Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kecanduan Smartphone pada Anak

Cara Mengatasi Kecanduan Smartphone pada Anak

Arunapasman.com - Bermain dengan smartphone terus menerus tentunya tidak baik untuk anak, karena itu sebagai orang tua harus tau bagaimana Cara Mengatasi Kecanduan Smartphone pada Anak.

Perkembangan teknologi memang tidak bisa kita hindari dan itu adalah hal yang luar biasa, tetapi menggunakan dan bermain gawai secara berlebihan bisa menimbulkan masalah serius.

Salah satu masalah yang paling dikhawatirkan adalah kecanduan gadget pada anak, permasalahan seperti ini tentunya menjadi tantangan bagi orangtua bagaimana membuat anak tidak terus-menerus menatap layar smartphone.

Pasalnya rasa adiktif dan menariknya sebuah gadget bisa membuat anak memiliki tekanan emosional yang buruk untuk kepribadian dan gangguan kecemasan. Hal yang lebih parah dan patut dikhawatirkan yaitu anak juga akan kehilangan kemampuan kreatif dan bermain dalam kelompok.

Berikut ada beberapa Cara Mengatasi Kecanduan Smartphone pada Anak yang sudah admin arunapasman rangkum dalam poin poin penting.

Cara Mengatasi Kecanduan Smartphone pada Anak


1. Orang Tua Harus Jadi Contoh

Sebagai orang tua harus bisa menjadi contoh agar anak tidak terlalu adiktif terhadap gadget atau smartphone. Biasakan jangan memegang ponsel ketika bersama anak dan ikutlah bermain dalam hiburan atau aktifitas dengan anak agar mereka melihat bahwa "smartphone tidak terlalu penting".

2. Buat Rutinitas Tanpa Gadget

Kita harus bisa membuat suatu rutinitas dimana anak senang menjalaninya dan kita ikut untuk berpartisipasi didalamnya dengan tanpa gadget sama sekali. Jadi secara tidak langsung libatkan anak dalam semua kegiatan sehingga anak bisa lupa dan meninggalkan ponsel dan gadget lainnya.

3. Simpan Gadget Selama Dirumah

Selama kamu berada dirumah usahakan untuk menyimpan gadget entah itu untuk anak dan untuk diri sendiri sehingga anak tidak dapat mengambil gadget tersebut dan tidak melihat kita menggunakan gadget. Atur waktu kapan anak bisa bermain smartphone tentunya dengan pengawasan.

4. Hindari Belajar dengan Gadget

Mungkin sulit dilakukan namun harus dicoba karena imbasnya anak akan tergantung dengan gadget. Mungkin belajar melalui video di gadget akan lebih mempermudah anak tetapi hal tersebut bisa secara tidak langsung mempengaruhi terhadap kecanduan gadget.

5. Ajak Anak Bermain DiLuar

Salah satu cara terbaik agar anak tidak melulu bermain gadget tentu saja dengan mengajaknya bermain diluar. Bermain di luar bersama anak akan membantu mereka belajar bermain dan bersosialisasi dengan anak lainnya serta membantu perkembangan keterampilan motorik.

6. Maksimalkan Permainan Imaginasi

Yap, bermain dengan menghayal atau berimaginasi 1000% jauh lebih baik daripada bermain ponsel. Pada dasarnya anak-anak akan cenderung menyukai model permainan imajinasi seperti bermain dan membayangkan sesuatu.

Cara tersebut adalah cara terbaik untuk melibatkan anak-anak dalam pembelajaran yang menyenangkan dan tentunya tanpa mengandalkan gadget serta ponsel.

7. Terapkan Sistem Belajar Berbasis Aktif

Salah satu alasan kenapa anak menyukai permainan pada smartphone adalah karena memiliki tantangan seperti kenaikan level pada game. Jika kamu ingin anak meninggalkan gadget atau smartphone maka berikanlah model permainan yang memiliki tantangan bertahap misalnya permainan puzzle.

Penutup Cara Mengatasi Kecanduan Smartphone pada Anak


Cara Mengatasi Kecanduan Smartphone pada Anak memang tidak mudah diterapkan dan dilakukan, harus secara pelan pelan dan bertahap apalagi pengaruh dari luar lebih besar daripada kondisi dirumah.

Karena itu selama dirumah maksimalkan agar anak tidak tersentuh dengan gadget dan lebih banyak bermain diluar ruangan.