Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Paket Internet 35GB Gratis PJJ dari Kemendikbud

Cara Mengaktifkan Paket Internet 35GB Gratis PJJ dari Kemendikbud

Arunapasman.com - Belum lama ini Kemendikbud akan memberikan subsidi paket internet secara gratis untuk mendukung PJJ atau pembelajaran jarak jauh (PJJ), berikut Cara Mengaktifkan Paket Internet 35GB Gratis PJJ dari Kemendikbud.

Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan bahwa tunjangan paket internet PJJ gratis akan diberikan kepada nomor terdaftar selama empat bulan dari September sampai Desember 2020.

Tujuan paket internat ini tentunya untuk belajar online dan jumlah yang diberikan berbeda beda tergantung dari golongan terdaftar seperti berikut :
  • 35GB untuk Siswa 35 GB setiap bulannya
  • 42GB untuk Guru 42 GB setiap bulannya
  • 50GB untuk Mahasiswa 50 GB setiap bulannya
  • 50GB untuk Dosen 50 GB setiap bulannya
Paket internet gratis tersebut nantinya akan langsung diberikan ke nomor telepon seluler yang terdaftar dan untuk peserta didik akan mendapatkan kuota internet gratis sebesar Rp 35.000 atau 35 GB per bulan.

Baca juga : Paket Internet Tri 30GB Gratis khusus Siswa, Guru dan Dosen

Cara Mengaktifkan Paket Internet 35GB Gratis PJJ dari Kemendikbud cukup mudah, setiap wali kelas nantinya akan melakukan pendataan nomor ponsel siswa beserta Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN kemudian akan didaftarkan pada aplikasi Dapodik.

Selain itu kepala sekolah harus menandatangani pakta integritas yang menjelaskan bahwa semua data yang dimasukkan benar sebelum di upload ke Dapodik sebisa mungkin sebelum awal September.

Jika ada siswa yang masih belum memiliki smartphone atau nomor seluler maka nantinya dapat mengikuti pendaftaran paket internet gratis pada periode berikutnya.

Kerjasama Kemendikbud dan Operator Seluler untuk Internet Gratis PJJ

Dalam memberikan paket internet gratis 35GB untuk PJJ, kemendikbud berkerja sama denga sejumlah perusahaan telekomunikasi di Indonesia.

Pihak Kemendikbud juga menyatakan akan melakukan komplain pada operator jika ternyata di kemudian hari mendapatkan laporan kalau akses internetnya lemot atau lambat dan tidak sesuai.

Tunjangan paket internet gratis dari Kemendikbud ini menggunakan dana anggaran sebesar Rp 7,2 triliun, namun untuk tanggal kapan subsidi paket internet ini akan diberikan saat ini Arunapasman masih belum menemukan informasi yang valid.