Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Kelamaan Menatap Layar Laptop

Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Kelamaan Menatap Layar Laptop

Arunapasman.com - Beberapa Cara menjaga kesehatan mata karena terlalu lama menatap layar komputer atau laptop berikut ini harus kamu lakukan agar mata tetap dalam kondisi yang baik.

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, hampir semua pekerjaan sekarang beralih ke media digital seperti menggunakan perangkat komputer atau laptop.

Pasti dong kalau didepan layar komputer atau laptop bisa menghabiskan waktu berjam-jam, karena itu yang menanggung resiko paling besar adalah kondisi kesehatan mata.

Karena itu Arunapasman punya beberapa trik dan cara menjaga kesehatan mata walaupun kamu harus berlama lama berurusan dengan layar monitor.

Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Terlalu Lama Menatap Layar


1. Usahakan Selalu Berkedip

Berkedip adalah gerakan alami mata untuk menjaga kondisi mata agar tetap basah dan mengurangi ketegangan yang dialami oleh mata.

Biasanya menatap layar monitor terlalu lama secara tidak sadar membuat mata jarang berkedip. Karena itu cobalah untuk selalu berkedip secara periodik.

2. Gunakan Pola Istirahat Mata

Pola istirahat mata yang biasa disarankan dan digunakan adalah pola 20-20-20 yang notabene sudah menjadi pola aturan mengistirahatkan mata secara internasional, yaitu :

  • Setiap 20 Menit menatap layar laptop atau komputer
  • Kamu harus melihat obyek jarak jauh sekitar 20 kaki atau 6 meter an
  • Dan lakukan hal tersebut selama 20 detik

Jadi secara periodik kamu harus istirahat setelah menatap layar selama 20 menit dengan menatap obyek yang berada cukup jauh selama 20detik.

3. Jaga Jarak Mata dan Layar

Paling penting kamu harus mengatur dan jaga jarak dari mata ke layar monitor. Tujuannya jelas agar tidak terjadi gangguan pada mata misalnya mata minus.

Jarak mata ke layar yang disarankan minimal 45cm, anggap saja 50cm saja. Jadi jangan terlalu dekat ketika bekerja didepan monitor.

Kemudian atur posisi layar monitor agar nyaman untuk leher dan mata, jangan terlalu rendah dan jangan terlalu tinggi. Tidak ada ukuran pasti yang jelas posisikan sampai leher dan posisi pengelihatan ke layar terasa nyaman.

4. Perhatikan Pencahayaan Sekitar Ruang Kerja

Kamu juga perlu memperhatikan kondisi pencahayaan diruang kerja, jangan terlalu terang dan jangan terlalu gelap.

Kondisi pencahayaan yang disarankan agar kondisi cahaya di ruangan lebih redup daripada cahaya layar monitor.

Sehingga mata tidak butuh energi lebih untuk memfokuskan pengelihatan ke layar. Ukurannya mata kamu tidak membutuhkan tekanan untuk melihat layar monitor.

5. Gunakan Mode Malam Jika Ada

Tidak bisa dipungkiri kalau mode malam bisa sangat membantu agar mata tidak bekerja memfilter cahaya lebih keras, sayangnya tidak smua layar monitor dan situs atau aplikasi mempunyai mode malam.

6. Jangan Lupa Bersihkan Layar

Membersihkan layar monitor juga penting, tujuannya agar tidak banyak debu atau kotoran yang mengganggu pengelihatan mata ke layar.

Jadi secara berkala dibersihkan saja, sekaligus anggap saja merawat layar monitor komputer atau laptop.

7. Gunakan Pelindung Radiasi

Sebenarnya untuk layar monitor generasi baru sudah build in dengan pelindung radiasi, hanya saja tidak semua orang menggunakan monitor yang mahal itu.

Jadi kalau memang bisa, usahakan layar komputer atau laptop menggunakan pelindung radiasi mata agar tidak berimbas kepada melemahnya kemampuan mata dalam melihat obyek.

Penutup Cara Menjaga Kesehatan Mata jika Terlalu Lama Menatap Layar


Terakhir, sebagai penutup dari Arunapasman, Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Terlalu Lama Menatap Layar ada baiknya kamu coba dan lakukan ketika akan bekerja didepan laptop atau komputer.

Mengingat mata adalah organ yang paling penting dalam berinteraksi dengan dunia luar, lagipula jika sudah terjadi gangguan pada mata seperti gejala minus akan sangat sulit mengobatinya.