Alasan Power Bank dan Cas HP Murah itu Tidak Ada yang Bagus

Kamu sering cari barang termasuk powerbank dan cas HP yang murah karena tergoda promo ? Percayalah, harga sebanding lurus dengan kualitas.

Mungkin kamu menyangkal kalau semua barang tersebut buatan pabrik, yang notabene untung-untungan siapa tau dapat barang kualitas bagus, ini salah besar.

Arunapasman akan memberikan sedikit ulasan kenapa kamu harus menghindari promo-promo powerbank murah, dan lebih baik beli yang berharga mahal sekalian.

Kenapa Power Bank dan Cas HP Murah itu Tidak Ada yang Bagus

Kenapa Power Bank dan Cas HP Murah itu Tidak Ada yang Bagus

Coba kamu pikirkan sekali lagi dengan baik-baik dan menggunakan logika, apakah di masa sekarang ada barang dengan harga murah tapi punya kualitas yang bagus ?

1. Material Bahan

Mungkin gak kalau harga barang yang dijual dengan harga murah bisa memakai material dengan harga mahal ? Sudah pasti gak kan?

Gambaran sederhananya seperti itu, jadi sudah bisa menjadi jaminan bahwa powerbank atau cas HP dengan harga murah pasti material pembuatannya menggunakan bahan yang biasa-biasa saja.

2. Pajak Industri

Soal ini semua sudah pasti paham kalau setiap barang yang dijual dimanapun ditoko pasti ada pajaknya. Selain pajak penjualan toko juga ada yang namanya pajak industri.

Artinya banyak sekali potongan-potongan harga dari harga yang kita beli sekarang sampai harga modal produksinya yang real.

3. Modal Produksi

Lanjutan dari point ke 2, modal produksi yang dimaksud yaitu harga barang tersebut, Powerbank atau cas HP ketika keluar dari pabrik.

Melihat contoh Powerbank dengan harga 50.000 rupiah berkapasitas 8000Mah (kita tahu kapasitas tersebut tidaklah real, karena harga tidak sebanding) melewati potongan-potongan nilai harga barang mulai dari pabrik-distributor-sales-toko-baru kemudian anda, kira-kira modal produksinya berkisar antara 30%-45% dari nominal harga beli anda sekarang.

Bisa disimpulkan jika membeli powerbank dengan harga 50.000rupiah maka sebenarnya modal produksi powerbank tersebut hanya 20-25ribu rupiah saja. Lantas bagaimana bisa menjual kualitas dengan nilai 20ribuan.

4. Keuntungan Perusahaan sampai Toko

Sudah pasti yang namanya jual beli seharusnya mencari untung. Perlu kamu tau siklus perjalanan powerbank yang kamu beli mulai dari pabriknya sebelum melihat pengurangan harga karena keuntungan penjual.

Barang diproduksi di pabrik (tentunya pabrik menambahkan harga untuk keuntungan) - kemudian ke distributor aksesoris (distributor juga ambil untung) - kemudian barang dibawa sales untuk dikirim ke toko (sales juga ambil untung) - setelah sampai toko terkena pajak penjualan 10% dan untuk keuntungan toko - dari barang yang anda beli.

Mulai terbayangkan berapa sebenarnya harga powerbank tersebut jika harga jualnya saja senilai 50ribu rupiah?

5. Tangan ke Berapa ?

Maksud dari tangan keberapa sebenarnya sudah dideskripsikan pada point ke-4, hanya saja posisinya kan bisa lebih panjang.

Posisi paling baik pastinya berada di tangan ke-3 yaitu pabrik - distributor - langsung toko, tapi akan sangat sulit sekali mendapati toko pihak ke-3 kecuali produk resmi.

Jadi semakin banyak melewati perantara entah distributor ataupun sales pastinya mereka mengambil nilai keuntungan sendiri utnuk barang tersebut.

6. Nilai Barang Sebenarnya Pada Tahap Produksi

Sekali lagi ada baiknya kalau kamu mempelajari proses distribusi barang sampai ke tangan konsumen sehingga paham betul pemangkasan harga yang terjadi sampai kepada pembeli.

Secara umum nilai harga powerbank dan Charger HP setelah dari proses produksi hampir sama yaitu berkisar antara 30%-45% dari harga jual di toko.

Nilai tersebut adalah harga sebenarnya dari PB dan cas ketika keluar dari ruangan produksi, setelah itu kamu harus mampu memetakan perjalanan barang dengan berbagai potongan-potongan harganya.

Bagaimana cara Mencari Power Bank dan Cas HP yang Bagus

Saran saja ketika kamu ingin membeli powerbank atau charger, jangan sampai tergiur harga murah dengan meriahnya label promo.

Pastikan ketika kamu Mencari Power Bank dan Cas HP yang Bagus, carilah ke toko resmi yang menjual satu merk powerbank saja dan melayani garansi resmi di toko tersebut.

Biasanya pemetaan perjalanan barang lebih singkat. Sehingga dengan harga yang cukup mahal kamu akan dapat barang dengan kualitas yang sangat bagus.