Inilah Negara dan Media Pengguna Internet Pertama Kali

Masa awal adanya Pengguna Internet Pertama Kali itu bukanlah langsung dalam jaringan besar seperti yang sekarang ini kita lihat, namun internet kala itu hanya dalam dalam bentuk suatu proyek penelitian saja yang bernama ARPANET, jadi tidak semua orang bisa menggunakannya.

Berdasarkan pengertian dimasa awalnya, Internet adalah sebuah rangkaian skema besar jaringan komunikasi elektronik yang dapat menghubungkan suatu media elektronik dengan media elektronik lain.

Internet itu sendiri awalnya dibentuk melalui proyek ARPANET, singkatan dari Advenced Research Project Agency yang digadang oleh Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 dengan didukung dengan standar teknologi yaitu Transmission Control Protocol (TCP).

Inilah Negara dan Media Pengguna Internet Pertama Kali

Transmission Control Protocol ( TCP ) ini merupakan sebuah protokol yang berfungsi untuk pertukaran paket yang digunakan pengguna dari seluruh dunia, disisi lain internet juga memiliki istilah internetworking yaitu cara untuk menghubungkan banyak rangkaian internet.

Pada hidupan kita sekarang ini internet sudah digunakan pada berbagai bidang kehidupan tanpa terkecuali mulai dari teknologi, pekerjaan, belajar mengajar hingga berbisnis, mungkin sejarah singkat munculnya internet di dunia berikut ini bisa menambah referensi pengetahuan.

Perkembangan Dari Munculnya Teknologi Internet

Internet pada awalnya merupakan sebuah proyek bernama ARPANET sebagai teknologi jaringan komputer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan dari Amerika Serikat pada tahun 1969 dimana secara fungsi utama untuk berkomunikasi dengan jarak jauh menggunakan saluran telepon.

Dari berbagai sumber disebutkan fungsi proyek ini untuk membuat sistem jaringan yang bisa disebarkan dengan cara menghubungkan komputer di berbagai daerah yang rentan atau kritis dan juga untuk mengatasi masalah jika terjadi serangan atau gangguan nuklir dari lawan.

Untuk menunjang kerja dari internet ini Departemen Pertahanan AS mendemostrasikan hardware dan software komputer dengan menggunakan sistem operasi UNIX.

Jadi Proyek ARPANET ini dirancang oleh departemen pertahanan Amerika untuk bisa menyimpan informasi yang dapat dipindahkan dan selanjutnya menjadi perkembangan misi untuk pembangunan protokol baru sebagai cikal bakal munculnya jaringan transmission control protocol sebagai dasar kerja internet.

Jadi pada dasarnya teknologi internet dibangun untuk kebutuhan militer sebagai sistem jaringan komputer demi menghindari adanya informasi terpusat yang tidak diketahui oleh seluruh anggota, maka jika terjadi serangan atau perang data tersebut mudah untuk dipindahkan atau langsung dihancurkan.

Awal dibentuknya proyek ARPANET hanya bisa menghubungkan hanya empat situs saja yang berada dalam satu jaringan yang terpadu tahun 1969 yaitu Stanford Research Institute, Santa Barbara, University of California, dan University of Utah.

ARPANET diumumkan secara resmi pada bulan Oktober 1972 secara resmi dan disebutkan tahun tersebut adalah masa pertama Web dibuat.

Berikutnya ARPANET mulai berkembang pesat pada berbagai daerah dan universitas di Amerika Serikat karena semakin banyak institusi yang ingin bergabung.

Karenanya membengkaknya sistem jaringan, ARPANET kesulitan untuk mengatur jaringan tersebut agar dapat digunakan dengan baik sehingga proyek ini dibagi menjadi dua yaitu ARPANET dan MILNET, dimana ARPANET untuk keperluan non militer atau untuk institusi yang membutuhkan dan MILNET digunakan khusus untuk keperluan militer.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan meningkatnya kebutuhan jaringan maka kedua jaringan tersebut digabungkan kembali dengan nama DARPA Internet dan beberapa waktu kemudian disederhanakan lagi dengan nama "Internet" saja.

