Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menjaga Akun Media Sosial agar Tidak Diretas

5 Cara Menjaga Akun Media Sosial agar Tidak Diretas

Arunapasman.com - Kali ini admin ingin berbagai Tips Dan Cara Menjaga Akun Media Sosial agar Tidak Diretas dan tentunya selalu aman setiap saat.

Para pengguna atau user media sosial (sosmed) seperti FB Instagram dll tentunya harus dapat menjaga informasi data pribadi mereka agar tidak bocor di tangan orang lain.

Apabila ada orang lain yang sampai mengetahui password pengguna maka bisa saja orang tersebut mencoba masuk ke akun kamu dan melakukan tindakan kejahatan yang tidak di inginkan.

Karena itu para user dan pengguna media sosial harus dapat menutup mulit rapat-rapat agar data pribadi tidak diketahui orang lain.

Hal yang tidak kalah pengting adalah pemilihan password yang kuat agar orang lain tidak dapat dengan mudah masuk ke akun media sosial kita.

Berikut ini ada beberapa Tips Dan Cara Menjaga Akun Media Sosial agar Tidak Diretas yang admin rangkum agar akun kamu aman dari pelaku kejahatan cyber atau peretasan.

Info Tekno Pilihan :

Cara Menjaga Akun Media Sosial agar Tidak Diretas


1. Jangan Sembarangan Instal Aplikasi Pihak Ketiga

Pertama kamu harus sangat hati hati ketika ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti penjadwal pos media sosial atau game game terkait didalamnya.

Ketika ingin mencobanya kamu harus sangat hati hati karena aplikasi tersebut akan membutuhkan akses ke akun kamu.

Lebih baik kamu pastikan terlebih dahulu apakah aplikasi tersebuh sah untuk mendapatkan akses dari media sosial yang kamu gunakan.

Jangan lupa untuk membaca detail dari apa sebenarnya apa saja yang diinginkan aplikasi tertentu untuk mendapatkan akses dan jangan hanya mengikuti trend saja.

Karena ada beberapa aplikasi yang hanya akan memerlukan izin minimum contohnya seperti kemampuan membaca dan memposting konten jadi sangat penting untuk selalu baca peringatan sebelum memberikan akses.

2. Buat Rangkaian Password yang Kuat

Paling penting untuk memilih kata sandi adalah gunakan kata sandi yang rumit dan susah diingat. Munkin akan menjadi sedikit repot untuk mengingatnya tapi tindakan ini dapat membuat akun kamu sangat aman.

Dengan cara kerja meretas password maka password dengan kata-kata yang mudah dibaca atau urutan angka yang mudah diingat sangat rentan terserang hacker.

Kamu juga bisa menggunapak aplikasi atau tool seperti How Secure Is My Password akan membantu menentukan kekuatan password yang kamu gunakan.

Contoh saja ketika admin arunapasman mencoba tool tersebut dengan memasukkan keyword "REman69234YANmdn90PPP@HHa" muncul pemberitahuan "It would take a computer about 1 hundred octillion years to crack your password, intinya dengan password model tersebut akan sangat aman.

3. Jangan Lupa Instal Security atau Anti Virus

Pada dasarnya sudah banyak sekali penyedia layanan internet (ISP) akan menyediakan beberapa bentuk perlindungan keamanan.

Kamu juga dapat membandingkan keamanan ISP lokal untuk melihat apakah ada opsi ISP lain yang lebih baik tersedia di daerah kamu.

Atau mungkin pilihan lainnya kamu dapat menginstal program antivirus atau security tambahan yang menawarkan versi gratis.

Kalo admin arunapasman sih menyarankan menggunakan versi Pro tapi kalau terasa mahal maka menggunakan versi gratis pasti lebih baik daripada tidak ada perlindungan sama sekali.

4. Jangan Lupa Aktifkan Fitur Otentikasi Dua Faktor

Fitur otentikasi dua faktor akan mengonfirmasi identitas pengguna sosmed dengan memanfaatkan kombinasi dua komponen berbeda misalnya seperti kata sandi akun dan kode konfirmasi yang akan dikirimkan kepada kamu melalui pesan teks ke nomor terverifikasi atau email.

5. Jangan Sembarangan Meminjamkan Gawai

Terakhir, yang paling penting jangan sembarangan meminjamkan gawai, gadget, smartphone, atau laptop kamu ke orang lain.

Pastikan jika ingin meminjamkan, orang yang kamu pinjami harus benar benar bisa dipercaya pasalnya kalau ternyata perangainya jelek bisa saja kode pola ataupun catatan paswword kamu bocor ke orang lain.

Penutup Cara Menjaga Akun Media Sosial


Sebagai penutup kamu bisa menggunakan Cara Menjaga Akun Media Sosial agar Tidak Diretas diatas untuk menjadi sebuah upaya mengamankan akun sosial kamu dari tangan yang tidak bertanggung jawab.

Hal yang penting untuk kamu lakukan tentunya menggunakan password yang kuat dan jangan mengatakan atau membagikan kata sandi kamu sembarangan.