Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Cara Mendesain Ruang Tamu Sempit

Tips dan Cara Mendesain Ruang Tamu Sempit

Arunapasman.com - Kalau kamu memiliki rumah yang berukuran kecil maka tips dan cara mendesain ruang tamu sempit berikut ini bisa jadi referensi tambahan agar terkesan lebih lega.

Memang untuk beberapa orang menginginkan rumah berukuran besar tetapi dibagian lain ada juga orang-orang yang suka dengan rumah berukuran kecil ataupun minimalis.

Tips Properti pilihan :
Nah rumah minimalis ini pasti memiliki sentral ruang tamu yang berukuran sempit pula, karenanya ada beberapa tips yang bisa lakukan untuk mendesainnya agar terlihat lebih lega.

Cara Desain Ruang Tamu Sempit


1. Gunakan Sofa Panjang

Referensi dan sarang pertama untuk ruang tamu berukuran kecil bisa dengan menggunakan sofa berukuran panjang untuk menjadi fokus pandangan mata agar terlihat lebih luas.

Kesan yang muncul akan menjadi terlihat lapang dan dapat memuat banyak orang, sesuaikan saja ukuran panjang sofa dengan panjang dinding ruang tamu.

2. Gunakan Cat Dinding Warna Putih

Khusus rumah minimalis sebaiknya menggunakan warna dinding putih yang memberikan kesan khas rumah bergaya dan nuansa simpel, lagipula warna putih dan cerah ini akan memberikan aksen kesan lapang dan ruangan terlihat lebih luas.

3. Pakai Efek Cermin

Aksesoris untuk ruang tamu agar tampak lega bisa dengan meletakkan cermin yang besar di sudut strategis di seberang jendela dan bisa juga meletakkan lebih dari satu cermin agar mendapatkan efek pantulan cahaya, tapi jangan terlalu banyak juga 2-3 sudah cukup.

4. Jangan Gunakan Gorden Besar

Pada bagian jendela sebaiknya hindari penggunaan gorden besar dan tertutup karena akan memunculkan ruang nampak sempit dan sangat disarankan untuk membuka jendela lebar-lebar agar sinar dari luar mudah masuk.

Kalau ingin mendekorasi jendela lebih baik gunakan gorden yang tipis dan simpel jadi akses jendela terbuka lebih dominan daripada gorden itu sendiri.

5. Aksesoris Simpel dan Minimalis

Selanjutnya tips dan cara mendesain ruang tamu sempit yang paling bagus yaitu menggunakan aksesoris atau furnitur tambahan pada sudut-sudut yang berkarakter simpel serta minimalis tapi elegan tanpa menghabiskan banyak tempat.

Jangan terlalu ramai, gunakan saja seperlunya misalnya 2 set rak hiasaj sudut yang simpel dan lebih cocok tambahkan sedikit nuansa natural dengan pot atau tumbuhan alami yang berukuran kecil.