Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Sharing Printer di Windows Menggunakan Jaringan



Arunapasman.com - Cara Sharing Printer di Windows Menggunakan Jaringan punya banyak manfaat yang bisa didapat salah satunya satu printer bisa digunakan untuk banyak perangkat komputer.

Di masa sekarang perangkat printer adalah salah satu jenis barang yang sangat diperlukan baik untuk keperluan kerja di kantor maupun di rumah.

Karena hal tersebut printer akan bisa jadi lebih praktis jika bisa digunakan bersama banyak orang dengan fitur sharing printer.

Dengan menggunakan fungsi fitur sharing printer maka akan bisa lebih menghemat biaya. Penghematan biaya yang dimaksud karena tidak harus menyediakan satu printer untuk setiap perangkat PC atau laptop.

Tentu fungsi seperti ini untuk group kerja yang lumayan besar sekitar 6-10 orang akan sangat berguna sekali dari pada harus membeli 9 unit printer lagi.

Berikut Cara Sharing Printer di Windows Menggunakan Jaringan yang sangat mudah dari admin arunapasman :

Cara Sharing Printer di Windows Lewat Jaringan


1. Cara Sharing Printer via Kabel LAN

Cara Sharing printer yang pertama bisa menggunakan jaringan dari kabel LAN yang biasa diterapkan pada ruang kerja sebuah kantor.

Langkah pertama kamu tinggal klik 'Start' dan pilih 'Printer and Faxes'. Kemudian cari icon printer lalu klik kanan dan pilih 'Sharing'.

Setelah itu maka akan muncul sebuah kotak dialog Properties dan tinggal klik tab 'Sharing' dan pilih 'Share this printer'.

Kamu hanya perlu memberikan nama printer tersebut pada kolom 'share name' yang tersedia dan tinggal klik 'ok'.

Tidak selang begitu lama, setelah 3 menitan kamu bisa mencoba menggunakan printer tersebut untuk melakukan print apakah berhasil atau tidak.

2. Cara Menggunakan Fungsi Printer Sharing

Kemudian jika kamu ingin menggunakan Fungsi Printer Sharing maka langkah pertama klik 'Start' lalu pilih 'Printer and Faxes'.

Kemudian klik kanan pada sembarang tempat dan pilihlah "Add Printer" dan tidak lama kemudian pada layar akan muncul kotak 'Add Printer Wizard'.

Tinggal Klik 'next' dan pilih menu 'A Network Printer' kemudian klik 'Next'. Setelah itu klik lagi pada kolom 'Connect to this printer; dan Klik 'Next'.

Kamu hanya perlu mengisikan nama printer dan klik next lagi. Langkah terakhir tinggal mengatur saja apakah printer sharing tersebut akan menjadi default atau tidak dan klik 'Finish'. Selesai.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Sering Menatap Monitor

Penutup Cara Sharing Printer di Windows


Mungkin itu saja langkah langkah Cara Mudah Sharing Printer di Windows Menggunakan Jaringan yang bisa admin arunapasman sampaikan.

Melakukan sharing printer tidaklah sulit, tinggal klik klik saja, lagipula dengan fungsi sharing printer akan lebih menghemat cost dari pada membeli banyak unit printer.