Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Kenapa Telkomsel, XL, dan Smartfren Meluncurkan Operator Digital Baru

Alasan Kenapa Telkomsel, XL, dan Smartfren Meluncurkan Operator Digital Baru

Arunapasman.com - Seperti yang sudah kita tau bahwa opreator di Indonesia termasuk Telkomsel, XL dan Smartfren mulai tahun lalu sudah meluncurkan produk layanan operator digital yang baru.

Maksud dari operator digital baru yaitu sebuah layanan kartu prabayar yang berbasis aplikasi sehingga dengan produk baru ini semua layanan dan aktivitasnya bisa dilakukan secara digital lewat aplikasi atau situs resmi yang tentunya sangat berbeda kartu seluler biasa.

Dengan produk digital layanan operator yang baru ini memiliki konsep konsumen bisa bebas mengatur penggunaan paket data miliknya sendiri dengan pilihan paket tambahan serta ada juga yang bisa memilih nomor telepon sendiri.

Misalnya saja yang sudah ada yaitu Telkomsel dengan produk layanan operator barunya bernama by.U kemudian Smartfren dengan Switch dan juga XL dengan perator digitalnya bernama Live.on.

Mungkin menjadi sebuah pertanyaan kenapa para operator besar ini meluncurkan operator digital baru berbasis aplikasi yang terkesan saling mengejar satu sama lain.

Kemungkinan Alasan Diluncurkannya Operator Digital Baru


1. Refresh Pasar dan Daya Tarik untuk Pelanggan Baru

Alasan yang paling kuat diluncurkannya operator digital baru dari perusahaan seluler besar yang ada sekarang semestinya untuk penyegaran pasar dan menarik perhatian pelanggan baru dengan disesuaikannya kebutuhan penggunaan paket di masa ini.

Pada era yang semua aktifitas dilakukan bermediakan internet maka layanan berbasis aplikasi sangat sesuai untuk kaum milenial dalam menyesuaikan kebutuhan serta membeli layanan yang ditawarkan.

Baca juga : 'Live.On' Brand Telekomunikasi Baru dari XL Axiata

Apalagi hampir sebagian besar pengguna operator seluler yang sudah ada terkesan hanya menawarkan paket standar sesuai dari kebijakan oprator, maka operator digital baru bisa menjadi daya tarik dimana semua fitur-fiturnya disesuaikan dengan personalisasi keinginan sendiri.

Dengan begitu pandangan pelanggan kepada operator digital baru ini akan lebih fresh serta tidak terikat dengan aturan-aturan syarat berlaku operator konvensional yang bisa diatur secara leluasa hanya dalam satu aplikasi berdasarkan konsep baru memilih kuota dan menambahkan kebutuhan kuota lain.

2. Pasar Paham Kebutuhan

Alasan berikutnya yang tidak kalah kuat yaitu sekarang pengguna layanan operator seluler yang sebagian besar adalah anak muda sudah paham dengan kebutuhan kuota yang akan mereka gunakan dalam waktu tertentu.

Karena itu dengan diluncurkannya operator digital baru sangat mampu untuk menyesuaikan kebutuhan pasar dan mengedepankan fleksibilitas ditambah fitur-fitur dengan kemudahan untuk para penggunanya.

Ambil contoh misalnya layanan operator baru Switch yang meberikan kebebasan pelanggan yaitu mereka bisa mengatur sendiri besaran kuota data dan menit telepon sesuai kebutuhan dalam waktu penggunaan masing masing.

Pada dasarnya kuota utama yang diberikan tidak dibagi-bagi alias full 24 jam yang pasti dibutuhkan, kemudian pengguna juga bisa menambahkan paket lain sesuai kebutuhan misalnya paket telpon atau sms dengan besaran kuota yang mereka prediksi akan digunakan.

3. Tuntutan Persaingan Industri Raksasa

Alasan berikutnya yang tidak bisa disangkal yaitu tuntutan persaingan industri digital besar yang ada di nusantara yaitu kebutuhan segmen pasar digital yang tinggi dan bertambah semakin meningkat tajam.

Mungkin jika memaksakan skema produk digital baru ke layanan operator yang sudah ada tentu tidak terlihat segar lagi, karena pandangan pasar tersebut diluncurkannya produk layanan operator digital baru sudah sangat sesuai.

Apalagi rata-rata sekarang pengguna internet atau smartphone memiliki kebutuhan untuk selalu terhubung dengan media internet dan serta mendapatkan informasi secara instan jadi layanan berbasis aplikasi dan situs utama akan lebih dilirik daripada kesan ribet pada metode konvensional.

Dengan kondisi seperti sekarang dimana sebagian besar pengguna dituntut untuk tetap produktif dari rumah sehingga sangat membutuhkan paket data besar tanpa "aturan yang mengikat" menjadi semakin tinggi, karena itu konsel add-on kouta akan bisa merambah pasar yang semakit besar.

Kemudian dengan metode diluncurkannya layanan operator digital baru akan bisa memberikan jalan operator besar untuk terlepas dari cengkraman perang harga digital seperti yang terjadi saat ini.

Akhir Ulasan

Memang pada dasarnya Alasan Kenapa Telkomsel, XL, dan Smartfren Meluncurkan Operator Digital Baru yang tau juga mereka sendiri, namun dengan melihat kebutuhan pasar sepertinya hal ini tidak bisa dihindarkan dan juga memang dibutuhkan.

Jadi kita sebagai pelanggan operator seluler dengan kebutuhan beragam tinggal pilih saja mana layanan yang sesuai dengan harga yang kompetitif.