Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Cek Bantuan Kuota Kemendikbud Untuk Telkomsel, XL, Axis, dan Tri

Begini Cara Cek Bantuan Kuota Kemendikbud Untuk Telkomsel, XL, Axis, dan Tri

Arunapasman.com - Pada bulan ini bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud untuk pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen mulai diberikan dan begini Cara Cek Bantuan Kuota Kemendikbud Untuk Telkomsel, XL, Axis, dan Tri.

Kuota belajar bantuan gratis dari Kemendikbud sudah dimulai dari hari Selasa tanggal 22 September 2020 yang lalu dan berdasarkan rencana penyalurannya akan diberikan secara bertahap dari bulan September ini sampai nanti akhir Desember.

Kalau kamu ingin tau berapa rincian kuota belajar yang didapatkan berikut Cara Cek Bantuan Kuota Kemendikbud Untuk pengguna Telkomsel, XL, Axis, dan Tri.

Cara Cek Bantuan Kuota Belajar Telkomsel, XL, Axis, dan Tri


Cara Cek Bantuan Kuota Belajar Telkomsel

Bantuan kuota internet Kemendikbud pada operator Telkomsel ini diberikan untuk pelajar atau mahasiswa dan pengajar dari sekolah atau universitas yang sudah terdaftar di Data Pokok Pendidikan.

Dan tentang status pendaftaran tersebut apakah sekolah atau data kamu telah tercatat dalam Dapodik atau belum maka kamu sebagai pelajar atau mahasiswa bisa menghubungi admin atau perwakilan sekolah dan kampus kamu. 

Baca juga : Kini Telkomsel Punya Kuota Ketengan Varian Unlimited Mulai 3 ribu-an

Nah jika data kamu sudah terdaftar nanti akan menerima pesan SMS pemberitahuan dari Telkomsel yang berisi pesan bahwa nomor kamu sudah terdaftar dan perkembangan update selanjutnya.

Cara Cek Bantuan Kuota internet untuk Belajar Telkomsel dapat diakses melalui kode dial *888# atau langsung cek rincian kuota pada aplikasi MY Telkomsel, saran saja sih menggunakan aplikasi MyTelkomsel karena melihat rincian kuotanya lebih mudah.

Sebagai informasi tambahan kuota data internet dari Kemendikbud tidak akan memengaruhi kuota lain yang kamu miliki atau secara mudahnya kuota data internet dari Kemendikbud dapat dapat digunakan bersama paket kuota data lainnya dari Telkomsel.

Cara Cek Bantuan Kuota Belajar Tri

Sama seperti Telkomsel, kamu sebagai pengguna kartu 3 (Tri) yang nomornya sudah didaftarkan di Dapodik oleh pihak sekolah dan kampus nantinya akan mendapatkan notifikasi melalui SMS yang berisi informasi jika nomor kamu telah terdaftar dan berhak mendapatkan bantuan kuota internet dari Kemendikbud.

Kemudian cara mengecek besaran bantuan kuota dari Kemendikbud dapat dilakukan secara detail melalui *123*10*3# atau langsung cek melalui aplikasi Bima+, kalau kamu tidak mau ribet tinggal gunakan aplikasi Bima+ saja.

Jika kamu termasuk pelajar atau mahasiswa tetapi belum mendapatkan bantuan maka dapat menanyakan permasalahan ini ke bagian administrasi sekolah atau kampus masing-masing. 

Baca juga : Kini di Aplikasi Bima+ Ada Fitur Marketplace

Pada operator seluler Tri bantuan kuota juga tidak akan memengaruhi kuota lain yang ada pada nomor pelanggan Tri yang artinya juga bisa digunakan bersamaan dengan paket internet yang lain.

Cara Cek Bantuan Kuota Belajar XL dan Axis

Kemudian untuk kamu pelajar dan mahasiswa pelanggan XL dan AXIS hampir semua langkah-langkah untuk mendapatkan kuota bantuan prosesnya sama dengan operator yang lain dan pengguna XL yang mendapatkan bantuan kuota berdasarkan pendataan penerima yang dilakukan Pusdatin Kemendikbud.

