Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Jaringan 5G dan WiFi 5G

Perbedaan Jaringan 5G dan WiFi 5G

Arunapasman.com - Sering mendengar atau melihat istilah Wifi 5G ? Pada dasarnya Jaringan 5G dan WiFi 5G itu sangat jauh berbeda.

Perkembangan jaringan intener pada smartphone kini sudah mulai memasuki teknologi jaringan 5G yang kini banyak diadopsi oleh sejumlah negara besar.

Istilah 5G atau yang kita tau sebagai arti dari jaringan generasi kelima ternyata digunakan juga pada teknologi WiFi yaitu istilah WiFi 5G, namun diantara keduanya arti 5G tersebut ternyata berbeda.

Istilah 5G pada Teknologi Jaringan Smarphone


Istilah 5G pada ponsel pintar atau smartphone adalah nama dari teknologi jaringan 5G yang merupakan standar jaringan seluler terbaru dengan arti generasi kelima setelah sebelumnya 4G adalah jaringan generasi ke 4.

Teknologi Jaringan internet 5G pada ponsel pintar atau smartphone tentunya didesain dan dirancang lebih cepat serta memiliki latensi lebih rendah daripada jaringan 4G LTE atau generasi sebelumnya. 

Baca juga : Apa itu Jaringan 5G, Kenali Cara Kerja dan Bahayanya

Munculnya istilah Smartphone 5G atau ponsel pintar dengan jaringan internet generasi kelima terdengan pada tengah tahun 2019 dan juga jaringan 5G di prediksi akan merubah kemampuan koneksi jaringan internet 4G yang sekarang secara drastis.

Istilah 5G pada WiFi 5G


Pada dasarnya teknologi jaringan generasi ke 5 atau 5G pada smartphone tidak ada hubungannya sama sekali dengan istilah jaringan WiFi 5G.

Istilah WiFi 5G sebenarnya sudah jauh muncul daripada teknologi jaringan 5G smartphone, dan ternyata sudah banyak smartphone dengan jaringan 4G yang mendukung cakupan ke WiFi 5G ini.

Kata 5G pada WiFi 5G bukan istilah dari generasi jaringan tetapi berarti Wifi 5 Ghz dimana satuan 5 Ghz tersebut adalah nama atau lebar dari pita frekuensi yang digunakan oleh WiFi.

Saat pembahasan ini ditulis, teknologi Wifi sudah menggunakan pita frekuensi selebar 5 Ghz dan 2,4 Ghz, jadi benar benar tidak berhubungan dengan genaris jaringan internet. 5G pada wifi adalah jenis pita frekuensi yang digunakan oleh wifi tersebut.

Sebagai informasi yang harus kamu tau bahwa pita frekuensi 5 GHz sudah digunakan pada WiFi dengan standar 802.11n mulai tahun 2009 dan tentunya masih digunakan hingga saat ini karena teknologi pita frekuensi WiFi 5 GHz mampu mentransmisikan data dengan lebih cepat.

Kekurangan dari pita frekuensi 5 GHz ternyata memiliki jangkauannya lebih pendek darpada 2,4 GHz dan akan menjadi lemah jika harus menembus ruangan berlapis tembok tebal karena itu wifi 5GHz sering digunakan pada ruangan yang luas atau terbuka.

Berbanding terbali dengan pita frekuensi WiFi 2,4 GHz yang memiliki kecepatan untuk mentransmisi data yang lebih lambat tetapi panjang gelombang nya bisa menembus dinding tebal sehingga jangkauannya lebih luas.

Pada smartphone dengan teknologi terbaru sudah memiliki fitur 5G dan cakupan WiFI 5G secara bersamaan jadi 5G berupa jaringan generasi ke 5 untuk koneksi internet kartu SIM dan teknologi wifi untuk menerima gelombang dari pita frekuoesi 5GHz.

Bagaimana Bisa Disebut WiFi 5G?


Secara teknis istilah WiFi 5G sudah seperti istilah tidak resmi yang muncul dan menyebar luas sejak jaringan seluler 4G banyak digunakan, istilah Wifi 5G hanya digunakan sebagai cara mempermudah sebutan Wifi 5GHz saja.

Kemudian sekarang karena mulai muncul teknologi jaringan seluler 5G atau generasi kelima ternyata membuat istilah antara jaringan 5G dan WiFi 5G membuat salah pengertian.

Kesimpulannya, jika istilah 5G berada di keterangan jaringan internet smartphone berarti istilah tersebut untuk generasi teknologi yang digunakan. Dan jika istilah 5G ada dibelakang kata Wifi maka artinya pita frekuensi 5GHz. Jadi antara keduanya tidak berhubungan sama sekali.