Menilik Kapasitas RAM Komputer Paling Besar Saat Ini

Mau tau berapa kapasitas RAM komputer paling besar saat ini ? Perkembangan RAM sangat pesat berbanding lurus dengan perkembangan CPU dan Motherboard, jadi ukuran RAM terbesar tidak bisa diberikan nilai pasti.

Sesuai fungsinya ada dua jenis komputer, yang pertama penggunaan umum atau jenis komputer pribadi yang digunakan perseorangan dan yang kedua jenis komputer server atau diatasnya yang bisa menggunakan rakitan RAM sampai 300TB lebih.

Tapi dalam pembahasan ini, Arunapasman akan merangkum ukuran RAM komputer paling besar pada fungsi komputer yang digunakan perseorangan saja.

Info Ukuran RAM Komputer Paling Besar Saat Ini Terbaru

Info Ukuran RAM Komputer Paling Besar Saat Ini Terbaru

1. RAM 2GB

RAM berukuran 2GB masih banyak dijual dengan tipe DDR2 dan DDR3, tapi lebih dominan menggunakan tipe DDR2 karena memang sudah terlewat dari masanya.

Saat ini yang menggunakan ukuran RAM 2GB hanya komputer berspesifikasi rendah atau low end. Kemungkinan tidak hanya 2GB 1keping, melainkan motherboar dual channel RAM yang berarti total 4GB, sudah cukup mumpuni untuk browsing dan mendengarkan musik.

2. RAM 3GB DDR3

Ternyata ada juga ukuran RAM 3GB, termasuk unik karena seharusnya RAM mempunyai kapasitas berkelipatan 2. Jarang ada yang menggunakannya, stok dipasarannya pun sangat sedikit, jadi menurut Arunapasman tidak perlu banyak dibahas.

3.RAM 4GB

Sangat banyak sekali RAM berukuran 4GB yang dijual sekitar tahun 2015-2019. Wajar saja karena melihat segmen pasar saat ini merata menggunakan ukuran 4GB pada dual channel motherboard.

Tipe yang banyak dijual adalah DDR3 karena dari sisi ukuran dan tipe DDR sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan lembar kerja rumahan dan anak sekolah. RAM 4GB dengan tipe DDR3 yang terpasang pada motherboard 4channel saja sudah bertotal 16GB, sangat lebih dari cukup bahkan untuk komputer gaming.

4. RAM 8GB

Memori RAM 8GB sudah cukup lama dijual dipasaran, hanya ada tipe DDR3 dan DDR4, walaupun begitu masih jarang digunakan untuk komputer standar pemakaian, ya 1 banding5 saja lah yang menggunakan RAM 8GB itupun hanya mereka yang niat untuk build PC.

RAM 8GB yang misal digunakan pada motherboard 4channel artinya akan mendapatkan total memori fisik sebesar 32GB, game apa yang dimainkan dengan RAM sebesar itu. Justru kebanyakan dengan total memori sebesar itu komputer sengaja dibangun untuk kebutuhan render dan animasi.

5. RAM 16GB

Dengan harga yang fantastis perkeping bisa mencapai lebih dari 1juta rupiah, ukuran RAM terbesar saat ini adalah 16GB dengan tipe DDR4. Bentuk fisiknya sangat amat elegan, bahkan biasanya komputer yang dibuild dengan RAM kepingan 16GB hanya untuk pameran dan diperusahaan besar.

Kamu akan kesulitan mencarinya di toko online karena hampir tidak ada toko lokal yang menjualnya. Tetap ada yang jual, tetapi merknya sangat terbatas, bahkan ditoko online lokan bertema warna hijau saja hanya ada beberapa lapak yang memilikinya. Saat ini paling mudah ditemukan hanya dengan Toko online internasional.

6. RAM 32GB per Keping

Info terbaru yang Arunapasman baca sekarang sudah ada RAM dengan kapasitas 32GB per keping nya, tapi masih di DDR4. Jadi kalau ada 4 Slot dan di isi penuh maka total RAM di komputer tersebut bisa 128GB, luar biasa sekali. Untuk bisa mengangkat ukuran RAM sebesar ini tentu spesifikasi komputer juga harus tinggi, termasuk sumber daya dari PSU dan Motherboard yang mumpuni.

Penutup

Perkembangan teknologi dan ukuran RAM akan berubah sangat cepat, jadi untuk saat ini ukuran RAM Komputer Paling Besar seperti yang arunapasman bahas di atas untuk per kepingnya. Tapi tidak menutup kemungkinan juga akan muncul kelipatan kapasitas yang lebih besar untuk perkeping dalam waktu dekat, jangan khawatir artikel ini akan selalu diupdate jika ada ukuran RAM yang baru.