Alasan Kenapa Harga Paket Kuota Telkomsel Mahal

Alasan Kenapa Harga Paket Kuota Telkomsel Mahal

Arunapasman.com - Mungkin kita sering bertanya kenapa harga paket kuota internet Telkomsel mahal ?? Tentu hal ini punya banyak alasan, salah satunya tentang persoalan kualitas sinyal yang sudah banyak orang tau kalau hampir disemua tempat akan ada sinyal dari Telkomsel.

Oke, Telkomsel juga merupakan salah satu operator tertua di negara kita yang masih berada di posisi anak perusahaan PT Telkom. Jadi dari kedua alasan awal saja saja kita bisa melihat garis besar kenapa hampir semua harga paket reguler dari Telkomsel ini terbilang cukup mahal. 

Pertama dari sinyal, pasti butuh infrastruktur yang menyebar merata, itu butuh uang. Kemudian tentang anak perusahaan besar, itu juga butuh uang, jadi rasanya wajar kalau kita akan melihat harga paket internetnya lebih mahal daripada operator lainnya. 

Selain itu juga ada beberapa alasan yang menurut Arunapasman yang cukup bisa menjelaskan kenapa harga paket Telkomsel relatif berharga di atas rata-rata.

Kenapa Harga Kuota Telkomsel Mahal ?

Kenapa Harga Kuota Telkomsel Mahal ?
1. Kualitas Sinyal

Alasan pertama yang paling terlihat sih dalam hal kualitas sinyal, ada beberapa kondisi yang membuat kualitas sinyal dari operator si merah terlihat lebih baik.

- Tempat pelosok
- Ketika hujan
- Saat Listrik Mati

Ketika kondisi-kondisi begitu disaat kualitas internet dari operator lainnya hilang dan sulit buat akses internet, sinyal Telkomsel masih ada dan cukup lancar buat nonton streaming video.

2. Layanan Konsumen

Kalau soal layanan konsumen sih rasanya hampir sama saja antara operator yang satu dan yang lainnya.

Namun khusus layanan konsumen Telkomsel sih soal menonaktifkan layanan tertentu dari permintaan ataupun aduan konsumen terlihat lebih cepat.

Mungkin layanan seperti ini juga berpengaruh dengan kenapa harga pakettan Telkomsel relatif mahal, gaji orang cs yang responsif kan juga tinggi bro.

3. Target Konsumen

Lanjut bab berikutnya, berdasarkan pengalaman Arunapasman sendiri yang punya konter ponsel paket data, banyak sekali paket-paket dari Telkomsel yang menyasar pengguna menengah ke atas.

Yang mengatakan hal itu juga orang Telkomsel sendiri yang ada di Kota Arunapasman, jadi karena targetnya kualitas menengah ke atas ya wajar saja kalau harganya lebih tinggi daripada operator lainnya.

4. Jaringan Internet

Berdasarkan hasil data test survey Opensignal di periode 2020-2021 juga menunjukkan kalau Telkomsel memborong juara dari 4 kriteria uji test dibanding operator lain yang hanya bisa mendapatkan satu kriteria saja.

Khusus kriteria jaringan internet yang lancar, Telkomsel pun juga menjadi juaranya. Mau disangkal bagaimanapun ya memang itu hasil testnya.

5. Biaya Perbaikan dan Penambahan Infrastruktur

Melihat dari sisi infrastruktur pun, operator Telkomsel sudah meratakan bts dan infrastruktur lainnya di seluruh nusantara.

Karena itu juga biaya perbaikannya pastilah mahal juga, dengan begitu akhir rantai dagang akan berimbas ke harga paket-paket dari produk Telkomsel yang cukup mahal.

6. Proses Update Teknologi Terbaru

Melihat proses pemerataan update teknologi terbaru seperti layaknya penerapan jaringan 4G LTE yang lalu, Telkomsel pun lebih cepat meratakan jaringan LTEnya dibanding operator yang lain.

Tentu saja karena Telkomsel adalah anak perusahaan dari PT. Telkom maka update teknologi jaringan tidak perlu diragukan lagi, dan tentu update teknologi terbaru yang cepat ini butuh dana besar jadi akan berimbas pula ke harga produknya. Keuntungannya pengguna Telkomsel bisa merasakan teknologi terbaru lebih awal.

Mungkin itulah beberapa alasan yang membuat kenapa Harga Kuota Telkomsel mahal berdasarkan apa yang Arunapasman lihat di pasar outlet pulsa dan kuota internet.

Seperti kata orang "Ada kualitas Ada harga", Kira kira seperti itulah alasan paket kuota internet ataupun paket sms dan telpon reguler dari TElkomsel ini lebih mahal dari operator lainnya. Kalau ada pertanyaan kenapa Arunapasman buat ulasan ini, yaaaaaa sederhana saja, arunapasman sendiri sudah lama pakai Telkomsel dari awal awal adanya internet.