Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Agar Dapat Mengetik Cepat Pada Keyboard

10 Cara Agar Dapat Mengetik Cepat Pada Keyboard

Arunapasman.com - Kemampuan untuk dapat mengetik dengan cepat di keyboard pada dasarnya sangat dibutuhkan oleh orang orang yang setiap harinya bekerja bersama komputer.

Kemampuan dan teknik mengetik yang cepat dituntut agar kita dapat segera menyelesaikan pekerjaan, namun jika ternyata kemampuan mengetik kita dibawah rata rata maka akan menjadi kendala sendiri untuk setiap waktunya.

Pada dasarnya kemampuan mengetik bukanlah sebuah gift ataupu bakat, kemampuan ini harus dilatih setiap waktu agar mendapatkan kecepatan ketik yang lebih baik.

Berikut ini admin arunapasman merangkum 10 cara agar kamu dapat mengetik lebih cepat pada keyboard entah itu komputer ataupun laptop.

Cara Agar Dapat Mengetik Cepat Pada Keyboard


1. Atur Posisi Tubuh

Cara pertama yang harus dilakukan bukanlah latihan melainkan membetulkan posisi tubuh ketika mengetik. Postur tubuh harus kamu atur dalam posisi yang benar seperti punggung harus lurus, rilekskan posisi kaki dengan merentangkannya senyaman mungkin.

Paling penting aturlah agar tinggi siku hampir lurus dengan papan ketik dengan ukuran posisi tangan tidak terbebani sama sekali sehingga tenaga hanya terfokus pada pergelangan tangan dan jari jari.

Jangan lupa atur juga arah kepala ke monitor agar tidak terlalu menunduk ataupun terlalu keatas, dengan posisi tubuh yang baik dan rileks makan konsentrasi akan bisa penuh ke proses mengetik.

2. Bekerjalah Di Tempat Kerja

Sebenarnya masih ada hubungan dengan poin pertama, dengan bekerja di tempat kerja maka akan meminimalisir gangguan yang ada serta posisi tubuh bisa di atur sesuai dengan kursi kerja.

Selain itu mengetiklah di meja kerja dan bukan pada pangkuan sehingga kondisi ergonomi tubuh akan didapatkan dan bisa terfokus dalam mengetik.

Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Lama Menatap Layar

3. Stabilkan Posisi Tubuh

Posisi tubuh amat penting diperhatikan ketika sedang mengetik, jika postur tubuh salah dan ada satu bagian tubuh yang menahan beban badan berlebih maka kemampuan mengetik otomatis akan melambat karena terganggu dengan kondisi yang lain.

Jika postur tubuh sudah bisa kamu jaga dan stabil maka saatnya berlatih mengetik dengan baik dan cepat dengan posisi pundak dan pergelangan tangan yang rileks.

4. Gunakan Keyboard yang Sesuai

Tentunya kamu pasti sudah tau kalau bentuk dan ukuran keyboard berbeda beda, meskipun QWERTY nya akan selalu sama karena sudah standar dunia. Jika ingin berlatih mengetik dengan cepat pilihlah ukuran keyboard yang sesuai dengan jari jari kamu.

Pilihlah keyboard dimana ketika mengetik jari jari kamu tidak terlalu rapat dan tidak terlalu renggang, kemudian biasakanlah dengan satu keyboard dulu sampai kamu benar benar fasih.

5. Hafalkan Posisi Karakter

Pada dasarnya ketika mengetik 8 dari 10 jari punya tugasnya sendiri sendiri kecuali ibu jari yang hanya menghandle spasi. Hafalkan posisi huruf dan karakter kemudian bagilah tugas setiap jari pada areanya sendiri.

Kalau kamu bingung, kamu bisa cari pembagian tugas jari saat mengetik di GOogle, dan cobalah untuk mengikuti hal tersebut. Memang akan terasa lambat saat pertama kali, tapi untuk mendapatkan kecepatan ketik yang maksimal kamu harus paham tugas jari tersebut.

6. Berlatih Mengetik dengan Tutup Mata

Latihan tahap selanjutnya, ketika kamu sudah sekitar 70% paham tugas jari dan posisi karakter maka latihanlah untuk mengetik sebuah halaman bisa buku berita ataupun buku buku lain dengan posisi mata tertutup atau posisi mata hanya tertuju pada buku.

Jangan sekali kali melihat keyboard dan layar komputer, selesaikanlah ketikan tersebuh dan koreksi dibagian tugas jari mana kamu sering salah. Setelah itu latihlah lebih rutin tugas jari tersebut.

7. Latihan Hanya Melihat Layar

Latihan selanjutnya kamu hanya diperbolehkan untuk melihat layar komputer atau laptop, sumber tulisannya bisa dari cerita podcast ataupun materi buku yang sudah dalam bentuk suara. Jadi ketika kamu mendengarkan sumber, jari kamu fokus mengetik dan mata hanya melihat layar.

Intinya disini, ketika terjadi kesalahan ketik JANGAN sekali sekali melihat keyboard, cobalah perbaiki dengan jari yang mencari sendiri mana karakter atau huruf yang betul. Dengan begitu posisi karakter tertentu akan menjadi ingatan otot jari.

8. Terus Berlatih

Untuk tahap ini poin latihan nomor 5 6 dan 7 harus kamu ulang ulang sampai latihan poin nomor 7 hanya terjadi kesalahan sebesar 3-5% saja dari satu halaman. Ketika 95% tulisan kamu dalam setiap halaman latihan sudah benar maka kamu bisa masuk ke tahap berikutnya.

9. Berlatih dengan Game Ketik

Mungkin kamu sudah pernah dengar jenis game yang berupa mengetik kata atau kumpulan karakter seperti Typing Cat, Typing Club dan sejenisnya. Gunakan game tersebut untuk berlatih ditahap selanjutnya.

Latihan dengan game seperti ini pada awalnya mungkin akan kamu remehkan, tapi tunggu dulu sampai levelmu mendekati expert, saat itulah kemampuan mengetikmu akan benar benar dilatih serta reflek untuk membetulkan tulisan.

10. Latihan Dengan Membuat Blog

Terakhir jika kamu ingin menguji kemampuan mengetikmu cobalah buat blog dan buat konten artikel dengan panjang lebih dari 1500 kata, topik bebas sesuka kamu. Rata rata jika sedang menganggur atau libur seharusnya dengan kemampuan kamu dititik ini maka mampu membuat 6-8 artikel dalam satu hari.

Tapi jika di hari kerja mungkin kamu hanya bisa membuat mungkin 3 artikel saja selepas istirahat dari pulang kerja. Latihan nomor 10 ini bukan hanya membuat kamu bisa mengetik dengan cepat tapi juga melatih perbendaharaan kata kamu serta koreksi tulisan menjadi satu.

Penutup Cara Agar Dapat Mengetik Cepat Pada Keyboard


Mungkin itu saja 10 Cara Agar Dapat Mengetik Cepat Pada Keyboard yang bisa kamu coba dengan gratis dirumah ataupun tempat kerja.

Namun jika kamu ingin lebih bisa mengetik dengan luar biasa, cobalah untuk ikut pelatihan khusus mengetik, disana ada trik trik khusus yang tidak bisa kamu dapatkan ketika belajar sendiri.