Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kabel Thunderbolt 4 Intel, Ini Kelebihannya !

Kabel Thunderbolt 4 Intel, Ini Kelebihannya !

Arunapasman.com - Kabar terbaru ini menyebut Intel akan memamerkan sejumlah fitur utama yang bakal dibawa oleh protokol Thunderbolt 4 terbarunya yang nantinya akan terintegrasi dengan prosesor mobile generasi selanjutnya yaitu Tiger Lake.

Seperti yang dikutip dari Digital Trends bahwa Intel Tiger Lake dijadwalkan meluncur pada tahun 2020 ini untuk sistem berbasis Windows, Mac, dan Linux, dan akan dilengkapi dengan dukungan terhadap Thunderbolt 4.

Tidak jauh berbeda dengan pendahulunya yaitu Thunderbolt 3, Thunderbolt 4 disebut sebut akan mendukung tiga fungsi lewat satu kabel, yaitu fungsi pengisian daya, fungsi transfer data, dan juga fungsi media video.

Info Teknologi Pilihan :
Info yang paling menarik adalah Thunderbolt 4 disebutkan juga kompatibel dengan standar USB4 yang tentunya memiliki dukungan keamanan lebih tinggi, juga sudah mendukung penggunaan multi monitor serta memiliki kecepatan transfer data sampai 40Gbps.

Dengan adanya Thunderbolt 4 ini, pihak dari Intel juga berani menjanjikan dukungan untuk dua monitor 4K atau satu monitor 8K, ini termasuk peningkatan yang cukup signifikan.

Bahkan Intel sendiri juga mengharuskan komponen PC yang digunakan kompatibel dengan standar Thunderbolt 4 untuk bisa otomatis aktif jika terhubung dengan docking Thunderbolt.

Selain itu juga bisa diisi dayanya menggunakan setidaknya 1 port, dan bahkan sudah mendukung direct memory access (DMA) untuk keamanan yang lebih baik.

Menurut informasi yang disampaikan pihak Intel bahwa semua PC yang mendukung Thunderbolt 4 juga akan kompatibel dengan standar USB4.

Artinya dengan begitu kabel berteknologi Thunderbolt 4 akan bisa terintegrasi dengan semua laptop yang menggunakan prosesor Intel Tiger Lake selain itu Intel juga merilis kontroler seri 8000 untuk mendukung penggunaan standar tersebut di perangkat desktop. Keren Kan !

Hampir sama seperti standar Thunderbolt generasi ke 3, pada Thunderbolt 4 ini juga bisa dipakai di aksesoris mislanya pada storage portabel, hub, kartu grafis eksternal, docking, power supply, serta pada monitor.

Jenis aksesoris ini juga bisa dipasang secara daisy chain (interkoneksi perangkat komputer) dengan tujuan untuk mengurangi kekusutan kabel di meja kerja.

Daftar atau contoh perangkat yang nantinya mendukung kabel dengan teknologi Thunderbolt 4 ini akan diberi logo Thunderbolt lengkap dengan nomor '4' di sebelahnya.

Pihak Intel menyebutkan bahwa kabel Thunderbolt yang didukung adalah kabel dengan panjang 0,2 sampai 2 meter. Tetapi dalam perkembangan kedepannya juga disebut akan tersedia varian kabel dengan panjang 5 meter sampai 50 meter.

Hadirnya perangkat Kabel Thunderbolt 4 ini menurut yang disampaikan Intel diklaim bisa menggantikan bermacam standar kabel yang sudah ada contohnya seperti kabel USB - type C, kabel jenis USB3 Display Port, kabel USB4 40GBps serta kabel USB4 20Gbps.