton video. Kemudian hindari memainkan game dengan grafis yang berat, sebaiknya matikan semua aplikasi yang sedang dipakai karena nanti kita butuh untuk koneksi.

3. Kurangi dan Hindari pemakaian koneksi Internet

Cara hemat baterai android yang paling terlihat efeknya yaitu dengan mematikan koneksi Internet, ya koneksi internet memang banyak sekali memakan daya baterai dan sebagian besar fungsinya mengaruskan untuk layar ponsel tetap menyala, jadi sebaiknya menghindari penggunaan internet karena ini juga merupakan faktor yang dapat dengan cepat memeras daya pada baterai, dan bisa kita hidupkan lagi nanti kalau sudah butuh koneksi lagi.

Jangan juga men tether ponsel (hotspot) pada orang lain, atau internet yang menggunakan GPS untuk waktu yang lama, streaming video atau music serta melakukan panggilan telepon saat bepergian, seperti di dalam mobil, hal – hal ini banyak menggunakan daya baterai.

4. Cobalah Untuk Hindari tindakan yang memproses banyak informasi

Maksudnya begini, semisal kita edit foto atau mungkin browsing dengan banyak tab atau streaming video, hal ini akan membuat daya baterai cepat terkuras, karenanya jika baterai hp tinggal sedikit cobalah untuk seminimal mungkin melakukan hal-hal tersebut. Sebaiknya jangan menggunakan kamera terlalu sering, memainkan game yang sangat interaktif, atau menggunakan aplikasi untuk waktu yang lama.

5. Hindari pemakaian lokasi kalau tidak dibutuhkan

Kadang Penggunaan koneksi dan mengaktifkan lokasi pada ponsel bisa hidup secara otomatis atau memang kita juga sering mengaktifkannya secara manual, hal ini juga merupakan hal yang dapat memeras daya baterai. Jadi untuk menghemat daya, kamu bisa mematikan fungsi lokasi jika tidak dibutuhkan secara manual dan menghidupkannya nanti ketika memang harus menggunakannya semisal ingin memesan ojek online atau memberitahukan lokasi kamu pada seseorang.

6. Bisa Mengaktifkan mode Pesawat

Mode pesawat akan sangat menyelamatkan sisa daya baterai kamu, karena akan mematikan berbagai fungsi koneksi, seperti akses internet, wifi, bluetooth dan Lokasi. Sementara saja untuk menghemat daya baterai.

7. Jangan Mematikan Ponsel

Secara logika memang mematikan ponsel smartphone akan sangat menghemat baterai yang tersisa, namun itu berlaku kalau kita tidak membutuhkan ponsel tersebut dalam waktu yang lama atau mungkin akan menggunakannnya setelah sampai rumah nanti, kalau kemungkinan butuh smartphone dalam waktu dekat maka sebaiknya jangan dimatikan, karena nanti ketika menghidupkannnya akan memakan lebih banyak daya.

8. Pertimbangkan Bawa PowerBank

Poin terakhir untuk menjadi penyelamat di kondisi seperti ini tentu saja dengan mempertimbangkan membawa sumber daya portable atau sekarang ini kita sebut dengan powerbank. Sangat penting juga untuk memiliki sumber daya portable apalagi kalau banyak aktifitas yang dilakukan diluar rumah. Saran dari arunapasman jika kamu sedang mencari powerbank, maka belilah yang merk internasional, mahal sedikit tidak masalah yang penting kualitasnya bagus.

Jika Daya Baterai HP Android Rendah

Mungkin itulah beberapa tips dan tindakan yang bisa kita lakukan untuk menghemat Daya Baterai HP Android yang Tinggal Sedikit atau lowbat dan lupa bawa powerbank. Saran arunapasman sih sebaiknya bawa powerbank, karena powerbank ini sangat membantu ketika kita bertemu dengan kondisi seperti ini. Semoga bisa membantu.