Cara Membersihkan RAM Hp Smartphone Kalau Sudah Terasa Lemot Agar Enteng Kembali

Cara Membersihkan RAM Hp Smartphone. Ketika ponsel android terasa lambat dan lemot bisa jadi karena RAM Hp nya terpakai hampir penuh dan banyak file-file yang mempenuhi memori ponsel kita.

Cara Membersihkan RAM Hp Smartphone Android Agar Tidak Penuh kadang perlu diperhatikan dan dilakukan agar ponsel senantiasa bekerja dengan lancar, begitu juga tentang memori internal hp, semakin besar yang diberikan pabrik pasti akan penuh juga.

Notifikasi yang muncul biasanya tentang memori Internal smartphone yang sudah hampir penuh, tetapi untuk RAM hampir tidak ada ponsel yang memunculkan notifikasinya hanya saja ponsel akan terasa lambat dan nge-lag ketika membuka banyak aplikasi.

Berikut ini Arunapasman merangkum beberapa Cara Membersihkan RAM Hp Smartphone Android Agar Tidak Penuh, dan juga tips untuk melegakan memori internal ponsel sehingga bisa bekerja lancar kembali.

Cara Membersihkan RAM Hp Smartphone Android

Cara Membersihkan RAM Hp Smartphone Android

1. Cek Penggunaan Memori Dan Hapus Yang Tidak Penting

Sebelum bersih-bersih, hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu mengecek penggunaan memori entah itu memori RAM ataupun memori Internal. Disarankan kamu pakai aplikasi download dari playstore saja seperti Disk Info dan sebagainya jadi kamu akan tau berapa internal dan RAM yang digunakan.

Tips pertama ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan RAM dan Internal ponsel yaitu dengan menghapus aplikasi yang tidak penting dan sudah jarang dipakai. Kada ada aplikasi yang sudah tidak terpakai tapi tetap memiliki proses yang berjalan di latar belakang, tentunya akan memenuhi RAM Hp dan juga internal ponsel.

Hapus semua aplikasi yang tidak dibutuhkan dan tidak digunakan sehingga pada smartphone hanya ada aplikasi yang sering digunakan saja, tindakan ini akan cukup membersihkan RAM dan juga memori Internal Smartphone.

2. Gunakan Mode Disable Apps

Kemudian untuk aplikasi yang tidak bisa diuninstall mungkin karena bawaan sistem, pilihannya kamu bisa menonaktifkan aplikasi atau mendisable apps tersebut. Tapi sebelum di disable lebih baik di uninstall updatenya dulu sehingga memori dari aplikasi hanya besaran memori aplikasi bawaan saja.

Dengan menonaktifkannya maka proses dari aplikasi yang berjalan di latar belakang akan juga akan berhenti. Menghapus updatenya atau memori chache nya bisa untuk melonggarkan memori internal ponsel.

Kamu harus hati-hati dalam hal ini karena tidak semua aplikasi boleh di nonaktifkan, yang jelas jangan lakukan jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi sistem.

Caranya mudah tinggal masuk ke Settings - cari menu Apps, berikutnya urutkan dari yang paling besar memakan memori kemudian klik aplikasi tersebut dan klik disable. Kedua cara ini seharusnya sudah cukup membersihkan RAM dan ponsel yang kamu gunakan.

3. Pakai Aplikasi RAM Booster

Selanjutnya kamu harus mengunduh dan menginstall aplikasi RAM Booster dari Google Play Store untuk meningkatkan efektivitas memori RAM Hp. Nama aplikasinya terserah yang penting dari official resmi seperti Clean Master, CCleaner, DU Speed Booster dan banyak lagi. Dengan aplikasi-aplikasi ini kamu juga bisa membersihkan file sampah serta chace yang tidak penting dari sistem.

4. Matikan Live Wallpaper dan Tema Tambahan

Live Wallpaper dan menggunakan Tema tambahan bukan tema bawaan jelas akan memberatkan dan menghabiskan RAM cukup banyak. Memang tampilan standar itu membosankan, tapi untuk peforma sangatlah disarankan menggunakan tema dan wallpaper bawaan saja.

Untuk meringankan penggunaan memori RAM Hp lebih baik jangan gunakan live wallpaper, tema tambahan / tema pihak ketiga dan extensive widgets tambahan lainnya, gunakan bawaan ponsel saja.

5. Matikan Animasi dan Transisi

Tampilan ponsel dengan animasi slide dan transisi memang membuat terlihat keren, namusn sayangnya hal tersebut banyak membutuhkan memori RAM sehingga aplikasi hanya kebagikan sedikit dan hp jadi lambat. Kamu bisa mematikan animasi dan transisi yang tidak perlu untuk melegakan penggunaan RAM.

Untuk menonaktifkan atau disable app transisi dan animasi bisa mengaturnya pada eveloper options, tapi kalau transisi itu bawaan ponsel dari awal lebih baik biarkan saja.

Tips Membersihkan Memori Internal Hp Smartphone Android

Tips Membersihkan Memori Internal Hp Smartphone Android

1. Hapus Cache Aplikasi Yang Tidak DIgunakan

Selain membersihkan RAM, kamu juga sebaiknya membersihkan chace aplikasi yang tidak digunakan agar lebih melegakan memori internal smartphone. Untuk menghapus chace Aplikasi di Hp android kamu bisa klik pengaturan - penyimpanan - dan hapus data yang disimpan dalam cache, atau cek per aplikasi dan hapus chace nya secara manual.

2. Bersihkan File-File Download

Mungkin kamu suka download gambar foto atau film dan apk, maka bersih bersih file download tersebut sangat disarankan. Semakin banyak file download yang ada maka akan semakin besar penggunaan memori internal ponsel.

Kamu bisa membersihkannya langsung lewat album galeri dan juga bisa menghapusnya lewat browser yang digunakan untuk download, tinggal buka browser cari tab download dan hapus beserta file satu per satu.

3. Pindahkan File Foto

Foto-foto di smartphone android jelas sangat bisa membuat internal cepat penuh, apalagi malas sekali kan untuk menghapus semuanya.

Tapi perlu kamu tau membersihkan foto-foto yang tidak penting bisa melegakan memori internal ponsel, setelah itu kalau sudah sisa file foto atau video yang penting bisa pindah ke memori eksternal.

Atau kamu juga bisa menyimpannya pada aplikasi yang tersedia di Google store seperti Google photo dan sebagainya.

4. Gunakan MicroSD Untuk Data APlikasi

Memang ada aplikasi terntentu yang memori file nya sangat besar ketimbang memori dari installan apknya misalnya facebook atau instagram, karena itu kamu bisa menggunakan micro SD untuk menyimpan file tambahan dari aplikasi tersebut.

Jika ada aplikasi yang bisa dipindahkan ke memori ekseternal ama akan muncul tombol pindahkan ke kartu SD, aplikasi yang muncul tombol ini bisa kamu pindahkan semuanya, jangan lupa gunakan micro SD yang memiliki kecepatan read and write tinggi.

Penutup Cara Membersihkan RAM Hp Smartphone Android

Itulah beberapa Cara Membersihkan RAM Hp Smartphone Android dan juga tips untuk membersihkan dan melegakan memori internal ponsel. Lebih baik lakukan hal ini secara rutin misal sebulan sekali agar ponsel smartphone kamu tetap bekerja dengan lancar.