Cara Mengatasi SIM Card Ponsel Smarphone Tidak Terbaca

Cara mengatasi SIM Card ponsel smartphone tidak terbaca pada umumnya tidak sulit-sulit amat, tetapi tentu hal ini tergantung dari penyebabnya juga, kalau memang yang rusak ada di hardware nya ya tetap saja harus di servis.

Ketika sedang menggunakan hp atau ponsel smartphone dan tiba-tiba SIM Card tidak terbaca pasti sangat menimbulkan masalah karena konektifitas terganggu, sehingga kita tidak bisa internetan, telpon dan menerima sms.

Kondisi SIM tidak terbaca akan bisa mengganggu fungsi jaringan selulernya, karena itu mungkin kamu bisa coba beberapa cara mengatasi kalau SIMB Card tidak terbaca dari Arunapasman berikut ini.

Penyebab SIM Card Tidak Terbaca

Penyebab SIM Card Tidak Terbaca

Kejadian kartu SIM tidak dapat terbaca kadang terjadi sendiri dan penyebabnya cukup beragam, paling dominan karena usia SIM yang sudah lama dan harus diganti SIM baru.

SIM card yang lama akan mengalami degradasi pada material plastik dan bagian kuningannya, disisi lain mungkin juga karena faktor dari kerusakan ponsel itu sendiri akibat di lepas pasang SIM setiap waktu.

Cara Mengatasi Kartu SIM Card Tidak Terbaca

1. Cobalah Membersihkan SIM Card

Langkah pertama yang bisa kamu coba jika terjadi SIM card tidak terbaca yaitu dengan membersihkannya dengan penghapus karet.
  1. Pertama lepas SIM dari ponsel kamu
  2. Bersihkan debu debu yang menempel
  3. Gunakan penghapus karet atau penghapus kertas untuk menggosok ke bagian kuningan SIM
  4. Dan coba lagi masukkan ke ponsel
Jika SIM car terbaca kembali dan bisa digunakan maka selamat, itu hanya masalah yang mudah. Tapi jika tetap tidak terbaca, kemungkinan besar ada masalah yang lebih serius.

2. Lakukan Atur Ulang Jaringan

Berikutnya untuk mencoba agar tau yang rusak SIM atau slot SIM pada ponsel adalah dengan mengatur ulang jaringan, mungkin saja kondisi SIM tidak terbaca karena ada masalah dari operator seluler sendiri.
  • Kamu bisa menggunakan pengaturan otomatis untuk mengatur jaringan
Namun untuk mencobanya lebih baik gunakan cara maual terlebih dahulu dengan langkah sebagai berikut :
  1. Buka menu Settings
  2. Pilih Network & Internet
  3. Pilih Mobile Network
  4. Pilih Acess Point
  5. Atur APN secara manual dan gunakan APN rekomendasi dari tiap operator
Cara ini akan memberikan petunjuk apa yang harus kamu lakukan berikutnya.
  • Kalau jaringan muncul maka bisa jadi memang operator sedang error
  • Kalau masih tidak muncul, maka kemungkinan SIM rusak atau slot Sim yang rusak
Berikutnya kamu harus lakukan test ulang lagi jika memang masih tidak muncul jaringan dari SIM yang kamu gunakan.

3. Coba Beli SIM Card Baru

Bukan untuk ganti SIM, melainkan untuk mencoba saja. Jika beli sim card baru dan memasukkannya kedalam ponsel kemudian jaringan muncul maka FIX yang rusak adalah SIM Card kamu dan harus ke Gerai operator untuk mendapatkan ganti SIM baru.

Kalau masih tidak muncul maka bisa jadi yang rusak adalah SLot SIM card ataupun karena masalah sistem dari smartphone yang digunakan.

4. Coba Untuk Membersihkan Cache Smartphone

Bisa jadi sim card tidak terbaca karena ada masalah dari menumpuknya file chache pada smartphone yang jarang sekali dipersihkan.

File-file sampah atau chache ini bisa mempengaruhi kinerja sistem, maka dari itu tidak salah kalau mencoba membersihkan file-file sampah pada hp yang sedang digunakan dengan aplikasi Cleaner dsb.

Kalau masih tidak bisa dan tidak muncul jaringan maka bisa dipastikan ada yang rusak dari Sistem operati atau memang karena ada kerusakan Hardware.

5. Lakukan Factory Reset Android

Cara yang bisa dilakukan terakhir jika semua cara diatas tidak mengatasi SIM Card tidak terbaca.

Factory reset Android bertujuan untuk mengembalikan sistem dan operating system ke setelan pabrik seperti waktu awal membeli ponsel.

Kalau bisa lakukan sendiri ya langsung coba saja dengan cari tutorialnya di internet, kalau tidak bisa langsung saja ke tempat servis dan katakan kalau SIM tidak terbaca.

Apabila setelah Factory reset ternyata jaringan masih tidak muncul maka bisa dipastikan kalau ada kerusakan hardware.

Pada posisi ini pilihan kamu hanya ada 2 yaitu :
  • Beli ponsel smartphone baru, atau
  • Service di bagian SIM card tidak terbaca atau bagian kerusakan lain
Sebelum men-factory reset, lebih baik back up dulu file-file penting pada smartphone kamu, karena langkah ini akan menghapus semua file-file tambahan dari memori internal.

Penutup Cara Mengatasi SIM Card Ponsel Tidak Terbaca

Sebagai penutup, kalau semua Cara Mengatasi SIM Card Ponsel Tidak Terbaca diatas masih tidak berfungsi berarti terjadi kerusakan hardware yang cukup parah pada ponsel kamu. Saran terbaik sih beli smartphone baru saja.