Survei Operator Terbaik di Indonesia Versi Opensignal 2020-2021

Survei Operator Terbaik di Indonesia Versi Opensignal 2020-2021

Arunapasman.com - Sedikit info tentang Operator Terbaik di Indonesia berdasarkan firma riset mobile analitik Opensignal yang beberapa bulan kemarin mengumumkan daftar operator paling oke berdasarkan kecepatan internet hingga ketersediaan 4G di nusantara.

Opensignal melakukan analisa berbagai pengalaman jaringan seluler di Indonesia dengan operator yang di test yaitu ada Telkomsel, Tri, Indosat Ooredoo, Smartfren, dan XL Axiata selama 90 hari pada 1 Agustus 2020 yang lalu. 
Berdasarkan hasil test tersebut operator Telkomsel masih unggul di sebagian besar kategori riset Opensignal yaitu pada pengalaman video, kecepatan unduh, kecepatan unggah hingga cakupan 4G di hampir semua kota besar.

Namun untuk pengalaman bermain game dan pengalaman aplikasi suara ternyata pemegang juaranya ada pada operator Hutchison 3 Indonesia (Tri) jadi jawaranya kemudian disusul Smartfren pada kategori ketersediaan 4G.

Akhirnya Telkomsel kembali mendominasi dengan mendapatkan 4 penghargaan pengalaman jaringan seluler untuk Indonesia karena secara jumlah menang dua kali lebih banyak yang didapatkan operator lain.

Tentu penilaian ini bersifat dinamis karena perator seluler lainnya akan meningkatkan kualitas koneksi serta layanannya sesuai yang dijelaskan oleh OpenSignal dimana Indosat dan Tri yang sebelumnya berada pada peringkat Fair kini sudah sejajar di level Good dengan Telkomsel.

Dilansir dari laman Opensignal, Berdasarkan hasil laporan dari tabel penghargaan jaringan seluler di Indonesia versi Opensignal Juli 2020 terlihat operator Tri memiliki kemajuan pesat pada pengalaman bermain game dan aplikasi suara.

Disisi lain khusus jaringan 4G operator Smartfren juga memiliki kemajuan yang cukup terlihat tetapi pada kategori tertentu masih butuh Peningkatan.

Melihat hasil ini bisa dikatakan kalau hasilnya masih belum banyak perubahan karena yang terbaik tidak berubah dari periode sebelumnya yakni operator Telkomsel, dan di kota-kota besar untuk pengalaman bermain game yang bagus mungkin memang terasa Tri lebih lancar.