Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis

Cara Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis

Arunapasman.com - Lebih sering dirumah kuota jadi mudah habis ? Coba ikuti Cara Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis dibawah ini dulu deh.

Pada masa pandemi seperti sekarang yang banyak virus Covid-19 hampir sebagian besar siswa belajar atau karyawan bekerja dari rumah.

Okelah tindakan ini harus dilakukan guna memutus penyebaran virus corona agar tidak semakin meluas, tapi imbasnya internet menjadi jalur utama untuk bekerja dan mendapatkan informasi.

Ketika kita harus bekerja di rumah atau sebutan kerennya work from home (WFH) maka kita perlu menyiapkan kuota data internet yang cukup banyak.

Kalau kamu khawatir kuota internet mudah habis, berikut ini ada Cara Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis yang sudah admin arunapasman rangkum dan bisa kamu coba.

Info Tekno Pilihan :

Tips dan Cara Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis


1. Jangan Lupa Aktifkan Data Saver

Saati ini hampir semua browser termasuk chrome sudah memiliki fitur data saver untuk mengontrol penggunaan data. Sebagai pengetahuan saja kalau Chrome adalah salah satu aplikasi browser yang paling sering digunakan banyak orang.

Jika kamu ingin bisa menghemat pemakaian kuota saat berinternet menggunakan Chrome atau browser sejenis cobalah untuk memanfaatkan fitur Data Saver.

Langkah langkah untuk mengaktifkan data saver yang harus kamu lakukan adalah masuk ke Chrome kemudian pilih menu pengaturan yang dapat diakses di pojok kanan atas kemudian tinggal buka Data Saver atau Penyimpanan Data dan aktifkan.

2. Gunakan Fitur Pembatasan Penggunaan Data

Fitur pembatasan penggunaan data harus dipakai agar kita dapat mengatur kuota internet setiap periode perhari.

Fungsinya adalah jika pemakaian internet kita sudah mendekati batas penggunaan kuota makan akan ada peringatan dari pembatasan data.

Caranya penggunaannya sangat mudah kamu hanya perlu mengaturpembatasan pemakaian data yang memang telah ada di smartphone.

Kamu hanya perlu masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih Koneksi lalu klik Set mobile data limit atau Limit mobile data usage dan aturlah misalnya ke 2GB untuk warning pembatasan kuota sebesar 2GB setiap harinya.

3. Batasi Aplikasi yang Jalan di Background

Perlu kamu tau pada umumnya aplikasi seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, atau jenis aplikasi tertentu seperti pembersih ataupun game online jika tidak dimatikan dan hanya di "home" kan saja maka akan terus berjalan dan mengambil kuota internet secara diam-diam.

Agar tidak banyak aplikasi yang berjalan dibackground maka kamu seharusnya membuka pengaturan kemudian klik data usage.

Setelah itu akan muncul beberapa aplikasi berdasarkan seberapa banyak data kuota yang dipakai. Kamu tinggal klik saja aplikasi yang ingin dibatasi dan kemudian klik Restrict app background data untuk mematikan aplikasi tersebut berjalan di background.

4. Matikan Fitur Otomatis Update Aplikasi

Otomatis update aplikasi paling sering menjadi masalah yang menghabiskan kuota dengan sangat cepat, apalagi aplikasinya update secara besar seperti game tertentu yang bisa update sampai 100MB an.

Karena itu kamu harus sangat memperhatikan setting dan mematikan update secara otomatis. Caranya mudah sekali tinggal buka Play Store dan kemudian klik Settings Auto-update apps.

Setelah itu akan muncul tiga pilihan dan kamu disarankan memilih Over Wi-Fi only atau Don’t auto-update apps untuk menghindari update dengan paket data.

Kalau menurut admin arunapasman sih pilih Don't auto update saja, kemudian kamu bisa mengupdatenya secara manual untuk aplikasi yang penting saja.

5. Hindari Auto Sambung WIFI

Biasanya kalau sering terhubung dengan wifi kadang lupa mematikan toolbar wifi dan hidup keduanya yaitu setingan paket data dan wifi.

Pengaturan pemakaian data keduanya berbeda, biasa sering terjadi jika menggunakan wifi didalam rumah kemudian langsung keluar dan lupa mematikan koneksi maka otomatis akan beralih ke paket internet ketika sudah terhubung.

Dengan demikian update atau download akan berjalan secara otomatis, makanya ketika lupa mengatur setingan koneksi hampir bisa dipastikan kamu tekor bab kuota.

Penutup Cara Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis


Agar kuota kamu tidak cepat habis maka harus memperhatikan poin poin diatas, kamu bisa menggunakan fitur fitur penghematan data, paling manjur jika sudah tidak dipakai maka kamu bisa mematikan saluran data internet.

Cara Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis diatas bisa kamu coba poin per poin jika merasa kalau kuota kamu sering drop dan habis tanpa jejak, tapi kalau memang kebutuhan kuota kamu banyak belilah kuota dalam jumlah besar sekalian.