Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sering Main Media Sosial Bisa Bikin Pola Tidur Buruk

Sering Main Media Sosial Bisa Bikin Pola Tidur Buruk

Arunapasman.com - Kalau kamu sering main media social dan masuk ke kategori tidak bisa menginggalkannya maka bisa jadi kamu akan sering mengalami gangguan tidur atau pola tidur yang buruk.

Menggunakan media sosial akan mempermudah aktivitas seseorang untuk berkoneksi dan berkomunikasi dengan orang lain tentu saja penggunaan internet ini sudah mengubah cara hidup dan perspektif manusia tentang telekomunikasi tersebut. 

Info Gadget Pilihan :
Disisi lain penggunaan medsos faktanya bisa menimbulkan pengaruh yang baik dan juga bisa menimbulkan pengaruh yang buruk.

Khusus pengaruh buruknya ternyata sebagian besar orang yang menghabiskan waktunya dengan bermain media social cenderung akan sulit tidur dan sering mengalami gangguan tidur terus menerus.

Menjadi Penyebab Pertama Gangguan Tidur

Penyebab terjadinya gangguan tidur yang pertama sih cukup mudah ditebak, karena main media social sampai malam sudah jelas akan mengurangi jam tidur kita yang seharusnya bisa maksimal.

Ada juga beberapa survey yang sudah dilakukan para peneliti dan arunapasman membacanya dari berbagai sumber dimana orang yang sering main medsos sampai malam akan susah untuk tidur setelahnya walaupun memaksakan diri untuk tidur.

Dan hampir semua penggunaan media sosial akut memiliki jadwal tidur buruk dan sulit bangun serta lesu di pagi harinya hanya karena factor sepele yaitu takut ketinggalan konten yang disukai.

Rasa cemas muncul karena merasa kalau tidak main medsos lagi bakal ketinggalan konten dan tidak update lagi karena itu pengguna medsos akan membuka aplikasi sosialnya setiap waktu.

Menggunakan media social dan bermain ponsel berlebihan akan menyebabkan kecemasan dan stress, penyebabnya banyak sekali mungkin bisa karena mendapatkan sugesti negative dari komentar-komentar yang ada.

Dari semua factor sebab akibat yang ada, factor paling mengganggu dan menimbulkan imbas positif yang jelas karena mengganggu jam tidur dan paparan cahaya biru dari ponsel akan membuat susah tidur di beberapa jam berikutnya.

Jadi kalau kamu merasa susah tidur setelah bermain ponsel beberapa jam, hal tersebut juga dialami banyak orang.

Karenanya jika ingin mendapatkan tidur yang berkualitas dan merasa segar ketika bangun dipagi harinya maka lebih baik tinggalkan ponsel 3-5 jam sebelum waktu tidur. Jika ingin tidur jam 10 malam lebih baik tinggalkan ponsel sejak masuk pukul 6 petang.