Jadi Pusdatin yang memfasilitasi masing-masing sekolah untuk mengumpulkan data dan setelah itu operator XL Axiata yang melakukan verifikasi nomor untuk memastikan tidak ada nomor yang invalid.

Barulah kemudian semua operator termasuk XL Axiata yang bertugas melaporkan status pemberian paket datanya ke Pusdatin sehingga nantinya penerima bantuan kuota akan menerima SMS notifikasi setelah paket bantuan kuota masuk ke nomor kamu.

Cara Cek Bantuan Kuota Belajar XL dan Axis sangat mudah hanya dengan mengunduh dan menginstall aplikasi myXL, disana kamu bisa melihat rincian lengkap dari kuota bantuan yang diberikan.

Baca juga : Paket Internet myPRIO X Unlimited XL untuk Pelanggan Pascabayar

Sedangkan untuk kamu sebagai pelanggan prioritas bisa mengecek bantuan kuota melalui aplikasi AxisNet dan kemudian cek paket Terus Belajar.

Jika ingin cek kuota belajar yang didapatkan dapat melalui UMB pada kode dial *123# pilih Info-Info Kartu XL ku-Info Cek Kuota-pilih paket Terus Belajar, setelah itu akan ada notifikasi detail rincian kuota yang dimiliki.

Sama seperti operator lainnya, kuota bantuan dari Kemendikbud tidak mempengaruhi kuota lain yang kamu miliki dan dapat digunakan bersamaan sesuai fungsi dan alokasi paket tersebut.

Rincian Bantuan Kuota Belajar Telkomsel, XL, Axis, dan Tri


Nah pembahasan selanjutnya yaitu fungsi kuota belajar dari Kemendikbud dapat digunakan untuk apa saja dan bagaimana skemanya?

Kuota bantuan internet gratis dari Kemendikbud terdiri dari kuota umum dan kuota belajar sebagai berikut,

Kuota umum adalah kuota utama yang dapat digunakan untuk mengakses semua situs, platform dan aplikasi.

Kuota belajar adalah kuota tambahan yang hanya dapat digunakan untuk mengakses situs dan aplikasi pembelajaran terpilih sesuai syarat dan ketentuan.

Berikut ini adalah rincian kuota bantuan internet gratis Kemendikbud yang diberikan kepada peserta didik PAUD, Sekolah dasar dan Menenah serta untuk Dosen dan Mahasiswa:

1. Bantuan Kuota Untuk Peserta Didik Jenjang PAUD 20 GB per bulan

-Kuota Umum 5 GB
-Kuota Belajar 15 GB
-Diberikan selama 4 Bulan

2. Bantuan Kuota untuk Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah 35 GB per Bulan

-Kuota umum 5 GB
-Kuota belajar 30 GB
-Diberikan Selama 4 Bulan

3. Bantuan Kuota untuk Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah 42 GB per Bulan

-Kuota Umum 5 GB
-Kuota Belajar 37 GB
-Diberikan Selama 4 Bulan

4. Bantuan Kuota Untuk Dosen dan Mahasiswa 50 GB per Bulan

-Kuota Umum 5 GB
-Kuota Belajar 45 GB
-Diberikan Selama 4 Bulan

Penutup Cara Cek Bantuan Kuota Belajar Telkomsel, XL, Axis, dan Tri

Semua langkah-langkah proses pendaftaran dan pembagian kuota gratis tidak berbeda pada semua operator, serta kuota bantuan dari Kemendikbud ini bisa digunakan bersamaan dengan kuota internet yang kamu miliki.

Cara Cek Bantuan Kuota Belajar Telkomsel, XL, Axis, dan Tri paling mudah adalah lewat aplikasi resmi tiap operatornya seperti yang arunapasman jelaskan diatas daripada menggunakan kode dial.