Awal Pertama Munculnya Teknologi Internet

Pada tahun 1957 menjadi salah satu catatan sejarah perkembangan internet penting dimana negara Uni Soviet ( sekarang Rusia ) meluncurkan Sputnik yaitu sebuah wahana luar angkasa.

Pada tahun 1958 Amerika Serikat juga menyusul meluncurkan wahana luar angkasa dengan tujuannya yaitu untuk meningkatkan pengetahuan teknologi komputer, kemudian di tahun 1969 lah proyek ARPANET dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang perkembangannya hingga saat ini.

Di tahun 1965, Ted Nelson meluncurkan sistem jaringan internet Hypertext dan disusul oleh jaringan Tymnet tahun 1968, dan mulai tahun 1971 anggota ARPANET menjadi 23 node komputer yang terdiri dari komputer untuk universitas atau institusi dan untuk riset pemerintah Amerika Serikat.

Kisaran tahun 1972 International Network Working Group atau INWG dibentuk untuk meningkatkan teknologi sistem jaringan internet yang membuat standar yang digunakan untuk jaringan komputer.

Kelompok INWG melakukan pertemuan pertemuan pertama kali dan seorang bernama Vint Cert ditugaskan sebagai pembicara pertama, maka dari itu Vint Cert dikenal sebagai nama Bapak Internet sampai sekarang.

Perkembangan selanjutnya ARPANET mulai melayani beberapa layanan basis data untuk komersial seperti Lexis, SDC Orbit, Dialog, The New York Times Data Bank dan lain sebagainya melalui jaringan dial Up, hingga di tahun 1973 universitas University College of London dan Inggris serta Royal Radar Establishment dari Norwegia ikut bergabung dengan ARPANET.

Karena tuntutan kebutuhan jaringan maka Bapak Internet dan Bob Kahn memberikan spesifikasi secara detail akan TCP sebagai cara memperluas jaringan dalam sebuah artikel yang berjudul A Protocol for Packet Network Interconnection berikutnya ARPANET bekerja sama dengan Beranet dan Newman untuk meluncurkan jaringan internet komersial yang disebut dengan Telnet.

ARPANET memiliki 111 komputer yang terhubung pada tahun 1977 sehingga mengharuskan TCP dibagi menjadi dua yaitu Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP).

Perkembangan Internet Secara Komersial Pribadi

Sejarah perkembangan internet dalam bentuk komputer perseorangan atau PC seperti yang kita tau bermula pada awal tahun 1980,saat itu ARPANET sudah mempunyai 213 jaringan komputer yang terhubung sehingga dibukalah layanan untuk BITNET sebagai penyedia layanan email, list, mailing dan file transfer protokol (FTP).

Tidak lama setelah itu dibuatlah CSNET sebagai sebuah jaringan untuk menyediakan layanan email dan lainya hanya untuk universitas tanpa harus mengakses ARPANET, kemudian pada tahun 1982 Internet dikembangkan dengan teknologi TCP dan IP sebagai protokolnya.

Mulai saat itu semua yang mengakses internet tidak perlu mengakses ARPANET lagi dan pada tahun 1986 mulai dikenalkan sistem nama domain atau Domain Name System (DNS) yang berfungsi untuk menyamakan sistem nama alamat pada jaringan komputer atau internet karena untuk mengingat rangkaian number akan lebih sulit dan lebih mudah mengingat rangkaian kata hingga saat ini.

Berkembang ke media online luar negeri yang muncul pada tahun 1990 dan di tahun 1996 Chicago Tribune mengeluarkan koran pertama Amerika dan mulai dari tahun inilah awal jurnalisme online berkembang pesat.

Pengguna Media Internet Pertama di Indonesia

Di Indonesia sendiri berita online muncul tahun 1997 yang dirilis oleh Kompas, kemudian pada tahun 2000 mulailah muncul berita online dan blog-blog seperti saat ini lain yang saling memberikan informasi.

Media internet di Indonesia berkembang secara pesat mulai dari tahun 2000 an tersebut hingga sekarang yang kita tau banyaknya muncul portal online untuk membantu dan memudahkan masyarakat dalam mengakses berita online, hingga muncullah teknologi smartphone Android sehingga mobilisasi penggunaan internet lebih tinggi.