Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Smartphone 5G yang Rilis Tahun 2020

Daftar Smartphone 5G yang Rilis Tahun 2020

Arunapasman.com - Jaringan Koneksi 5G sudah semakin meluas di beberapa negara dewasa ini, walaupun masih ada beberapa negara lain masih belum memiliki infrastruktur yang memadai untuk menggunakan jaringan 5G, termasuk di Indonesia.

Ternyata belum tersedianyan jaringan 5G di sejumlah negara tidak mengurangi antusias terhadap jaringan 5G yang ramai dari awal tahun ini. Kabarnya ada beberapa vendor smartphone yang akan saling beradu mengeluarkan ponsel 5G baru mereka tahun ini.

Beberapa konsep yang tersebar di pasaran beberapa vendor tersebut sudah mulai merilis beberapa ponsel 5G sejak tahun lalu. Berikut daftar smartphone dengan jaringan koneksi 5G yang admin arunapasman rangkum akan rilis dalam waktu dekat.

Daftar Smartphone 5G yang Rilis Tahun Ini


1. iPhone 12

1. iPhone 12

Membandingkan Apple dengan pabrikan ponsel besar lainnya seperti Huawei atau Samsung, justru Apple terlihat sedikit lebih lambat dalam merilis ponsel 5G. Walaupun sebenarnya sudah cukup lama Apple menyebut akan merilis iPhone 5G.

Ternyata saat peluncuran iPhnoe 11 hanya kompatibel dengan jeringan 4G, jadi ada kemungkinan pabrikan Apple akan memasang 5G di lini iPhone 12 yang diperkirakan akan rilis akhir tahun 2020 ini.

Berdasarkan kabar yang beredar iPhone 12 series disebut sebut akan memilki empat model yaitu iPhone 12 dengan layar 5,4 inci, iPhone 12 Pro dengan layar 6,1 inci, iPhone 12 Max menggunakan layar 6,1 inci sedangkan pada iPhone 12 Pro Max dengan layar 6,7 inci.

Semua layar iPhone 12 series sudahdibekali panel OLED. Tetapi khusus untuk iPhone 12 "Pro" akan disematkan layar ProMotion display dengan refresh rate 120 Hz. Pada sisi dapur pacu iPhone 12 kabarnya akan diotaki chipset A14 Bionic.

Nah, khusus dibagian kamera iPhone 12 dan iPhone 12 Max akan dibekali dua kamera di bagian punggung, sedangkan tipe iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max akan tersematkan tiga kamera belakang.

iPhone 12 series dengan Varian Pro kemungkinan akan hadir dengan kapasitas RAM 6 GB dan varian iPhone 12 series lainnya dengan RAM 4 GB. Sedangkan untuk kebutuhan memori internal paling kecil kabarnya akan mulai dari 128 GB.

2. Samsung Galaxy Note 20 Series

2. Samsung Galaxy Note 20 Series

Seperti yang kita tau pabrikan Samsung sudah sudah dengan getol mengabarkan akan merilis ponsel 5G mereka sejak tahun lalu. Varian tipe Galaxy Note 20 akan menjadi smartphone flagship 5G Samsung terbaru yang dikabarkan akan dirilis 5 Agustus mendatang.

Kabar serupa menginformasikan bahwa akan ada tiga model Galaxy Note 20 yaitu varian Galaxy Note 20, varian Galaxy Note 20 Plus, dan juga ada Galaxy Note 20 Ultra. Hanya saja kabar yang beredar tentang ketiga varian tersebut masih rancu dan belum pasti.

Pada kebutuhan dapur pacu Galaxy Note 20 akan dibekali layar 6,4 inci dan pada varian Note 20 Plus memiliki bentang layar 6,9 inci. Kedua series Galaxy note 20 akan dibekali RAM 12 GB dan internal 128 GB, cukup sangat amat lega melihat kapasitas pendahulunya masih dibawah 12GB.

Untuk sisi kebutuhan kamera dari kedua varian tersebut akan mengusung kamera utama 108 MP untuk kamera belakang sedangkan untuk kebutuhan kamera depannya dihandle dengan resolusi 40 MP serta layarnya beresolusi 4K di 60 fps.

Varian ponsel Galaxy Note 20 series akan tenagai dengan chipset Snapdragon 865 untuk sebagian pasar, tinggal nanti kita lihat saja di pasar Indonesia menggunakan chipset jenis apa, semoga saja sama ke 865.

3. Samsung Galaxy Z Flip 5G

3. Samsung Galaxy Z Flip 5G

Masih di pabrikan Samsung dimana poin nomor 2 mengusung Galaxy Note 20, disini nantinya Samsung diperkirakan akan merilis ponsel lipat tipe Galaxy Z Flip 5G ditanggal yang sama juga.

Dari kabar yang beredar, versi Galaxy Z Flip edisi baru tidak akan jauh berbeda dengan generasi lama, jadi mungkin hanya upgrade kecil. Sementara untuk dapur pacunya ponsel lipat ini kabarnya akan ditenagai chipset Snapdragon 865.

4. Samsung Galaxy Fold 2

4. Samsung Galaxy Fold 2

Ternyata masih ada satu ponsel lipat 5G yang sudah disiapkan oleh Samsung yaitu tipe Galaxy Fold 2. Berdasarkan kabar yang banyak beredar layar dari Galaxy Fold 2 selebar 7,6 inci serta akan ditenagai chipset Snapdragon 865 dengan kapasitas RAM 12 GB dan kapasitas memori internal 256 GB.

