Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Maksud dan Ciri-Ciri HP Kentang

Maksud dan Ciri-Ciri HP Kentang

Arunapasman.com - Sebagai informasi yang harus kamu tau istilah sebutan " HP Kentang" menjadi populer dalam beberapa tahun belakangan, awal awal munculnya ketika banyak vendor smartphone baru bermunculan dan menghadirkan beragam jenis handphone dengan spesifikasi berbeda-beda.

Sebutan "HP Kentang" pada dasarnya sudah cukup terkenal di kalangan para gamer atau penggiat gadget untuk sebutan golongan smartphone dengan spesifikasi tertentu.

Spesifikasi smartphone yang disebut HP Kentang


Menurut para pengamat yang mengikuti perkembangan smartphone menyatakan bahwa sebutan dari "kentang" yang dimaksud adalah singkatan dari "kena tanggung" yang merujuk pada spesifikasi yang diusung dari smartphone tersebut tidak jadul dan tidak baru jadi "tanggung" saja.

Jadi berdasarkan kabar yang beredar kata "kentang" adalah singkatan dari kena tanggung yang berarti spesifikasi smartphone tersebut sangat tanggung, tidak tergolong spesifi jadul dan tidak juga masuk spesifikasi high end.

Lebih spesifik maksudnya dari spesifikasi "kena tanggung" ini seperti sangat terbatas kemampuannya baik pada prosesor kelas bawah kemudian memori spase nya kecil dan berbagai spesifikasi komponen yang sangat nanggung lainnya.

Baca juga : Cara HP Kentang agar Tetap Ringan Ketika Dipakai

Dari yang disebutkan para pengguna ponsel gaming atau pengamat smartphone, HP kentang selalu dianggap menjadi sebuah smartphone yang kurang mumpuni untuk bermain game karena terlalu berat dan bisa mengakibatkan smartphone menjadi lemot.

Jadi secara umum HP kentang itu adalah jenis jenis HP yang spesifikasinya pas-pasan entah itu masa pembuatannya baru ataupun lama sehingga saat dipakai untuk bermain game yang berat sering tidak mampu atau terjadi lag karena buildnya tidak di desain untuk itu dan lebih didesain untuk komunikasi standar saja.

Kategori Smartphone yang Termasuk HP KENTANG


Kategori hp kentang bukan hanya smartphone lama melain kan smartphone baru juga jika spesifikasinya masuk ke entry-level dengan kapasitas RAM yang terbilang kecil, prosesor rendah serta internal yang 16GB an juga bisa dikategorikan sebagaai HP KENTANG.

Pada umumnya HP atau smartphone yg masuk dalam kategori entry-level mempunyai kapasitas RAM 2 GB atau kurang, kemudian internal storage (penyimpanan internal) 16 GB atau 32 GB dan sebagian besar smartphone sudah berumur cukup lama

Dengan kapasitas RAM 2GB atau 3GB an terpotong sistem pasti akan sulit menjalankan aplikasi atau game yang memakan banyak memori pada smartphone. Jadi akan sulit menjalankan aplikasi atau game masa sekarang seperti PUBG, CS GO, Asphalt 9, Ragnarok dan game game berat lainnya

Untuk kapasitas baterai dari smartphone yang masuk dalam kategori HP kentang yaitu smartphone entry-level dengan baterainya yang kurang dari 4.000 mAh RAM 2 GB dan penyimpanan internal 16 GB masih terpotong sistem setengahnya.

Tentunya untuk masa sekarang kapasitas penyimpanan 16 GB pasti terasa kurang karena ukuran aplikasi dari waktu ke waktu terus membesar.

Padahal kebutuhan masa sekarang untuk kelas entry level kapasitas memori internal idealnya minimal 32 GB dan seharusnya bahkan masuk ke 64GB, jadi istilah HP Kentang bukan hanya untuk hape lama tapi lebih menyasar ke semua segmen tergantung dengan spesifikasi yang diusung.

Penutup Ciri-Ciri HP Kentang


Sebagai penutup dari admin arunapasman adalah sebutan HP kentang itu sebenarnya bisa untuk semua HP dari berbagai masa pembuatan dan sebutan itu lebih ke spesifikasi yang diusung.

Ambil contoh saja lah misalnya ada smartphone flagship AB hadir dengan spesifikasi tinggi tapi tanpa NFC kemudian ada smartphone lain misalnya BC yang jika kita tambah dana sedikit maka kita bisa dapat flagship lain yang sudah dilengkapi dengan NFC.

Pada titik ini Sebutan HP KENTANG akan disematkan ke smartphone AB, jadi penilaian HP kentang tidak melulu dibatasi ukuran kapasitas RAM ataupun internal melainkan dari perbandingan yang subjektif antara dua varian smartphone yang sanggat nanggung.

Maka dari itu istilah HP kentang bisa saja muncul ketika ada sebuah HP atau ponsel yang punya spesifikasi sangat tanggung untuk dibeli karena jika dibandingkan dengan HP lain dengan harga terpaut sediki, ponsel tersebut justru memiliki spesifikasi yang lebih rendah.