Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Paket Internet Jenis Unlimited untuk Belajar dan Dirumah

Tips Memilih Paket Internet Jenis Unlimited untuk Belajar dan Dirumah

Arunapasman.com - Kebijakan Tentang belajar dan bekerja dari rumah pastinya membutuhkan akses internet untuk sarana paling utama, karena itu mungkin kamu bisa menjadikan paket internet Unlimited sebagai kebutuhan akses internet kamu.

Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang yang diberlakukan kebijakan belajar bekerja dari rumah karena transisi masa new normal sudah pasti membutuhkan kuota internet bukan hanya untuk bekerja melainkan juga sebagai akses konten konten hiburan.

Banyak sekali macam label internet termasuk salah satunya yaitu paket bergenre UNLIMITED dimana terdapat kuota utama serta kuota bonus untuk akses berbagaimacam aplikasi pilihan full tanpa batas kuota.

Permasalahannya setiap paket yang berlabel UNLIMITED pasti memiliki syarat dan ketentuan berlaku, jika kamu ingin menggunakan paket jenis ini sebagai sarana internet dan hiburan dirumah maka ada beberapa tips agar kamu tidak salah pilih.

Intinya ada beberapa poin yang harus kamu tau agar ketika memutuskan untuk membeli paket internet unlimited ini semua bonus bisa terpakai. Berikut Tips Memilih Paket Internet Jenis Unlimited untuk Belajar dan Dirumah dari arunapasman yang bisa kamu coba.

Tips Membeli Paket Internet Unlimited untuk Belajar Dirumah


1. Aplikasi Pilihan Bebas Akses Sesuai Dengan Kebutuhan Kamu

Pada Paket internet unlimited terdapat daftar aplikasi pilihan yang diklaim bisa diakses tanpa batas kuota, hal ini tidak sepenuhnya benar karena ada syarat dan ketentuan berlaku.

Sebisa mungkin kamu harus mencari tau aplikasi apa saja yang bisa diakses dan sesuai dengan kebutuhanmu misalnya aplikasi untuk converence, untuk komunikasi gratis, pekerjaan dan yang paling penting aplikasi aplikasi yang bersifat sebagai hiburan.

Misalnya sebagai contoh kamu membutuhkaan akses ke aplikasi Zoom kemudian untuk hiburan ada aplikasi Instagram, Facebook, Spotify, Netflix dan lainnya maka pilihlah paket yang berlabel Unlimited dengan gratis akses ke aplikasi aplikasi ini.

Baca juga : Rekomendasi Paket Internet Operator untuk Belajar Online

Kemudian yang paling penting kamu harus tau apakah aplikasi tersebut tetap bisa diakses ketika kuota utama sudah habis atau tidak, karena biasanya ketika kuota utama sudah habis atau kuota bonus habis maka akan berlaku FUP atau Batas pemakaian wajar.

2. FUP atau Batas Pemakaian Wajar Harian

Tips paling penting berikutnya adalah kamu harus tau batas FUP atau batas pemakaian wajar harian kuota aplikasi. Biasanya FUP berlaku di speed 128kbps, hal ini sudah sangat lumayan. Tapi sebisa mungkin carilah FUP di 256 kbps kalau ada, tapi hindarilah paket unlimited dengan FUP jika hanya 64kbps saja.

Dengan FUP yang cukup besar maka kamu bisa memanfaatkan bonus Unlimitednya lebih maksimal jadi lebih hemat karena tidak harus buru buru beli kuota baru ketika kuota utama sudah habis.

Hal ini juga berlaku jika kamu membeli paket internet unlimited dengan batas pemakaian wajar bulanan karena mungkin kuota utama yang jumlahnya lebih besar akan lebih cepat habis. Sebagian besar paket unlimited akan bisa digunakan gratisannya ketika kuota utama sudah habis terlebih dahulu.

Tentang FUP atau Batas pemakaian wajar sepertinya adalah hal yang harus kita sadari dan terima karena pasti diterapkan oleh semua operator telekomunikasi, kalau tidak begitu darimana dapat untungnya.

3. Harus ada Booster untuk Paket Unlimited

Hal berikutnya yang harus kamu cari tau adalah adanya paket booster atau fitur paket internet tambahan yang berfungsi agar bonus unlimitednya bisa tetap diapakai.

Secara umum paket booster ini sangat berguna untuk kamu yang membutuhkan pemakaian lebih besar pada aplikasi aplikasi terpilih atau sebagai tambahan kuota utama tanpa harus mengganti paket karena masih ada banyak sisa bonus unlimited.

Permasalahannya muncul ketika tidak semua paket internet unlimited menyediakan booster tersebut, jadi lebih baik kamu cari paket internet genre UNLIMITED yang ada pilihan paket booster atau paket kuota tambahannya.

Misalnya sebagai contoh yaitu paket Booster Unlimited Smartfren ynag tersedia mulai dari Rp 2.000 0,5 GB 1 hari, Rp 5.000 0,5 GB per hari 3 hari, sampai Rp 10.000 0,5 GB per hari 7 hari dengan begitu bonus unlimitednya bisa tetap dipakai tanpa kamu harus mengeluarkan uang yang lebih banyak.

Permisalan berikutnya dari adanya Booster Unlimited Smartfren yaitu ketika membeli booster harga 10 ribu maka FUP perhari kamu akan bertambah menjadi 1.5GB untuk paket UNlimited 100 rb sebulan.

Jenis jenis paket unlimited dengan booster ini sangat cocok untuk kamu yang sering menggunakan aplikasi school from home atau bekerja remote karena bisa menambah kuota utama tanpa harus membeli paket balu.

Pada operator Indosat Ooredoo juga ada fitur booster dengan nama Extra Kuota yang bisa menambah kuota utama dan kecepatan internet ketika sudah berlaku FUP nya.

Pada operator Indosat Ooreedoo kamu bisa membeli Extra Kuota seharga Rp 10.000 untuk kuota utama tambahan sebesar 1GB serta ekstra kuota malam 4GB dan speed booster 1GB tetapi paket ini hanya dapat digunakan oleh pelanggan pascabayar di paket Unlimited pilihan.

Kesimpulannya

Paket unlimited memang menawarkan banyak gratis akss aplikasi pilihan tanpa batasan kuota, tapi tetap saja berlaku FUP atau batas pemakaian wajar, jadi pastikan paket unlimited yang kamu beli memiliki booster sehingga ketika butuh kuota tambahan tidak perlu membeli paket baru lagi.