Cara Menambah RAM Komputer Windows 7

Kalau kamu sedang mencari Cara Menambah RAM Komputer Windows 7, sebenarnya tidak ubahnya dengan cara menambah atau mengupgrade RAM pada umumnya karena OS hanya mengikuti rekomendasi dari motherboard.

Penting soal ini, Jika kamu ingin menambah kapasitas RAM komputer windows 7 dengan kapasitas yang besar maka pastikan kamu sudah menggunakan Windows 7 64bit, karena windows 7 32 bit hanya support untuk maksimal RAM 4GB saja.

Cara Menambah RAM Komputer Windows 7

Cara Menambah RAM Komputer Windows 7

Sebelumnya Arunapasman jelaskan dulu kalau Menambah dan mengupgrade adalah 2 tindakan yang berbeda dimana menambah artinya sudah ada RAM lama serta kemungkinan slot RAM lainnya masih kosong. Sehingga berniat mengisi slot RAM lainnya itulah yang disebut "menambah". Sedangkan mengupgrade yaitu mengganti RAM lama dengan RAM baru yang kapasitasnya lebih besar.

1. Cek Spesifikasi RAM yang sudah dipakai

Walaupun secara teknis sama saja, pada cara menambah RAM membutuhkan sedikit perhatian khusus pada spesifikasi RAM lama.

Cobalah untuk cek spesifikasi RAM yang kamu gunakan dan perhatikan ke 2 bagian berikut : Tipe DDR dan Seri RAM. Maksud seri dari RAM yaitu perkembangan kecepatan akses dan membaca pada tipe DDR tersebut.

2. Membeli RAM

Khusus untuk menambah RAM kamu harus membeli RAM baru yang "tipe DDR dan seri nya" sama dengan RAM yang sudah digunakan.

Contoh :
  • Ram yang sudah ada 2GB bertipe DDR3 dengan seri kecepatan 10600. Artinya jika kamu ingin menambah RAM, kamu harus membeli RAM kapasitas 2GB DDR3 10600 1buah lagi sehingga total kedua slot adalah 4GB DDR3 10600.

Nah, jika kamu membeli RAM 2GB DDR3 12800, maka yang terjadi yaitu RAM kedua yang baru akan menyesuaikan kecepatan yang pertama di 10600. Kabar baiknya walaupun berbeda seri, RAM tetap dapat digunakan.

Atau mudahnya kamu bawa RAM yang lama, kemudian cari RAM yang sama persis dengan RAM tersebut sehingga ketika dipasang tidak akan ada masalah.

Cara Upgrade RAM Komputer Windows 7

Maksud dari Upgrade RAM adalah RAM yang lama dirasa sudah tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk lembar kerja yang digunakan.

Cara Upgrade RAM Komputer yang benar untuk semua windows entah 7,8,ataupun 10 adalah dengan melepas RAM yang lama dan mengganti RAM dengan seri baru bertipe DDR sama untuk semua slot yang ada.

Contoh :
  • RAM lama kamu 2GB DDR3 10600 1buah saja. Jadi kamu lepas RAM tersebut dan jangan digunakan lagi.
  • Kemudian kamu beli RAM 4GB DDR3 12800 sebanyak 2buah, dan dipasang setiap slot 1buah RAM. Sehingga total kapasitas RAM yang baru adalah 8GB DDR3 12800.

Itulah yang dinamakan dengan Upgrade RAM, mengganti RAM yang lama dengan RAM baru yang kapasitas serta seri kecepatannya lebih baik.

Penutup

Cara Menambah dan Upgrade RAM Komputer Windows 7 sama saja dengan windows lainnya 8 ataupun 10. Perbedaannya hanya pada spesifikasi RAM yang digunakan karena pada dasarnya perkembangan OS dan Motherboard akan menuntut kualitas dan jenis tipe RAM yang lebih bagus.