Sudah Registrasi NIK dan KK Kenapa Bisa Dapat SMS dari Nomor Tak Dikenal?

Sudah Registrasi NIK dan KK Kenapa Bisa Dapat SMS dari Nomor Tak Dikenal?

Arunapasman.com - Seperti yang sudah kita tau mulai dari tahun 2018 Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo mengharuskan agar pengguna kartu operator melakukan registrasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk registrasi nomor kartu seluler.

Ada pula salah satu tujuan registrasi dengan NIK dan KK ini tidak lain untuk melindungi pengguna kartu operator seluler dari SMS atau telepon teror, penipuan ataupun spam, tapi pertanyaannya kenapas masih ada yang dapat SMS dari nomor tek dikenal ?

Hal seperti ini juga banyak dikelukan oleh pelanggan kartu operator seluler yang masih mendapat sms dari nomor nomor tak dikenal walaupun sudah mendaftarkan nomornya dengan Nomor KK dan KTP.

Pada dasarnya banyak sekali penyebab kita masih bisa mendapatkan sms dari nomor yang tak dikenal salah satunya bisa karena kebocoran data kependudukan kemudian bisa juga karena penyalah gunaan nomor KK dan KTP, bahkan ada kemungkinan juga si pengirim SMS ini mengacak nomor.

Meskipun begitu dengan adanya aturan registrasi menggunakan KK dan KTP sudah terlihat mengurangi jumlah sms spam, mengingat sebelum tahun 2018 sms spam yang berbau penipuan sangat banyak sekali masuk setiap hari.

Kemungkinan kemungkinan seperti ini bisa saja terjadi karena data di dunia digital sangat riskan, karena itu pengguna kartu operator seluler harus berhati-hati ketika mengunggah data yang bersifat prifasi ke media sosial.

Bisa juga si pengirim sms ini menggunakan jasa SMS blast atau jasa yang mengirim SMS secara massal dalam sekali klik dengan software atau perangkat komputer.

Memang sifatnya merandom dan mengacak nomor atau untung untungan, walaupun begitu dengan urutan nomor pasti akan ada yang sukses terkirim per seribu nomor yang diacak, karena itu misalnya kita dapat sms dari nomor tak dikenal jangan pernah direspon.

Tentu pihak pemerintah atau pihak-pihak terkait sudah berusaha memaksimalkan sistem untuk menjaga data data kependudukan agar tidak terjadi kebocoran, tetapi bicara dunia digital pasti akan selalu ada celah yang muncul dalam suatu sistem.

Cara paling baik harus ada teknologi skala besar yang mampu untuk melakukan pemblokiran terhadap nomor pengirim spam dan teknologi ini harus berada diatas ranah operator seluler atau juga bisa diberikan kepada operator seluler berupa kebijakan pemblokiran nomor.

Jadi secara berkala nantinya operator seluler bisa menerapkan kebijakan pemblokiran nomor pengirim SMS spam ketika jenis sms seperti ini terdeteksi.

Bersanding dengan aturan registrasi nomor menggunakan KK dan KTP kebijakan untuk melakukan pemblokiran akan jauh lebih efektif daripada sistem registrasi berdiri sendiri.

Terakhir sebagai saran saja jika kamu membaca pembahasan ini dan masih mendapatkan sms dari nomor tak dikenal, tindakan paling baik yang bisa dilakukan adalah membiarkannya dan jangan merespon sama sekali, atau langsung hapus saja sms tersebut.