Kemungkinan layar yang disematkan memiliki refresh rate 120 Hz tetapi juga bisa jadi akan ada pilihan di 60 Hz. Ponsel lipat Samsung Galaxy Fold 2 akan didayai dua baterai yang masing-masing berkapasitas 2.090 mAh dan 2.275 mAh. Mungki satu pembaruan fitur yang dikabarkan dan ditunggu adalah adanya S Pen.

5. Pixel 5 5G

5. Pixel 5 5G

List Smartphone 5G yang Rilis Tahun Ini berikutnya adalah Pixel 5 yang digadang gadang akan menjadi smartphone 5G pertama dari Google. Sekali lagi menurut kabar pasar yang ada smartphone Pixel 5 5G akan memiliki layar 5,8 inci dengan panel OLED.

Berbalut sentuhan bingkai layar tipis dan kamera selfie mungil yang ada di sisi kiri layar smartphone Pixel 5 5G juga dikabarkan akan mengggunakan chipset jenis Snapdragon 765 atau 768. Chipset Snapdragon 765 atau 768 sengaja dipilih dengan alasan agar tetap bisa menjual ponsel 5G berharga ramah pasaran.

Ada kemungkinan dalam hal kapasitas RAM Pixel 5 5G akan dibekali RAM 6 GB serta internal 128 GB serta berdasarkan kabar tekno yang beredar smartphone tipe Pixel 5 5G akan dirilis sekitar Oktober atau November 2020 mengusung versi sistem operasi Android 11.

6. OnePlus Nord 5G

6. OnePlus Nord 5G

Masih belum banyak kabar informasi tentang munculnya OnePlus Nord 5G, walaupun sudah dipastikan kalau chipset yang akan tertanam di Ponsel ini adalah jenis chipset yang sudah mendukung jaringan 5G.

Mungkin informasi lapangan pada bagian lain seperti kamera belum jelas adanya, kabar menggunakan kamera beresolusi 48 MP atau 64 MP juga tidak luput dari pemberitaan. Sayangnya untuk OnePlus Nord 5G kemungkinan besar akan dirilis pada pasar Eropa dan India, untuk Indonesia masih bersabar ya bosku.

7. Ponsel 5G dari LG

Pabrikan LG juga dikabarkan akan merilis beberapa versi smartphone 5G murah mendekati akhir tahun 2020 yaitu dengan dua tipe smartphone varian Q9 2020 5G dan tipe Q92 5G. Kedua varian ponsel 5G tersebut kabarnya akan rilis pertama kali di Korea Selatan.

Saat ini tidak banyak informasi yang bisa didapat dari peluncuran Q9 2020 5G dan tipe Q92 5G tapi dikabarkan kapasitas memori internal yang tersedia sebesar mulai dari 128 GB dan bukan 64GB.

8. Huawei Mate 40 5G

8. Huawei Mate 40 5G

Beralih ke pabrikan Huawei yang dikabarkan akan merilis tipe ponsel Huawei Mate 40 series pada kuartal IV tahun 2020. Sayangnya belum banyak kabar spesifikasi yang beredar dari seri Mate 40 ini. Tentunya sepertu judul varian Mate 40 series juga akan didukung jaringan 5G.

Kabar lain yang beredar tentang Huawei Mate 40 disebut sebut akan akan ditenagai chipset baru Kirin 1020 yang kabarnya menjadi chipset terkencang di pasaran.

Huawei Mate 40 5G dikabarkan juga akan terpasang empat buah kamera belakang yang salah satunya memiliki resolusi tinggi serta beberapa fitur lain seperti kamera ultra-wide, kamera tipe sensor ToF, dan tentu saja kamera jenis periskop.

9. Varian Series dari Motorola

Seperti brand lain yang meramaikan pasar 5G, kabar kabarnya Motorola juga akan merilis ponsel 5G murah untuk pasar di Amerika namun sayangnya belum banyak diketahui seri apa yang akan dirilis, apakah itu pembaruan dari versi sebelumnya ataupun ponsel besutan terbaru.

Arunapasman pernah membaca kemungkinan ponsel 5G murah yang dimaksud adalah tipe varian Moto G 5G sudah mendarat di pasaran Eropa. Harga jual varian ponsel tersebut kurang dari 500 dollar AS atau kalau dihitung hitung sekitar Rp 7,2 juta cukup murah juga sih.

Ponsel seri Moto G 5G nantinya akan mengusung layar 6,7 inci serta dapur pacunya yang ditenagai chipset Snapdragon 765. Moto G 5G terlihat memiliki empat kamera di belakang serta dua kamera selfie dibagian depan dan tidak lupa kapasitas baterainya sebesar 5.000 mAh.

Penutup Smartphone 5G yang Rilis Tahun 2020


Mungkin itulah beberapa varian Smartphone 5G yang bisa admin arunapasman rangkum dengan waktu perilisan Tahun 2020, mungkin akan muncul beberapa tipe varian lain mendekati akhir tahun nanti, jadi tinggal tunggu saja varian apa saja yang masuk ke ranah pasar Indonesia.