Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendukung Daur Ulang Sampah Sendiri di Rumah

Mendukung Daur Ulang Sampah Sendiri di Rumah

Arunapasman.com - Melakukan daur ulang sampah secara pribadi dan mandiri dirumah bisa menjadi salah satu tindakan yang mempu menjaga kelestarian lingkungan dan keberlangsungan ekosistem.

Proses daur ulang sampah sendiri dirumah juga sangat disarankan untuk mendukung dan mengurangi beban sampah yang kian menumpuk, maka dari itu sangat disarankan untuk kita memiliki kepedulian lingkungan dan mendukung daur ulang sampah mandiri.
Teknik yang digunakan untuk mendukung daur ulang sampah dirumah tidak perlu alat khusus dan besar, hanya memisahkan dan mengelompokkan sampah tertentu sehingga sampah yang bisa di daur ulang dapat langsung dikirim ke tempat proses.

Tips Daur Ulang Sampah Sendiri di Rumah


1. Mengurangi Konsumsi Barang Recycle

Pertama jelas kita bisa mengurangi konsumsi atau penggunaan barang yang semakin banyak menghasilkan sampah sulit hancur seperti plastik dan sebagainya karena semakin banyak sampah plastik yang digunakan maka semakin sulit untuk diurai dan merusak lingkungan.

Sebagai gantinya lebih baik gunakan barang yang ramah terhadap lingkungan yang aman dan mudah terurai ketika nanti dibuang.

2. Pisahkan Sampah Berdasarkan Jenisnya

Kemudian pisahkan saja sampah pada tempat sampah berdasarkan jenisnya seperti sampah khusus sampah basah, sampah kering, sampah organik dan non-organik sehingga kita akan lebih mudah jika ingin mengirim sampah tersebut ke tempat daur ulang.

3. Gunakan Barang Yang Bisa Digunakan Kembali

Manfaatkan barang-barang yang bisa digunakan berkali kali misalnya tas hingga botol minuman atau alat makan tertentu ataupun digunakan sebagai bahan keperluan lainnya kemudian jika ada barang rusak lebih baik coba diperbaiki dahulu sebelum beli baru atau dibuang.

4. Gunakan Plastik Yang Dapat di Daur Ulang

Perlu kamu tau kalau tidak semua plastik itu sama berdasarkan simbol yang ada pada wadah plastik, usahakan sering menggunakan plastik yang bisa di daur ulang karena memang ada beberapa sampah plasting yang tidak bisa didaur seperti tas bahan makanan, pembungkus permen hingga pembungkus gelembung.

5. Gunakan Tempat Sampah Khusus

Masukkan sampah yang bisa didaur ulang ke tempat kardus besar atau berbahan karton dan lebih baik gunakan tempat sampah khusus untuk plastik, kaca hingga logam dan jangan dimasukkan ke kantong sampah yang sama.

6. Bersihkan Sampah Daur Ulang

Pada posisi ini seharusnya sampah sudah terpisah antara yang bisa di daur ulang dan yang tidak, setelah ini bersihkan sampah yang bisa di daur ulang untuk menghilangkan kotornya sehingga bahan daur ulang benar benar bersih barulah dibuang ke tempat lokasi daur ulang.

7. Khusus Elektronik Lepaskan Baterai

Ketika ada sampat perangkat elektronik kecil atau yang menggunakan baterai maka lepaskan dulu baterainya dan tempatkan sendiri ke kotak khusus kemudian tanyakan ke tempat daur ulang tentang bagaimana cara terbaik membuang baterai tersebut.

Beberapa tips yang bisa mendukung daur ulang sampah sendiri dirumah akan bisa memberikan efek positif ke lingkungan sekitar, dan semoga kesadaran daur ulang sampah sendiri bisa dilakukan oleh semua orang demi kelestarian ekosistem.