Bahaya Malware dan Memasang Antivirus di HP Android, Butuh Perlindungan Tambahan ?

Arunapasman.com - Bicara tentang keamanan ponsel, juga soal perlu atau tidaknya pasang antivirus di hp smartphone terutama untuk platform android masa sekarang ini, sudah pasti nanti jawabannya ada yang bilang perlu dan setuju, pasti juga ada yang bilang tidak perlu dan tidak setuju mengingat untuk android dan ios sudah cukup sulit untuk terjangkit virus.

Dari sisi ini kita tidak akan langsung bicara tentang virus yang menyebar sendirinya, tapi lebih ke jenis virus atau aplikasi berbahaya dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan dari kerugian orang lain yang biasa disebut dengan malware.

Seperti yang kita tau kalau Ancaman serangan siber di masa sekarang sudah menjadi teror di era teknologi yang terlihat canggih saat ini, banyak sekali berita tentang rekening yang kebobolan dan file file aneh yang dikirim via wa atau email dan media sebagainya.

Jadi satu-satunya solusi pasti dibutuhkannya Keamanan siber yang perlu diperhatikan di era digital, nah paling mudah untuk mendapatkannya keamanan tambahan tersebut adalah dengan memasang antivirus di perangkat Handphone (Hp) Smartphone yang kita gunakan.

Bahaya Virus dan Malware di Dunia Digitalisasi HP Android

Dunia yang sudah mengusung mode Digitalisasi sudah pasti tidak hanya memberikan manfaat yang berlimpah, tetapi resiko yang besar juga tumbuh seiring banyak penggunanya, contoh Bahaya yang bisa muncul misalnya dari program-program jahat seperti malware dan virus.

Karena itu kiat-kiat yang bisa kita lakukan secara manual untuk "menguatkan" adalah menambah perangkat lunak untuk mengamankan semua perangkat termasuk smartphone yang kita gunakan, bisa antivirus tambahan yang di instal pengguna sendiri atau memang sudah bawaan dari perangkat telpon yang masih bisa diupdate.

Seberapa Perlu kah Pasang Antivirus di HP Smartphone Sekarang ?

Smartphone sekarang ini sudah dapat mendukung banyak sekali aplikasi yang tidak terhingga, dan banyak dari aplikasi tersebut otomatis terhubung ke internet, bisa juga menggunakan fitur Bluetooth dan NFC untuk terhubung dengan ruang digital secara real time.

Maka dari itu meskipun secara sistem dari smartphone tidak serumit dan sekompleks PC, tetap saja ada masanya rentan terhadap malware karena mengakses ruang digital yang tanpa batas, misalnya untuk smartphone yang sudah lebih dari 3 tahunan, tentu saja update keamanannya sudah berkurang, atau memang smartphone baru yang fungsinya terhubung dengan media sosial secara terus menerus, maka kondisi ini akan sangat rentan dari virus dan malware.
 

Kemungkinan Bahaya Malware di HP Android

Arunapasman baca dari Makeusof, disana disebutkan kalau penjahat siber bisa dan mampu mengeksploitasi ponsel baik secara fisik maupun jarak jauh-untuk mencuri data, mereka juga bisa memantau aktivitas, hingga bahkan mengontrol perangkat tersebut.

Disisi penggunanya, biasanya aktifitas yang sering dilakukan yaitu mengirim dan menerima email melalui ponsel pintar, dari sini pun banyak sekali kesempatan phishing berbasis email bisa masuk ke akses kita, media ini sering kali digunakan untuk menyebarkan malware apalagi kalau tiap hari bekerja dengan kirim dan terima email. 
Disisi lain lai pengguna smartphone juga sering mengunduh sejumlah file yang tidak resmi dimana bisa menjadi sumber malware, misalnya aplikasi rekomendasi dari orang terdekat.

Banyak Data Penting di HP Android yang Harus Di Lindungi

Mengingat kebiasaan sebagian besar orang yang menyimpan informasi yang sangat berharga di ponsel misalnya file informasi pembayaran dalam aplikasi perbankan dan belanja, bahkan ada yang menyimpan username dan password akun tertentu di catatan ponsel, tentu amat sangat bahaya kalau ada yang meretas ponsel tersebut.

Okee memang dari pabrikannya si ponsel sudah banyak yang mengkampanyekan kalau sudah ada update keamanan dalam beberapa tahun, rata-rata 3-4tahun, tapi bagaimana kalau sudah lebih dari rentang waktu tersebut dan tidak dapat pembaharuan keamanan lagi, tentu akan butuh keamanan tambahan agar data tetap aman.

Kita sebut contoh saja ponsel yang sudah memiliki fitur keamanan bawaan seperti Apple yang dilengkapi dengan sistem operasi yang sangat aman yang dirancang untuk menangkal malware dan virus, untuk di sistem operasi Android ada pembaharuan update keamanan serta ada Google yang menawarkan Google Play Protect sebagai sejenis perangkat lunak antivirus yang dirancang untuk menjaga pengguna tetap aman dari aplikasi berbahaya.

Jadi saran dari Google agar pengguna tidak menginstal aplikasi dari luar playstore karena punya risiko paparan malware dan virus. Tapi bagaimana kalau misal ada aplikasi yang harus di install tapi dari file apk yang dikirim kerabat atau teman kantor untuk tujuan kerja terntentu ? Nah disini sudah pasti ponsel butuh tambahan keamanan.
 

Pasang Antivirus di Smartphone Android ?

Seberapa Perlu kah Pasang Antivirus di HP Smartphone Sekarang ? Kalau dari sudut pandang arunapasman sih, antivirus di smartphone sangat disarankan ya untuk keamanan tambahan kalau memang ponsel kita sangat penting seperti digunakan untuk tujuan bisnis dan sebagainya, apalagi kalau misalnya sudah di luar rentang waktu update keamanan dari vendor. Kalau menurutmu bagaimana ?