Cara Mudah Cek DDR RAM Laptop Sebelum Upgrade

Cara mengetahui dan cek DDR RAM Laptop yang kita gunakan paling mudah hanya ada 2 metode, yaitu yang pertama dengan software dan yang kedua dengan cara membuka penutup RAM kemudial melihat tipe DDR langsung di stiker RAM.

Jikapun ada cara-cara yang lain kemungkinan hanya untuk melihat kapasitas RAM laptop saja. Karena yang ingin di cek dan diketahui hanya tipe DDR nya saja maka sara Arunapasman untuk menggunakan kedua cara berikut ini.

Cara Mudah Cek DDR RAM Laptop Sebelum Upgrade

Cara Cek DDR RAM Laptop menggunakan Software

Ada 2 software untuk melihat spesifikasi RAM yang banyak dan selalu disarankan oleh sebagian besar penggunak laptop termasuk yang arunapasman sendiri sarankan untuk kamu gunakan yaitu Speccy dan CPU-Z, keduanya bisa kamu download secara gratis.

Selain kedua software tersebut masih ada banyak software untuk cek spesifikasi komputer dan laptop dengan lengkap, kamu tinggal mencari di tab pencarian Google tentang detail RAM dan lihat tipe DDRnya disana, maka akan muncul rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan atau langsung spesifikasi RAM dari seri Laptop yang kamu gunakan.

Cara Mengetahui DDR RAM Laptop pada Stiker

Cara ke dua yang paling valid dan jelas yaitu dengan membuka penutup RAM dibagian bawah laptop dengan menggunakan obeng plus kecil. Tapi tentunya banyak pabrikan laptop yang menaruh seal garansi di permukaan baut cover RAM sehingga garansi akan hilang ketika cover RAM dibuka.

Gunakan cara ini kalau masa garansi kamu sudah habis atau kalau kamu tidak peduli dengan garansi diberikan. Setelah penutup RAM dibuka, lihatlah stiker yang tertempel pada RAM.

Disitu akan tertera jelas tipe DDR dan seri kecepatan dari RAM tersebut. Cara kedua lebih menguntungkan juka kamu ingin melakukan upgrade RAM di laptod dengan membawa RAM lama kamu sebagai contohnya. Jadi bawa saja RAM tersebut ke toko komputer dan tanya varian kapasitas terbesarnya.

Kesimpulannya

Dari pengalan Arunapasman.com membuka-buka laptop, hanya kedua cara tersebut yang bisa memastikan tipe DDR RAM berapa yang digunakan pada laptop kita dengan kepastian dan tindakan jelas. Memang sih bisa dengan mencari spesifikasi dari laptop yang kita gunakan, tapi kok rasanya kurang manteb kalau memang tujuannya untuk mengetahui RAM tersebut rusak atau mungkin ingin menambah dan mengupgrade RAM. Semoga bermanfaat !