Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Kenapa Harga Paket Kuota Telkomsel Mahal

Kenapa Harga Kuota Telkomsel Mahal ?

Arunapasman.com - Mungkin kita sering bertanya kenapa harga paket kuota internet Telkomsel mahal, hal ini tentunya memiliki banyak alasan yang salah satunya tentang persoalan kualitas sinyal.

Seperti yang kita tau kalau operator merah yaitu Telkomsel merupakan salah satu operator tertua yang masih berada di posisi anak perusahaan PT Telkom.

Jadi dari sini saja kita bisa melihat garis besar kenapa hampir semua harga paket reguler dari Telkomsel terbilang cukup mahal. 

Info Telkomsel Pilihan :
Berikut ini ada beberapa alasan yang menurut Arunapasman cukup bisa menjelaskan kenapa harga paket Telkomsel relatif berharga di atas rata-rata.

Alasan Kenapa Harga Kuota Telkomsel Mahal


1. Kualitas Sinyal

Alasan pertama yang paling terlihat sih dalam hal kualitas sinyal, ada beberapa kondisi yang membuat kualitas sinyal dari operator si merah terlihat lebih baik.

- Tempat pelosok

- Ketika hujan

- Saat Listrik Mati

Ketika kondisi-kondisi begitu disaat kualitas internet dari operator lainnya hilang dan sulit buat akses internet, sinyal Telkomsel masih ada dan cukup lancar buat nonton streaming video.

2. Layanan Konsumen

Kalau soal layanan konsumen sih rasanya hampir sama saja antara operator yang satu dan yang lainnya.

Namun khusus layanan konsumen Telkomsel sih soal menonaktifkan layanan tertentu dari permintaan ataupun aduan konsumen terlihat lebih cepat.

Mungkin layanan seperti ini juga berpengaruh dengan kenapa harga pakettan Telkomsel relatif mahal, gaji orang cs yang responsif kan juga tinggi bro.

3. Target Konsumen

Lanjut bab berikutnya, berdasarkan pengalaman Arunapasman sendiri yang punya konter ponsel paket data, banyak sekali paket-paket dari Telkomsel yang menyasar pengguna menengah ke atas.

Yang mengatakan hal itu juga orang Telkomsel sendiri yang ada di Kota Arunapasman, jadi karena targetnya kualitas menengah ke atas ya wajar saja kalau harganya lebih tinggi daripada operator lainnya.

4. Jaringan Internet

Berdasarkan hasil data test survey Opensignal di periode 2020-2021 juga menunjukkan kalau Telkomsel memborong juara dari 4 kriteria uji test dibanding operator lain yang hanya bisa mendapatkan satu kriteria saja.

Khusus kriteria jaringan internet yang lancar, Telkomsel pun juga menjadi juaranya. Mau disangkal bagaimanapun ya memang itu hasil testnya.

5. Biaya Perbaikan dan Penambahan Infrastruktur

Melihat dari sisi infrastruktur pun, operator Telkomsel sudah meratakan bts dan infrastruktur lainnya di seluruh nusantara.

Karena itu juga biaya perbaikannya pastilah mahal juga, dengan begitu akhir rantai dagang akan berimbas ke harga paket-paket dari produk Telkomsel yang cukup mahal.

6. Proses Update Teknologi Terbaru

Melihat proses pemerataan update teknologi terbaru seperti layaknya penerapan jaringan 4G LTE yang lalu, Telkomsel pun lebih cepat meratakan jaringan LTEnya dibanding operator yang lain.

Tentu saja karena Telkomsel adalah anak perusahaan dari PT. Telkom maka update teknologi jaringan tidak perlu diragukan lagi.

Mungkin saja itulah beberapa alasan yang membuat kenapa Harga Kuota Telkomsel mahal berdasarkan apa yang Arunapasman lihat di pasar outlet pulsa dan kuota internet.

Seperti kata orang "Ada kualitas Ada harga", mungkin seperti itulah alasan paket kuota internet ataupun paket sms dan telpon reguler dari TElkomsel ini lebih mahal dari operator lainnya.