Smartphone Lama Bisa Dibuat Menjadi Perangkat Lain Yang Berguna

Kadang, smartphone yang kita gunakan harus ditinggalkan meskipun sebenarnya masih bisa digunakan, alasan yang mengharuskan kita untuk berganti smartphone baru yang lebih mendukung mungkin karena sudah lemot atau tidak mampu untuk mengakses aplikasi yang terbaru.

Karena itu Jangan jual atau buang smartphone lama kamu karena masih bisa digunakan mejadi perangkat lain yang berguna. Arunapasman punya nih beberapa trik yang bisa kamu coba untuk mengubah smartphone lama kamu menjadi sebuah perangkat yang bisa mendukung kebutuhan lainnya.

Smartphone Lama Bisa Dibuat Menjadi Perangkat Lain Yang Berguna

Smartphone Bisa Menjadi Kamera Keamanan

Mungkin opsi yang pertama yaitu kamu bisa mengubah smartphone menjadi kamera keamanan dengan cara mengunduh aplikasi kamera keamanan misalnya Alfred atau IP Webcam tergantung suka yang mana.

Kemudian cari tempat yang paling strategis untuk meletakkan smartphone dan posisi tersebut mampu memantau wilayah sekitar, selanjutnya hubungkan dengan ponsel baru. Dengan begitu kamu dapat memantau kondisi dari smartphone yang baru.

Smartphone Android Menjadi Google Home

Paling oke kamu bisa mengubah smartphone Android lamamu menjadi Google Home, apalagi hal ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan karena fitur Google Assistant sudah ada pada smartphone.

Update saja Google Asistan pada smartphone Android kamu dan hubungkan dengan speaker bluetooth. Setelah itu untuk menggunakannya kamu hanya perlu mengucapkan 'OK Google' dilanjutkan dengan perintah suara dan kamu sudah mendapatkan Google Home versi low budget.

Gunakan Sebagai Pemutar Musik

Kalau suka mendengarkan musik, tinggal hapus semua data pada smartphone, unduh dan install aplikasi pemutar musik serta tambahkan ke smartphone file musik favorit kamu. Mungkin suka streaming musik dari aplikasi premium tinggal hubungkan saja dengan koneksi internet dan speaker bluetooth. Dengan begitu kamu bisa mendengarkan musik dari smartphone lawas kamu sepanjang waktu bahkan bisa juga buat teman kala istirahat.

Gunakan Smartphone Menjadi Kamera Monitor Anak-Anak

Kamu juga bisa mengubah smartphone lama menjadi kamera pengawas anak-anak atau bayi dengan cara meletakkannya di kamar anak-anak dan pantau dari smartphone yang baru. Aplikasi yang bisa kamu gunakan misalnya Dormi atau Cloud Baby Monitor dan tinggal lakukan pengaturan sederhana yang sangat mudah.

Ubah Smartphone jadi Mouse Nirkabel

Seperti artikel sebelumnya kamu bisa mengubah smartphone lama menjadi mouse nirkabel untuk komputer atau laptop. Caranya mudah tinggal download dan install aplikasi seperti Remote Mouse untuk iPhone dan Android kemudian hubungkan dengan komputer atau laptop. Jalur aksesnya menggunakan jaringan Wi-Fi, jadi komputer atau laptop dan smartphone lama kamu harus berada di jaringan yang sama.

Tentu masih banyak hal lagi yang bisa dilakukan dengan smartphone lama kamu yang masih bagus, pertimbangannya daripada dijual lagi dengan harga yang rendah banget, lebih baik kita manfaatkan untuk fungsi lainnya. Kalau arunapasman sih paling dibuat mutar lagu lagu dengan disambungkan dengan speaker aktif, lumayan bisa biat hiburan di waktu senggang.