Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar HP Kentang Low End Tetap Ringan Ketika Dipakai

Cara Agar HP Kentang Low End Tetap Ringan Ketika Dipakai

Arunapasman.com - HP kentang adalah sebutan untuk ponsel yang spesifikasinya rendah atau Low End, meskipun spesifikasi yang dimiliki rendah tetap ada cara agar hp kentang bisa ringan ketika digunakan.

Contoh ponsel yang sering disebut dengan hape kentang contohnya bespesifikasi memori RAM 2 - 3GB serta memori internalnya tidak lebih dari 32GB bahkan rata rata di 16GB.

Meskipun spesifikasinya rendah bukan berarti hape kentang yang kmu miliki harus dibuang, tetap bisa dipakai kok sesuai fungsinya dan lakukan beberapa cara agar hp kentang tersebut bisa menjadi lebih ringan saat digunakan.

Hp kentang tetap bisa digunakan dengan lancar seperti ponsel kekinian, namun kamu harus memperhatikan hal penting berikut ini.

Cara Agar HP Kentang Low End Tetap Ringan Ketika Dipakai


1. Rutin Bersihkan File Tidak Penting

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai pengguna hp kentang low end tentu saja harus rajin membersikan ponsel dari file file yang tidak penting seperti gambar video ataupun file istalasi.

Contohnya saja aplikasi Whatsapp yang di galeri filenya banyak terdapat file gambar atau video yang dikirim ketika chatingan, file file seperti itulah yang harus kamu bersihkan agar tidak memenuhi kapasitas memori internal.

Baca Juga : Pilihan Game untuk HP Kentang

2. Gunakan Aplikasi yang Penting Saja

Spesifikasi yang dimiliki oleh hp kentang jujur saja tidak akan mampu menampung semua jenis aplikasi terbaru, pilihlah aplikasi yang benar benar penting untuk konektifitas kamu seperti WA atau FB, selain itu dihapus saja.

Khusus WA lebih baik jangan ikut banyak grub, pakai metode chat direct personal orang ke orang saja agar ram tidak cepat penuh.

Dan untuk aplikasi lain yang tidak penting kamu bisa hapus, mungkin kapasitas memori kamu jika 32GB akan bisa menampung beberapa aplikasi tersebut tapi tidak untuk RAM.

3. Pilih Game yang RIngan Saja

Jika kamu ingin bermain game di hape kentang lebih baik pilihlah game dengan spesifikasi yang ringan saja dan setinglah pengaturan grafis nya ke paling rendah agar game bisa lancar dimainkan.

Pada dasarnya ada beberapa game kekinian ringan yang bisa kamu install sperti freefire, mobilegend bang bang ataupun COC, jika game terlalu besar dan berat bisa jadi hp kamu akan gampang ngehang dan ngelag.

4. Bersihkan Memori RAM dan Internal Secara Berkala

Hampir sama dengan poin nomor satu, hanya saja bedanya kamu harus terfokus untuk menghapus data tidak penting di RAM dan memori Internal seperti sampah dan junk.

Caranya kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti cleaner yang membersihkan file junk di Internal serta membebaskan RAM dari penggunaan yang tidak penting.

Penting : jangan lupa untuk membersihkan temporary file serta cache pada aplikasi yang memakan memori besar pada internal ponsel.

Untuk saran saja jika menggunakan aplikasi pembersih pihak ketiga, jangan sembarangan menginstalnya. Pilih saja aplikasi cleaner atau pembersih yang ratingnya tinggi dan testimoni komentarnya rata rata baik dan bagus.

Penutup Cara Agar HP Kentang Low End Tetap Ringan


Memang yang namanya hp kentang atau spesifikasi Low End tidak bisa kita tuntut dengan peforma yang tinggi, Cara Agar HP Kentang Low End Tetap Ringan diatas hanya memungkinkan kinerja ponsel menjadi lebih ringan dengan kebutuhan aplikasi standar saja.

Kalau misalnya kamu ingin memainkan game atau butuh menggunakan aplikasi highen terbaru ada baiknya jika memikirkan untuk membeli smartphone baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi.