Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi Jaringan Internet 5G Ada di Indonesia Tahun 2025

Teknologi Jaringan Internet 5G Ada di Indonesia Tahun 2025

Arunapasman.com - Pastinya kita tidak sabar menanti kapan akan bisa menggunakan jaringan 5G di negara Indonesia bukan ?

Sebagai informasi, Indonesia diprediksi akan siap mengimplementasikan 5G pada tahun 2025 nanti berdasarkan pemaparan data dari GSMA yang berjudul The Mobile Economy Asia Pacific 2019.

Dari prakiraan yang ada nantinya Indonesia akan meluncurkan jaringan 5G ini bersama negara negara tetanggan seperti Brunei Darussalam, Kamboja, Myanmar, Pakistan, Bangladesh, Samoa dan Thailand

Julian Gorman sebagai Head of APAC GSMA mengungkapkan ada beberapa faktor yang membuatnya optimis jika prediksinya tersebut akan tepat sasaran.

Salah satunya yaitu harga smartphone 5G yang akan mulai menurun seiring waktu hingga terdapat gelombang permintaan besar dari pasar konsumen dan bisnis.

Kemudian persaingan menuju jarigan 5G global juga akan ada di seluruh kawasan Asia Pasifik hingga beberapa tahun mendatang.

Kemungkinan besar dunia investasi telekomunikasi sekarang terfokus pada jaringan 4G nantinya akan bergeser ke 5G kira kira hingga tahun 2025.

Tetapi jika ingin memasarkan jaringan 5G secara komersial di Indonesia tentunya masih ada banyak permasalahan yang harus diselesaikan oleh semua pihak terkait.

Baca Juga : Daftar Smartphone 5G yang Rilis Tahun 2020

Menurut keterangan Head of APAC GSMA saat ini negara indonesia akan tertinggal dalam hal kesiapan ekosistem 5G dibanding negara lainnya di kawasan Asia Pasifik. Hal ini sangar wajar melihat pasar kita yang mengikuti keinginan konsumen.

Alasan lainnya adalah adanya halangan dalam ketersediaan spektrum karena Indonesia saat ini hanya terfokus pada spektrum 3,5 GHz yang notabene digunakan untuk satelit, jadi karena itu mau tidak mau harus menunggu untuk ketersediaan spektrum tersebut.

Karena itu Indonesia harus fokus dan bisa memprioritaskan ekosistem jaringan sesuai dengan tempatnya, jadi ketika nanti spektrum dan teknologi 5G sudah tersedia maka bisa langsung di implementasikan seperti apa yang disampaikan Julian Gorman.

Beberapa waktu yang lalu Direktur Jenderal SDPPI Kominfo yaitu Ismail juga mengatakan adanya tren peningkatan 5G di Asia Tenggara.

Dan DBS memberikan laporan bahwa Indonesia justru mencatat adanya pertumbuhan tertinggi dalam pendapatan data di ASEAN tetapi sekali lagi Indonesia masih tertinggal dalam perkembangan teknologi 5G.

Jika nanti pada tahun 2025 dan ternyata teknologi 5G sudah bisa di implementasikan maka kemungkinan kecepatan internet meningkat sampai 4 kali lipat dari kecepatan dari jaringan 4G, karena itu saat ini pemerintah mulai mengebut pembangunan infrastruktur utama yaitu fiber optik.

Jadi untuk saat ini di tahun 2020, kita harus rela bersabar dan hanya menikmati perkembangan teknologi 5G dari berita berita situs yang membahas teknologi terlebih dahulu, semoga di tahun 2025 nanti spektrum dan teknologi 5G sudah tersedia sehinggka kita bisa merasakan akses internet yang wus-wus.