Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Alasan Kenapa Sinyal Ponsel Jelek Ketika Hujan

Inilah Alasan Kenapa Sinyal Ponsel Jelek Ketika Hujan

Arunapasman.com - Berbagai komplain dan keluhan tentang koneksi sinyal ponsel smartphone yang menjadi jelek saat hujan sering arunapasman dengarkan ketika ada pelanggan yang membeli paket internet.

Dan sejauh yang admin arunapasman tau keluhan semacam ini tentang jelek dan buruknya sinyal juga dikeluhkan pada semua operator seluler mulai Telkomsel XL Axiata Indosat 3 Tri bahkan tentu saja Smartfren.

Penyebab Sinyal Ponsel Smartphone Jelek Ketika Hujan


Dilansir dari situs Institut Insinyur Elektrik dan Elektronik (IEEE) menyebutkan pada dasarnya kondisi hujan memang diakui para ahli bisa memengaruhi kualitas jaringan selular, jadi sering terjadi penurunan kualitas jaringan di suatu wilayah akan terganggu sementara ketika hujan.

Secara teknis gelombang radio pada layanan operator seluler akan terpengaruh ketika terjadi perubahan cuaca seperti kondisi petir, hujan lebat ataupun awan yang tebal bisa mengganggu kelancaran jaringan seluler.

Info Ponsel dan Gadget Pilihan :
Hal seperti ini bisa terjadi karena jangkauan koneksi seluler menjadi tidak merata dimana kejernihan suara saat bertelepon terganggu serta kadang kecepatan data internet menjadi lambat.

Sebagai informasi bahwa sinyal pada ponsel yang tertaut dengan BTS dihantarkan dengan ion-ion positif yang bertebaran di udara, kemudian ketika ada hujan lebat atau angin kencang maka susunan ion di udara menjadi kacau dan tidak beraturan.

Disisi lain ketika hujan ataupun kondisi mendung lembab, kumpulan tetesan air yang jatuh atau masih bertahan di udara akan menghambat hantaran listrik yang menyebabkan kelancaran pancaran sinyal selular terganggu.

Pada masa sekarang sinyal telekomunikasi termasuk di jaringan seluler sudah menggunakan frekuensi tinggi karena itu tipe sinyal frekuensi tingi tidak bisa tersebar dengan baik melewati media udara yang lembab ataupun mengandung air ketika hujan.

Jumlah dan kapasitas kuantitas besaran tetesan air juga memengaruhi sinyal di frekuensi tertentu. Jadi imbasnya sinyal dari BTS tak bisa ditransmisikan dengan baik dan lancar ke smartphone atau ponsel pengguna disaat kondisi hujan.

Kabar baiknya di tahun tahun akhir ini para insinyur dan alhi mulai membangun teknologi pentransmisian sinyal yang lebih baik sehingga kendala pada sinyal ketika hujan bisa diatasi secara bertahap.

Menurut penelitian lapangan kondisi alam ketika hujan dan petir akan mempengaruhi kualitas sinyal ponsel, tapi disamping itu ada hal yang lebih berbahaya yaitu kondisi hujan petir bisa menjadi gangguan aliran listrik serta gangguan transmisi sejenis.

Respon dari pihak operator pun secara umum hampir sama dimana keluhan pelanggan karena sinyal menjadi jelek ketika kondisi hujan hanya dan sering terjadi ketika waktu hujan turun serta keluhan tersebut hanya bersifat lokal saja.

Mungkin yang bisa admin arunapasman jelaskan lebih mudah, komplain dari pelanggan ke operator hanya terjadi di wilayah tertentu yang sedang terjadi hujan atau kondisi alam sejenis, sedangkan didaerah yang cerah kondisi jaringan sinyal masih aman dan lancar.

Penutup Sinyal Ponsel Jelek Ketika Hujan


Sebagai penutup mungkin itulah penjelasan mudah kenapa dan penyebab Sinyal Ponsel Jelek Ketika Hujan, sejauh ini yang admin arunapasman tau memang kondisi hujan bisa menggangu transmisi sinyal entah itu televisi radio dan bahkan sinyal jaringan operator.

Saran saja, ketika hujan memang hampir semua koneksi sinyal ponsel akan terganggu, hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga di negara lain. Jadi ketika hujan dan petir akan lebih baik jika mematikan smartphone agar tidak terjadi gangguan transmisi lainnya.