Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Melaporkan SMS Spam ke BRTI

Begini Cara Melaporkan SMS Spam ke BRTI

Arunapasman.com - Kamu sering merasa terganggu dengan adanya sms spam yang masuk ? Begini Cara Melaporkan SMS Spam ke BRTI .

BRTI atau Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia belum lama ini mengungkapkan jika masih kesulitan untuk memblokir semua pengiriman SMS spam apabila sms berasal dari nomor perseorangan dan bukan dari nomor operator seluler.

Bedanya seperti ini, sms dari nomor operator seluler biasanya langsung berupa nama pusat pesan operator tersebut misalnya "Telkomsel INFO", "IM3 Penting" atau sebagainya yang langsung muncul nama tanpa kamu menyimpan nomor tersebut terlebih dahulu.

Tapi kalau pengirim sms spam berasal dari nomor perseorangan biasanya yang muncul hanya nomor tak dikenal sama misalnya ada sms hadiah dari nomor "+6234543498527" dan sebagainya, itulah sms spam dari perserorangan terlepas dia menggunakan operator apa. 

Baca juga : Sudah Registrasi NIK dan KK Kenapa Bisa Dapat SMS dari Nomor Tak Dikenal?

Rasanya menjadi hal yang wajar jika sebuah sistem kesulitan memblokir nomor sms spam dari orang tak brtanggung jawab karena setelah diblokir pasti ganti nomor lain dan pastinya nomor yang digunakan selalu acak.

Karena hal tersebutlah kini BRTI menyediakan layanan aduan yang bisa dimanfaatkan untuk melapor jika menerima SMS spam entah apapun isi smsnya mulai dari indikasi penipuan berupa hadiah, penawaran uang modal usaha bahkan penitipan dana, investasi, sampai sms yang aneh dan bersifat mengganggu. 

Layanan pengaduan SMS spam dari BRTI

Apabila kamu suka main twitter bisa kol lapor sms spam langsung ke akun Twitter @aduanBRTI beserta screenshoot sms yang kamu terima, kemudian BRTI akan mem-blok nomor SMS pengirim spam tersebut.

Layanan pengaduan SMS spam dari BRTI ini sebenarnya sudah ada dari tahun 2018 lalu yang sudah banyak menblok SMS spam, namun karena nomor-nomor HP yang digunakan untuk mengirim selalu acak pengguna layanan seluler harus turut serta untuk melaporkan sms-sms spam yang bermunculan.

Cara Melaporkan SMS Spam ke BRTI


Ada beberapa Cara yang bisa kamu lakukan untuk melaporkan Spam ke BRTI, tidak hanya sms spam tetapi kamu juga bisa melaporkan panggilan telepon yang tidak di inginkan seperti sering ditelpon orang tak dikenal yang menawarkan sesuatu sampai terasa mengganggu.

1. Kamu bisa mengirim rekaman percakapan untuk panggilan spam atau screenshot untuk sms spam serta nomor pengirim spam tersebut dan juga nomor telepon kamu yang telah teregistrasi dengan nomor KK dan nomor NIK yang valid ( Nomor KK dan NIK milikmu sendiri).

2. Kemudian bukti rekaman atau screenshot serta nomor pengiri tersebut bisa kamu laporkan ke akun Twitter BRTI @aduanBRTI atau kalau ingin lebih privasi bisa lewat Direct Message atau DM.

Begitu seterusnya, jika ada panggilang atau sms spam yang mengganggu lagi langsung saja direkam atau di screenshot dan laporkan, maka BRTI akan mem-blok nomor pengirim spam tersebut. Sangat mudah bukan ?