Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengisi Baterai Smartphone Dengan Cepat

Tips Mengisi Baterai Smartphone Dengan Cepat

Arunapasman.com - Cara mengisi baterai ponsel atau smartphone dengan cepat seharusnya menjadi prioritas utama untuk diperhatikan karena akan lebih aman dan nyaman menggunakan ponsel tanpa terhubung dengan kabel.

Tapi sayangnya metode pengisian baterai ponsel lebih sering diabaikan dan lebih memilih menggunankan smartphone dalam kondisi di cas, padahal berdasarkan penelitian menggunakan ponsel sembari di cas akan memperpendek masa pemakaian baterai.

Berbeda dengan sebagian orang yang lebih memilih untuk mencas ponselnya terlebih dahulu baru kemudian menggunakan ponsel tersebut ketika sudah penuh.

Nah, kali ini admin arunapasman ingin berbagi beberapa tips agar bisa mengisi baterai ponsel atau smartphone dengan cepat daripada posisi digunakan sembari di cas.

Tips Mengisi Baterai Ponsel Smartphone Dengan Cepat


1. Cek Kondisi Kabel

Hal pertama yang harus kamu cek dan pastikan adalah kondisi kabel cas yang kamu gunakan, pasalnya penyaluran daya listrik dari kepala charget ke ponsel kamu tentunya melalui kabel.

Walaupun mungkin tidak terlihat rusak dari luar, kabel cas bisa mengalami kerusakan dari dalam kabel itu sendiri.

Jika waktu cas yang kamu rasakan cukum lama lebih dari 2 jam, ada baiknya kamu ganti kabel dengan kabel cas yang baru.

2. Matikan Ponsel atau Koneksi Data

Agar pengisian baterai ponsel berjalan maksimal, pastinya kamu harus meminimalisir arus daya yang digunakan dari batarei ke ponsel.

Artinya arus daya listrik hanya difokuskan untuk masuk kedalam baterai dan tidak ada penggunaan daya keluar. Cara terbaik adalah mematikan ponsel atau smartphone.

Tapi kalau kamu malas dengan mematikan dan menghidupkan ponsel, paling gampang bisa gunakan mode pesawat sehingga tidak ada penggunaan daya untuk koneksi internet.

3. Cas Dengan Colokan Listrik

Untuk memaksimalkan proses pengecasan smartphone pastikan kamu menggunakan kepala cas yang terhubung ke steker listrik.

Perlu kamu tau jika melakukan cas ponsel pada port USB di laptop atau komputer daya keluarnya hanya 0.5A saja, pasti akan sangat lama sampai baterai penuh.

4. Ganti Kepala Charger Jika Sudah Lemah

Seperti peralatan elektronik yang berhubungan dengan koneksi kelistrikan, pasti akan ada masa penggunaannya dan jika masuk akhir masa biasanya daya yang dikeluarkan akan melemah.

Cara terbaik agar kepala charger bisa bekerja dengan maksimal tentu saja kamu harus membeli kepala charger yang baru.

Jangan beli kepala charger dengan harga murah, belilah kepala charge yang harganya diatas rata rata juga menggunakan teknologi Quick Charge atau Fast Charging terbaru.

5. Gunakan Media Kabel Langsung

Pengisian daya baterai agar cepat penuh paling bagus menggunakan charger yang langsung terhubung dengan port pada ponsel.

Sebisa mungkin hindari menggunakan pengisian daya Wireless, meskipun terlihat simpel dan mudah tinggal taruh lalu angkat ternyata pengisian dayanya tidak semaksimal dengan media kabel langsung.

6. Jangan Gunakan Pelindung Ponsel

Teknologi baterai masa sekarang sudah menggunakan lithium-ion yang artinya akan bekerja dengan maksimal pada suhu yang dingin atau rendah.

Pada dasarnya menggunakan pelindung ponsel atau cover bisa menambah panasnya bagian belakang ponsel yang pada umumnya sebagai area tempat baterai berada.

7. Cek Charging Port Ponsel

Jika semua kondisi ponsel tidak bermasalah tapi ketika akan mencas smartphone kadang masuk kadang tidak atau susah terhubung itu artinya charging port pada ponsel kamu bermasalah.

Solusinya hanya bisa dilakukan dengan servis dan mengganti charging port tersebut, semakin lama dan semakin sering digunakan maka charging port juga dapat mengalami ke ausan jadi cobalah untuk cek secara berkala.

Penutup Mengisi Baterai Ponsel Dengan Cepat


Sepertinya itulah beberapa poin tentang Tips Mengisi Baterai Ponsel Smartphone Dengan Cepat yang bisa admin arunapasman sampaikan.

Sebagai saran saja, menggunakan ponsel ketika baterai sudah dicas penuh akan lebih baik, karena jika menggunakan ponsel dalam keadaan dicas menurut penelitian dapat memperpendek masa pemakaian baterai.